Jumat, 23 September 2011

By Yoghi Martino Yulian & Nursasongko


Biodata Singkat
a. Nama Lengkap: Eva Septriani Sianipar
b. Tempat/Tanggal Lahir: Medan, 5 September 1988
c. Tinggi/Berat Badan: 172/55kg
d. Anak ke berapa dari berapa bersaudara: 3 dari 3 bersaudara
e. Riwayat pendidikan: Sarjana Ekonomi
f. Prestasi yang pernah diraih:
- Juara II Lomba Cipta Poster Gebyar Kreativitas Siswa Se-Kota Medan
- Finalis Kover Face 2010
- 15 besar Olimpiade Akuntansi Ikatan Akuntan Indonesia se-Provinsi Sumatera Utara
- Duta Wisata Kota Medan 2010
- Dara Intelegensia Kota Medan 2010
- 10 besar finalis Ratu Bunga Tomohon International Flower Festival (TiFF 2010)
- Putri Pariwisata Sumatera Utara 2011

Ceritakanlah hal paling menarik apa yang pernah terjadi di dalam hidup Anda? Dan hikmah apa yang dapat Anda petik dari kejadian tersebut? Setiap kejadian yang Tuhan izinkan terjadi dalam hidup saya semuanya menarik dan layak untuk disyukuri. Hal paling menarik dan membawa berkat dalam kehidupan saya ialah mengenal menjadi bagian dalam keluarga saya. Saya bersyukur memiliki keluarga yang harmonis, serta orang tua yang mengajarkan serta membekali saya dengan berbagai nilai-nilai hidup serta mewarisi nilai-nilai religius yang ditanamkan pada diri saya sejak kecil. Dan hal itu yang membesarkan saya sehingga saya bisa hidup dan bertahan sampai saat ini.

Ceritakan bagaimana proses Anda menjadi wakil propinsi di ajang Putri Pariwisata 2011?
Saya merupakan alumni duta wisata kota medan, tepatnya terpilih menjadi dara intelegensia kota Medan tahun 2010. Sebagai pemenang, saya dibekali oleh berbagai aktivitas di bidang kebudayaan dan pariwisata, terutama bertugas untuk mengeksplorasi dan mempromosikan kekayaan daerah yang potensial. Saya pernah dikirim ke Manado, Sulawesi Utara untuk mewakili kota medan di kontes ratu bunga Tomohon Flower Festival, dan terpilih sebagai 10 besar. Semenjak itu, berbagai tawaran datang menghampiri saya, khususnya didaulat sebagai wakil Sumatera Utara di ajang pemilihan Putri Pariwisata Indonesia ini. Karena dinilai cukup kompeten untuk bisa mewakili Sumatera Utara, saya lantas tidak menyia-nyiakan kesempatan yang dipercayakan kepada saya ini.


Apa potensi pariwisata di daerah Anda yang layak diangkat ke dunia international dan mengapa?
Saya bersyukur tinggal dan menjadi warga negara Indonesia yang dianugrahi oleh berbagai kekayaan sumber daya alam dan panoramanya. Begitu juga provinsi Sumatera Utara yang merupakan bagian dari Indonesia. Potensi pariwisata sumut sangat variatif. Semua dapat ditemui disini. Mulai dari wisata belanja, wisata alam, budaya, sejarah, wisata bahari, wisata kuliner, sampai pada wisata religi. Tetapi, potensi wisata yang sangat mempresentasikan kenunikan sumatera utara ialah wisata budaya. Mulai dari atraksi khas suku Batak yaitu tarian si Gale-gale di Tomok, Samosir, sampai atraksi lompat batu (hombo batu) di Nias yang sarat dengan nilai ritual dan keyakinan masyrakat lokal. Keunikan ini sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, dan saya rasa masyarakat internasional paling tidak sudah pernah mendengar ini. Oleh sebab itu saya rindu untuk terus mempromosikan hal ini agar menarik lagi minat wisatawan untuk berkunjung ke Sumatera Utara.


Indonesia memiliki begitu banyak aneka ragam potensi wisata dari Sabang sampai Merauke. Mulai dari keindahan alam, budaya, kuliner, dan sebagainya. Jika Anda diminta mengembangkan pariwisata di Indonesia, potensi wisata apa yang akan anda pilih? Mengapa dan bagaimana cara Anda mengembangkannya?
Saya akan memilih mengembangkan wisata alam dan budaya. Dua jenis wisata ini sangat menjual dan sangat mewakili Indonesia di mata dunia. Mengapa? Indonesia memiliki alam yang masih murni, belum terjamah tangan manusia. Sifat alami panorama alam indonesai yang begitu indah serta atmosfer iklim tropis inilah yang akan dicari-cari oleh wisatawan mancangera yang mana hal tersebut tdk bisa ditemui di negaranya. Selain itu, pertunuukan atraksi budaya dan adat istiadat yang masih kental di daerah akan menjadi daya tarik lain bagi tamu yang datang. Adat istiadat yang unik, sistem kepercayaan yang diyakini secara turun temurun serta kearifan lokal masyarakat setempat akan menyuguhkan suatu keunikan tersendiri yang tak ternilai harganya. Mengembangkan budaya dan pariwisata tidak dapat dilakukan oleh tangan 1 orang saja. Oleh sebab itu, saya dan akan mengajak masyarakat untuk tidak acuh serta terus ikut berperan serta dalam mendukung tumbuh kembangnya pariwisata di daerahnya sendiri, dengan mengajak serta menggerakkan minat masyarakat tentang program sadar wisata, menjunjung tinggi nilai-nilai budaya serta kearifan lokal, serta menjaga dan melestarikan situs-situs sejarah di daerah tempat tinggalnya.

Sektor Pariwisata tidak dapat berkembang tanpa adanya dukungan dari sektor lainnya. Menurut apa sektor apa yang paling berperan penting untuk mendukung tumbuh kembangnya pariwisata di Indonesia dan mengapa?
Sektor di keamanan dan pertahanan. Apabila di sektor ini saja masih belum bisa dibenahi, maka segala program pariwisata yang sudah direncanakan tidak dapat berjalan sebagai mana mestinya, serta dapat melumpuhkan sektor-sektor lainnya. Kondisi daerah yang carut marut keadaan sosialnya, sistem keamanan pertahanan yg belum terjamin bisa menjadi penghambat dalam pembangunan dan pengembangan pariwisata. Karena, hal pertama yang dilihat wisatawan sebelum memutuskan berkunjung ke suatu daerah/negara ialah sistem keamanan dan pertahanannya. Jangan sampai citra kita rusak di mata dunia akibat adanya travel warning.


Menurut Anda apa yang bisa dilakukan masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat setempat pada khususnya untuk turut berperan serta mendukung tumbuh kembangnya pariwisata di Indonesia?
Sekali lagi, pertumbuhan pariwisata tidak bisa berjalan dengan baik apabila dilakukan oleh satu pihak saja. Perlu dukungan penuh terutama dalam hal ini adalah masyarakat. Masyrakat hendaknya membantu program pemerintah dengan melakukan aksi sadar wisata yaitu dengan
menjaga dan meningkatkan unsur-unsur sapta pesona, dan tetap menjaga, mempertahankan, serta melestarikan kebudayaan dan kearifan lokal masyarakat dimana dia berada. Karna nilai dari kearifan masyarakat lokal inilah suatu hal yg tidak dapat digantikan oleh apapun dan
sangat bernilai harganya.

Menurut Anda apakah perkembangan pariwisata dapat menimbulkan dampak negatif? Jika iya sebutkanlah macam dampak negatif yang mungkin timbul dan jelaskan bagaimana cara mengatasi dampak negatif tersebut! Untuk penjelasan cara mengatasinya cukup pilih satu contoh dampak negatif saja.
Ya, perkembangan paeriwisata dapat saja menimbulkan dampak negatif. Hal yang ingin saya soroti disini adalah isu lingkungan. Pembangunan indsutri pariwisata yang besar-besaran akan berdampak negatif terhadap lingkungan di tempat tujuan wisata itu sendiri. Sebagai contoh, pembangunan kawasan perhotalan dan resort wisata yang mengorbankan lahan milik warga, penebangan hutan, serta reklamasi pantai akan serta-merta berdampak negatif pada kerusakan lahan dan lingkungan serta mengganggu eksosistem dan biota laut. Cara mengatasi dampak tersebut ialah dengan terus mensosialisakian gerakan ramah lingkungan serta menggalakkan program AMDAL dan Corporate Social Responsibility (CSR) bagi para penggerak industri pariwisata.


Dibandingkan peserta lainnya apa yang membuat Anda layak untuk menjadi Putri Pariwisata Indonesia 2011?
Saya tidak mengandalkan siapa-siapa dalam dunia ini, saya hanya mengandalkan Tuhan dalam setiap perkara yang saya lalui. Bukan kapasitas saya untuk membanggakan, mengangkat dan membandingkan diri saya sendiri dengan orang lain. Hal itu akan membuat saya sombong. Modal saya adalah mencoba, berusaha, dan berdoa. Apapun yang saya impikan dan kerjakan nantinya saya serahkan kepada Tuhan. Dialah yang akan nantinya akan membukakan jalanNya, termasuk dalam pemilihan ini. Satu hal yang saya yakini, Tuhan akan selalu menjanjikan kemenangan dalam hidup saya melalui rancangan indahNya.


Terima kasih kepada Eva Septriani Sianipar yang telah bersedia melakukan wawancara dengan Indonesian Pageants.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Putri Pariwisata Indonesia, kunjungi www.putripariwisataindonesia.com


0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer