Senin, 19 September 2011

By Yoghi Martino Yulian & Nursasongko


Biodata Singkat
a. Nama lengkap :Dietya Anggrahini Sugiarti
b. Tempat/Tanggal lahir : Rodok, 17 Desember 1991
c. Tinggi/Berat badan : 168 cm / 50 kg
d.
Anak ke berapa dari berapa besaudara : 1 dari 3
e. Riwayat pendidikan :
-TK AISYAH BUSTANUL ATFAL,Klaten-Jawa Tengah 1997
- SDN 13 BUNTOK,kalimantan Tengah 1998-2003
- SMPN 1 BUNTOK,Kalimantan Tengah 2004-2006
- SMAN 1 BUNTOK,Kalimantan Tengah 2006-2009
- UNIVERSITAS PALANGKA RAYA.Kalimantan Tengah 2009-sekarang.
f. Prestasi :
-5 besar Duta Bawi Tambun Bungai 2010
-Juara Harapan II Pemilihan Putri Indonesia Regional Kalimantan 2010
-Putri Pariwisata Kota Palangka Raya 2011
-Putri Pariwisata Intelegensia Kota Palangka Raya 2011
-Runner Up 1 Putri Pariwisata Kalteng 2011


Ceritakanlah masa kecil dan keluarga Anda serta bagaimana peran keluarga Anda dalam mendukung kehidupan Anda hingga sekarang.
Tidak seperti anak-anak kebanyakan, masa kecil saya diisi dengan kemandirian serta didikan ala militer. Kasih sayang serta perhatian dari kedua orang tua saya memang melengkapi masa kecil saya, namun ketika saya berumur 8 tahun ibu saya melanjutkan studinya keluar kota selama 2 tahun dan baru bisa kembali ketika ada hari libur saja. Waktu itu saya sempat merasa kehilangan sosok seorang ibu dan hanya dididik oleh ayah saya, mulai dari mengaji di mesjid, ikut bimbel setiap hari, hingga diajarkan untuk bisa mengurus keperluan pribadi sendiri. Waktu itu saya dianggap lelaki oleh ayah. Hal itu juga yang membuat mental saya lebih kuat dibandingkan dengan anak-anak lainnya. Selain itu, dari dulu hingga sekarang kedua orangtua saya selalu memberikan kesempatan serta mendukung saya sepenuhnya dalam melakukan hal yang positif termasuk mengikuti ajang Putri Pariwisata Indonesia 2011 ini.

Hal-hal apakah yang suka Anda lakukan di waktu luang Anda?
Saya biasanya mengisi waktu luang dengan membaca buku, terutama novel. Ketika sedang jenuh membaca saya senang menanami halaman rumah saya dengan berbagai macam tumbuhan,dari bunga, tanaman buah, hingga obat-obat tradisional. Di lain kesempatan saya juga senang meluangkan ide-ide saya melalui tulisan berbentuk cerpen.


Ceritakanlah hal paling menarik apa yang pernah terjadi di dalam hidup Anda? Dan hikmah apa yang dapat Anda petik dari kejadian tersebut?

Hal paling menarik yang pernah saya alami yaitu ketika hampir tenggelam di belakang rumah datuk (orang tua nenek) saya. Waktu itu saya berumur 6 tahun dan keluarga ibu saya sedang melakukan upacara adat Wara/Tiwah ( ritual pengangkatan tulang orang yang sudah mati). Sebelumnya nenek dan ibu saya sudah memperingatkan agar saya jangan mandi di sungai sebelum upacara selesai namun semakin dilarang saya semakin penasaran untuk berenang disungai itu, akhirnya dengan kemampuan berenang saya yang minim saya menceburkan diri ke sungai sementara seluruh keluarga saya berkumpul di dalam rumah menyiapkan sesajen. Believe it or not tapi saya benar-benar merasakan bahwa ada yang memanggil saya untuk terus ketengah sungai, bahkan seperti ada yang membimbing tangan saya, namun tiba-tiba saya mendengar teriakan ibu saya dan langsung tersadar bahwa saya berada dibawah air dan tenggelam. Dengan sekuat tenaga saya berenang ketepi sungai dan alhamdulilah saya selamat. Dari kejadian tersebut hikmah yang dapan saya petik adalah saya tidak akan lagi pernah membantah ataupun melawan apa yang telah dikatakan oleh kedua orang tua saya.

Siapakah tokoh atau sosok yang menjadi inspirasi dalam hidup Anda?
Sosok yang menjadi inspirasi dalam hidup saya adalah ayah dan ibu saya. Sosok yang tidak dapat dipisahkan dalam hdup saya dan memiliki pengaruh yang sangat besar dalam menunjang kesuksesan saya.

Dibandingkan peserta lainnya apa yang membuat Anda layak untuk menjadi Putri Pariwisata Indonesia 2011?
Meskipun saya yakin peserta lain masing-masing memiliki potensi yang luar biasa,tapi saya juga yakin saya mampu seperti mereka. Saya mungkin memang tidak memiliki apa yang menjadi kelebihan mereka, tapi saya memiliki kelebihan saya sendiri dan bisa mengembangkan apa yang saya miliki. Selain itu saya juga mewarisi semangat dari leluhur saya sesuai dengan peribahasa tradisional kami ISEN MULANG MANETES RANTAI KAMARA AMBU (pantang mundur sebelum menang berperang).


Indonesia memiliki begitu banyak aneka ragam potensi wisata dari Sabang sampai Merauke. Mulai dari keindahan alam, budaya, adat istiadat, religi, kuliner, dsb. Jika Anda diminta mengembangkan pariwisata di Indonesia, potensi wisata apa yang akan anda pilih dan bagaimana langkah-langkah anda dalam mengembangkan potensi tersebut sebagai wisata unggulan yang bertaraf nasional maupun internasional?
Seluruh potensi wisata yang ada di Indonesia sebenarnya saling berkaitan dan telah menjadi satu kesatuan dengan lingkungan. Saya memilih mengembangkan potensi wisata yang bertanggung jawab yaitu "eco-tourism". Selain dapat mempertahankan kemurniannya kita juga dituntut untuk dapat menjaga dan melestarikan lingkungan serta cagar budaya yang ada di sekitarnya Langkah-langkah pengembangannya sendiri yaitu, saya akan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata mengupayakan agar wisata ini menjadi wisata yang berkelanjutan, menyusun dengan saksama dan teliti pola-pola perjalanan sehingga nantinya dapat mendatangkan wisatawan tanpa menambah pencemaran lingkungan, memberikan perhatian lebih pada infrastruktur di daerah tempat wisata agar akses menuju ke tempat wisata tersebut mudah, bekerja sama dengan agen-agen perjalanan yang siap kapanpun melayani para wisatawan dengan fasilitas-fasilitas memadai dan nyaman serta aman bagi para wisatawan,dan mempromosikan potensi wisata tersebut baik melalui media cetak,elek tronik, maupun dari mulut ke mulut.

Sektor Pariwisata tidak dapat berkembang tanpa adanya dukungan dari sektor lainnya. Menurut Anda sektor apa yang paling berperan penting untuk mendukung tumbuh kembangnya pariwisata di Indonesia dan mengapa?
Sektor yang paling berperan penting untuk mendukung tumbuh kembangnya pariwisata di Indonesia adalah lingkungn sekitar dan infrastruktur. Lingkungan yang ada di sekitar daerah pariwisata sangat berpengaruh terhadap perkembangan pariwisata karena jika penduduk daerah setempat dapat bersikap ramah serta memberikan rasa nyaman bagi para pengunjung maka mereka akan betah berlama-lama di sana dan juga akan kembali lagi lain waktu sehingga pariwisata Indonesia akan lebih terkenal lagi, dan juga kita patut berbangga bahwa orang Indonesia dijuluki orang yang ramah. Yang paling penting juga adalah masyarakat yang memiliki rasa tanggung jawab yang besar untuk menjaga lingkungannya. Di sisi lain infrastruktur yang memadai dapat membuat jalur transportasi menuju destinasi pariwisata yang ada di Indonesia semakin mudah dan membuat perjalanan menjadi menyenangkan serta setimpal dengan pengalaman dan biaya yang di keluarkan.


Menurut Anda apakah perkembangan pariwisata dapat menimbulkan dampak negatif? Jika iya sebutkanlah macam dampak negatif yang mungkin timbul dan jelaskan bagaimana cara mengatasi dampak negatif tersebut! Untuk penjelasan cara mengatasinya cukup pilih satu contoh dampak negatif saja.

Ya. Dampak negatif yang mungkin timbul efek dari perkembangan pariwisata yaitu tercemarnya lingkungan, perubahan lifestyle masyarakat lokal, kriminalitas, dan sebagainya. Cara untuk mengatasi masalah tercemarnya lingkungan akibat perkembangan pariwisata yaitu dengan memberikan isyarat tertulis maupun lisan kepada wisatawan agar tidak mengotori lingkungn dan meninggalkan sampah-sampah sembarangan dan menyediakan tempat sampah di beberapa bagian, menyediakan petugas kebersihan di setiap tempat wisata,dan jika mungkin kita bisa memberikan sosialisasi dan penyuluhan kepada warga masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Sebagai akhir dari wawancara ini kami memberikan kesempatan bagi Anda untuk mempromosikan secara singkat wisata unggulan di daerah yang Anda wakilkan dalam satu paragraf. Buatlah semenarik mungkin dan cantumkanlah alamat website pendukung jika ada.

Siapa yang tidak kenal dengan Kalimantan Tengah . . .Provinsi terluas ketiga di Kalimantan setelah Kaltim dan Kalbar. Dengan sumber daya alamnya yang luar biasa serta potensi pariwisatanya yang tidak kalah dari provinsi manapun di Indonesia serta sudah dikenal secara mendunia membuat orang-orang dari mana saja tertarik untuk mengunjungi Kalteng, bukan saja untuk mencicipi hasil sumber daya alamnya namun salah satunya juga karna ingin menikmati keindahan alam serta objek-objek wisata yang ada. Salah satu objek wisata yang menarik dan menjadi andalan kota Palangka Raya dan Kalimantan tengah yaitu Wisata Susur Sungai.
Wisata susur sungai adalah wisata alam yang cara menikmatinya dengan menggunakan kapal cantik khas Kalteng yang bernama Lasang Teras Garu sepanjang sungai Kahayan,sembari menyaksikan keindahan alam hutan Kalteng yang membawa ketenangan. Kita juga dapat menikmati makanan khas Kalteng yang tersedia di restoren kapal, selain itu kita dapat singgah sebentar di pulau Kaja,tempat pra-realis orangutan yang jika beruntung kita dapat ikut memberi makan para orangutan tersebut. Tidak hanya itu kita juga dapat melihat Sandung Ngabes Sukah dan Sandung Temanggung Lawak Surapati yaitu tempat di mana tulang-tulang para leluhur masyarakat Kalteng disimpan. Sesampainya di dermaga kita langsung dapat mengunjungi Tugu Pemancang Tiang Pertama yang di letakkan pertama kali oleh Presiden pertama RI Soekarno. Jadi tidak ada salahnya berlibur ke Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah. Selamat menikmati perjalanan anda!


Terima kasih kepada Dietya Anggrahini Sugiarti yang telah bersedia melakukan wawancara dengan Indonesian Pageants.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Putri Pariwisata Indonesia, kunjungi www.putripariwisataindonesia.com


0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer