Jumat, 23 September 2011

By Yoghi Martino Yulian & Nursasongko


Biodata Singkat
a. Nama Lengkap: Fiba Fitrisia
b. Tempat/Tanggal Lahir: Jakarta, 16 Mei 1988
c. Tinggi/Berat Badan: 165 cm /46 kg
d. Anak ke berapa dari berapa bersaudara: 3 dari 3
e. Riwayat Pendidikan:
1994-2000 SDN Percontohan Cipinang Melayu 03 Pagi, Jakarta Timur
2000-2003 SMP Negeri 109, Jakarta Timur
2003-2006 SMA Negeri 81, Jakarta Timur
2006-2010 S1 Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Jurusan Manajemen Komunikasi konsentrasi Marketing Communication.
f. Prestasi:
- IPK 3, 93
- Peringkat ke-2 Mahasiswa Berprestasi Jurusan Manajemen Komunikasi (2010).
- Finalis Mahasiswa Berprestasi Fakultas Ilmu Komunikasi (2010).
- Lulus IBSC TV PRESENTER angkatan 48 (2007).
- Terpilih sebagai model Ambassador SISTER MAGAZINE (2008).
- Juara Favorite Dance Competition SMAK 2 Penabur Jakarta Pusat (2009).
- Juara 2 Dance Competition TARAKANITA II Jakarta Barat 31 Oktober (2009).
- Pemenang Lomba Tulisan “Serunya Curhat di Facebook” dengan Telkomsel
Flash 30 Oktober (2009).
- Duta Lalu Lintas TMC Polda Metro Jaya Periode 2010-2011
- None Favorit Jakarta Timur 2010
- Wakil I None Jakarta Timur 2010
- Wakil II None DKI Jakarta 2010
- Puteri Duta Budaya Indonesia 2011

Ceritakanlah masa kecil dan keluarga Anda serta bagaimana peran keluarga Anda dalam mendukung kehidupan Anda hingga sekarang.

Fiba Fitrisia. Mungkin ini nama yang sedikit aneh terdengar, tidak banyak orang yang memiliki nama seperti ini. Ternyata dibalik nama yang langka ini, landasan orang tua untuk memberikan nama ini adalah memiliki arti yang sampai saat ini selalu memotivasi saya dalam menjalani hidup, karena artinya yang terkandung adalah Faedah Ibu Bapak yaitu singkatan dari FIBA dan FITRISIA, FITRI memiliki makna bahwa saya lahir di bulan Idul Fitri dan yang paling membuat saya bangga adalah tiga huruf belakang yang diberikan orang tua saya yaitu SIA karena mereka selalu mendidik saya untuk selalu bangga terhadap
tanah kelahiran saya, maka arti SIA untuk saya adalah Aku adalah anak Indonesia.
Masa kecil saya sangat menyenangkan, bersyukur saya terlahir dalam keluarga yang amat sangat harmonis. Saya termasuk anak yang sangat senang belajar, dan mencoba hal-hal baru. Di bangku SD, saya banyak berprestasi di bidang seni, misalnya menjadi salah satu anggota tim khasidah unggulan di sekolah, menekuni bidang pembuatan maket rumah adat semasa SD, sebagai pemimpin regu pramuka, paskibra, dan kesegaran jasmani. Itu semua saya jalani karena saya sangat senang memiliki banyak kegiatan dan banyak teman. Walaupun kegiatan non-akademik banyak yang saya lakukan, saya tidak pernah melupakan tanggung jawab besar saya sebagai murid sekolah yang berprestasi dalam bidang akademik. Ini tidak terlepas dari dukungan penuh ayah, ibu, dan kedua kakak saya.
Saya tidak pernah merasakan adanya larangan selama saya memilih dan menjalani kegiatan yang sudah saya tentukan, mereka begitu menghargai apapun keputusan saya dan mendukung segalanya.
Saya sangat senang bertukar pikiran kepada anggota keluarga saya, dan inilah yang membuat hubungan saya dengan ayah, ibu, dan kedua kakak sangat dekat.
Sampai saat ini saya menjalani pekerjaan saya sebagai jurnalis, keluarga saya lah yang terus memberikan dukungan pada saya agar kelak saya menjadi seseorang yang dapat memberikan manfaat bagi bangsanya, sesuai dengan harapan ayah dan ibu saya memberikan nama saya Fiba Fitrisia. Keluarga adalah motivasi terbesar saya.

Hal-hal apakah yang suka Anda lakukan di waktu luang Anda?
Saya merupakan orang yang senang berdiskusi dan melakukan berbagai kegiatan, kegiatan seni salah satunya, di saat luang biasanya saya berbincang-bincang dengan keluarga saya, saya senang berdiskusi dengan orang tua saya serta kedua kakak saya. Dan ini merupakan “acara” wajib bagi kita semua. Disamping itu, sebagai jurnalis membuat saya senang mencari hal-hal baru yang menurut saya dapat membuat inspirasi bagi banyak orang, dengan berpergian ke tempat-tempat baru dan mencoba hal baru, saya juga senang menulis dan membuat karya cerita pendek dengan kisah-kisah motivasi hidup atau pengalaman hidup saya atau orang-orang yang membuat saya terinspirasi. Dan yang terakhir, saya senang menari dan bermain organ.


Ceritakanlah hal paling menarik apa yang pernah terjadi di dalam hidup Anda? Dan hikmah apa yang dapat Anda petik dari kejadian tersebut?
Hal yang paling menarik yang pernah terjadi dalam hidup saya ialah saat saya memasuki bangku SMP, ayah saya diberi mandat untuk pindah kerja ke luar kota. Saat itu pula, dalam jangka waktu kurang lebih satu tahun ibu saya memutuskan untuk mengikuti ayah. Kami sekeluarga sudah memikirkan dan memutuskan untuk ayah dan ibu saya pindah, dan
saya bersama kedua kakak saya tetap tinggal di Jakarta. Kami bertiga hidup hanya dengan orang yang ditugaskan menjaga rumah.
Dari situlah saya merasakan perjalanan hidup yang benar-benar membuat saya menjadi sosok yang mandiri dan bertanggung jawab, karena saya merasa tidak ada kontrol dari siapapun kalau bukan dari diri saya sendiri yang membangun. Hidup di masa remaja tanpa pengawasan orang tua, sudah pasti itu hal yang paling ditakutkan oleh seluruh orang tua
di dunia ini, namun disinilah saya berpikir kekhawatiran orang tua saya harus dibalas dengan sikap saya yang selalu menjalani amanat orang tua. Sehingga, walaupun tidak ada yang menyuruh saya belajar, walapun tidak ada yang mengomeli saya jika saya pulang
lewat dari jam 9 malam, dan sebagainya, saya sendiri yang harus memutuskan untuk bertindak dan memilih pergaulan apa yang saya jalani, sehingga tanpa adanya pengawasan tersebut, saya belajar memilih, menentukan sikap, dan yang paling penting saya harus menjaga perasaan orang tua saya. Kebanggaan yang bertubi bagi saya ialah saya dan kedua kakak saya dapat membanggakan kedua orang tua, dan membuat kecemasan mereka
terbayar dengan kami menjaga amanah yang mereka berikan.
Momen lainnya yang paling berkesan dalam hidup saya adalah saat saya mendapat gelar cumlaude dan terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Saat saya menaiki podium, nama saya dibacakan dan saya diberikan rangkaian bunga oleh kampus untuk saya berikan kepada orang tua saya sebagai tanda terimakasih, ini merupakan moment berharga dalam hidup saya, saya benar-benar merasa kebahagiaan yang terpancara dari mata ayah dan ibu saya, air mata yang mereka teteskan seperti berlian yang begitu indah dan berkilau. Walaupun tanpa satu kata pun terucap dari bibir ayah dan ibu saya, walaupun hanya pelukan dan air mata, namun rasa
bangga mereka begitu dalam saya rasakan. Dan moment itu menjadi acuan hidup saya, untuk terus membuat mereka bangga dan bahagia.


Siapakah tokoh atau sosok yang menjadi inspirasi dalam hidup Anda?

IBU. Ibu yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk kehidupan saya. My mother is my root, my foundation. She planted the seed that I base my life on, and that is the belief that the ability to achieve starts in your mind.

Dibandingkan peserta lainnya apa yang membuat Anda layak untuk menjadi Putri Pariwisata Indonesia 2011?
Saya yakin seluruh wanita berkebangsaan Indonesia sesungguhnya sangat layak menjadi
seorang Putri Pariwisata Indonesia, Namun, dengan jiwa nasionalis yang sudah tertanam sejak saya diberikan nama oleh orang tua, membuat saya yakin untuk menjadi Putri Pariwisata Indonesia. Ditambah lagi sebagai lulusan sarjana Marketing Communication dari Fakltas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran dan juga seorang jurnalis televisi, pastinya membuat saya dapat lebih mudah memahami dan mengeksplorasi pariwisata Indonesia. Strategi marketing yang saya pelajari selama ini, sangat dapat diimplementasikan dalam mempromosikan dan mengenalkan pariwisata Indonesia kepada wisatawan. Sedangkan peran saya sebagai jurnalis dapat membantu memudahkan saya untuk menyampaikan berita dan informasi di bidang pariwisata kepada kahalayak massa di Indonesia.

Indonesia memiliki begitu banyak aneka ragam potensi wisata dari Sabang sampai Merauke. Mulai dari keindahan alam, budaya, adat istiadat, religi, kuliner, dsb. Jika Anda diminta mengembangkan pariwisata di Indonesia, potensi wisata apa yang akan Anda pilih dan bagaimana langkah-langkah anda dalam mengembangkan potensi tersebut sebagai wisata unggulan yang bertaraf nasional maupun internasional?
Potensi wisata keindahan alam kepulauan di Indonesia, kekayaan sumber daya alam laut wilayah kepulauan di Indonesia dengan kualitas keindahan dan keasliannya berpotensi menjadi tujuan wisata, seperti cruising, yachting, diving, surfing, dan fishing serta marine
eco-tourism. Wilayah kepulauan merupakan aset wisata bahari yang sangat besar yang
didukung oleh potensi geologis dan karaktersistik yang mempunyai hubungan sangat dekat dengan terumbu karang (Coral Reef), khususnyahard corals. Disamping itu, kondisi wilayah kepulauan yang tidak berpenghuni, secara logika akan memberikan kualitas keindahan dan
keaslian dari bio-diversity yang dimilikinya.
Berdasarkan rating yang dilakukan oleh lembaga kepariwisataan internasional, beberapa wilayah kepulauan di Indonesia dengan sumberdaya yang dimilikinya mempunyai rating tertinggi bila ditinjau dari segi daya tarik wisata bahari dibandingkan dengan
kawasan-kawasan lain di dunia. Beberapa kawasan wisata bahari yang sangat sukses di dunia antara lain adalah kawasan Great Barrier Reef, kawasan negara-negara di Karibia, seperti Bahama, Kawasan Pasifik seperti Hawai, serta Kawasan Meditterranean. Belajar dari pengalaman di kawasan tersebut, ternyata negara-negara tersebut merupakan “Negara
Pulau-Pulau Kecil (Small Islands State)”, kecuali di Great Barrier Reef dan Meditterranea.
Sebagian besar wilayah kepulauan di Indonesia memiliki potensi wisata bahari yang cukup potensial. Beberapa diantaranya telah dikembangkan sebagai daerah tujuan wisata bahari. Diantara wisata bahari tersebut, saya sangat tertarik pada Raja Ampat di Papua
Barat. Secara geografis, Raja Ampat memiliki perairan yang luas, mencapai 70 persen dari wilayahnya. Daratannya terdiri dari 610 pulau dengan pantai dan hamparan taman laut yang indah di kawasan selatan di kepala burung Pulau Papua. Selain kaya dengan potensi wisata bahari, kabupaten ini juga kaya dengan potensi kelautan dan perikanannya.
Wisata diving yang menjadi andalan Raja Ampat. Kini Raja Ampat menjadi satu dari empat objek wisata menyelam terbaik di dunia. Raja Ampat tampil di pentas pariwisata dunia, bukan hanya di pentas pariwisata Nusantara.
Begitu pula Kepulauan Wakatobi. Keindahan yang dimiliki pemandangan bawah laut Wakatobi telah menjadikan gugusan Kepulauan Tukang Besi menjadi daerah utama tujuan wisata berkelas di dunia. Dari berbagai informasi, taman bawah laut Wakatobi memiliki 75 spesies bawah laut, dari 850 total spesies bawah laut dunia. Kepulauan Wakatobi juga
memiliki karang atol terpanjang kedua di dunia setelah karang atol yang ada di benua Australia. Pesisir pantai yang panjang dan pasir putih yang indah serta laut yang biru menjadi daya tawar Wakatobidalam merebut simpati wisatawan dunia.
Modal pemandangan bawah laut yang indah yang dimiliki Kepulauan Wakatobi bahkan telah “menyihir” investor asing untuk membangun sebuah resort kelas dunia yang telah belasan tahun beroperasi di Wakatobi. Wakatobi telah memiliki modal besar untuk mengembangkan pariwisata bahari. Letaknya yang berada di segi tiga terumbu karang dunia telahmenjadikan Wakatobi sebagai tujuan wisata berkelas dunia. Selain itu,
keputusan Pemerintah Pusat yang menjadikan Wakatobi sebagai kawasan Taman Laut Nasional telah menjadikan Wakatobi sebagai daerah “seksi” di mata para penikmat keindahan bawah laut. Potensi besar yang dimiliki Kepulauan Wakatobi menjadi “tambang” bawah laut yang dapat dipasarkan oleh pemerintah dan masyarakat ke Wakatobi demi
kesejahteraan masyarakat.


Sektor Pariwisata tidak dapat berkembang tanpa adanya dukungan dari
sektor lainnya. Menurut Anda sektor apa yang paling berperan penting untuk mendukung tumbuh kembangnya pariwisata di Indonesia dan mengapa?
Sektor marketing dan promosi merupakan pendukung pariwisata yang begitu besar. Berupaya memberikan citra positif terhadap sektor pariwisata tersebut, dan dengan cara serta strategi promosi pariwisata Indonesia ke luar negeri harus pula total dengan memanfaatkan perkembangan informasi teknologi dan telekomunikasi.
Melakukan positioning pariwisata sangat penting karena pertama, pada komunitas
dengan pilihan yang beragam, tanpa suatu gambaran yang jelas, suatu produk tidak akan mampu memberi kesan yang membedakan suatu produk dengan produk yang lainnya, sehingga kecil kemungkinan bagi konsumen untuk memilih dan mengingat produk tersebut. Demikian juga halnya dengan pariwisata, jika kita tidak mampu memberi image khusus tentang apa pariwisata Indonesia, calon wisatawan tidak merasa adanya kekhususan objek wisata di sini.
Kemudian, pada masyarakat komunikasi, hanya sebagian kecil dari informasi yang mudah diingat, dan sebagian kecil tersebut umumnya mempunyai suatu elemen yang unik dengan karakteristik khusus yang membedakannya dengan yang lain. Informasi yang umum tentunya kurang menarik perhatian, sehingga dengan menerima informasi yang jelas,
langsung, dan sederhana, dan memiliki diferensiasi, maka keindahan dan kekayaan pariwisata di Indonesia dapat tersebar dan sampai ke seluruh penjuru dunia.


Menurut Anda apakah perkembangan pariwisata dapat menimbulkan dampak negatif? Jika iya sebutkanlah macam dampak negatif yang mungkin timbul dan jelaskan bagaimana cara mengatasi dampak negatif tersebut! Untuk penjelasan cara mengatasinya cukup pilih satu contoh dampak negatif saja.
Ya dapat, Suatu tempat wisata tentu memiliki dampak tersendiri terhadap lingkungan sekitarnya. Dampak terhadap lingkungan, ekonomi, dan juga sosial bisa merupakan dampak positif dan juga negatif. Hal ini dikatakan oleh Gee (1989) dalam bukunya yang berjudul “The Travel Industry”, mengatakan bahwa “as tourism grows and travelers increases, so does the potential for both positive and negative impacts”. Adanya dampak atau pengaruh yang positif maupun negatif karena adanya pengembangan pariwisata dan kunjungan wisatawan yang meningkat, dampak akibat adanya tempat wisata tentu mempengaruhi ke lingkungan sekitarnya.
Saya ambil salah satu dari dampak negatif pada lingkungan ialah; pollution of environment, waste disposal problems, damage to archeological and historic pride. Pengalaman saya sendiri terhadap dampak semakin berkembangnya suatu objek wisata di Kepulauan Seribu,
di Pulau Tidung misalnya. Semakin banyak wisatawan yang datang tetapi tidak menjalankan wisata yang ramah lingkungan, sehingga semakin banyak sampah di pulau Tidung, untuk itu cara mengatasinya ialah dengan menerapkan konsep ecotourism pada setiap wisatawan yang datang, dan pemerintah setempat harus tegas bertindak. Hal lainnya mungkin hal ini terdengar asing tapi tahukah saat jangkar perahu yang membawa
wisatawan untuk snorkeling dilempar ke laut, jangkar tersebut dapat merusak karang-karang di lautan? Atau wisatawan saat melakukan snorkeling tanpa panduan yang jelas tidak sengaja menginjak terumbu karang, yang seharusnya habitatnya sangat dijaga karena ekosistem biota laut sangat bergantung pada terumbu karang. Cara kegiatan lainnya adalah penanaman batu kubus. Batu kubus menjadi sarana pengganti pengait jangkar. Kegiatan ini merupakan gerakan peduli terumbu karang dan kekayaan bahari Indonesia.

Sebagai akhir dari wawancara ini kami memberikan kesempatan bagi Anda untuk mempromosikan secara singkat wisata unggulan di daerah yang Anda wakilkan dalam satu paragraf. Buatlah semenarik mungkin dan cantumkanlah alamat website pendukung jika ada. Ibukota Jakarta memiliki karakteristik tersendiri, sebagai pusat pemerintahan, sebagai pusat perdagangan dan jasa, dan sebagai destinasi wisata perkotaan (urban tourism). Dari sekian banyak produk yang ada, satu yang unik diantaranya potensi kawasan kota tua (Old Batavia) lengkap dengan pelabuhan Sunda Kelapanya. Kawasan ini bercerita banyak tentang keberadaan Kolonial Belanda pada saat menjajah Jakarta (Batavia). Bangunan-bangunan kuno dibiarkan, dijaga dan dipelihara sesuai aslinya, sehingga bagi siapa saja yang datang seakan larut dalam suasana Batavia tempo dulu. Kawasan pulau seribu
juga memiliki nilai tersendiri, terdapat pulau-pulau yang tak kalah indah dan sebagai destination of attraction. Situs-situs bersejarah begitu banyak. Jakarta – dulunya Batavia – dikenal sebagai Queen of the East bagi pelaut seluruh dunia. Kapal-kapal yang belayar dari Asia ke Eropa, Jepang ke Eropa harus melewati Batavia. Maka tidak mengherankan, di kawasan kepulauan seribu banyak ditemui bangunan tua yang mempunyai nilai tinggi. Dengan branding Enjoy Jakarta, wisata golf, marine tourism, kuliner, belanja dan hiburan menjadi andalan yang siap di pasarkan. Beragam program untuk menggaet wisatawan juga
rutin dilaksanakan. Diantaranya: Jakarta Fair, Enjoy Jakarta Golf, International Java Jazz Festival, dan Jak Jazz. Jakarta – semua ada semua bisa! Untuk info lebih lanjut bisa dilihat di link berikut ini


Terima kasih kepada Fiba Fitrisia yang telah bersedia melakukan wawancara dengan Indonesian Pageants.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Putri Pariwisata Indonesia, kunjungi www.putripariwisataindonesia.com
0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer