Minggu, 25 September 2011

By Ferriyanto Lim & Nursasongko



Biodata singkat
a. Nama lengkap : Audry Gabrielle Marsha Tentua
b. Tinggi badan : 166 cm
c. Berat badan : 45 kg
d. Hobby : menari, modeling, menyanyi
e. Tempat / Tanggal lahir : Jakarta, 16 Mei 1989
f. Prestasi :
- JUARA I PSUMB (Puteri Santa Ursula Marching Brass) , Dalam Grand Prix Marching Band XIV se- Indonesia, Jakarta Istora Senayan pada tahun 2009 (tergabung sebagai captain colour Guard)
-PERINGKAT III NEM tertinggi UAN tingkat SMA Jakarta dan diterima di UNIKA Atma Jaya dengan jalur bebas tes.
- Finalis Be a Star tahun 2005
- IP Semester terakhir 3,81 (Max 4.00) di Fakultas Hukum UNIKA Atma Jaya



Ceritakan tentang siapa diri Anda dan kegiatan sehari-hari Anda, termasuk pendidikan terakhir Anda.

Nama saya Audry Gabrielle Marsha Tentua. Saya anak pertama dari 2 bersaudara, adikku perempuan. Pendidikan terakhir di sekolah SMA Santa Ursula Jakarta lulus tahun 2009. Sekarang saya kuliah di UNIKA Atma Jaya Jakarta semester 5. Kegiatan sehari-hari adalah mahasiswi aktif yang banyak mengikuti kegiatan kampus. Saya adalah kepala departemen keuangan SEMA fakultas Hukum UNIKA Atmajaya periode 2011-2012. Saya juga selalu tergabung dalam kepanitiaan di kampus,misal panitia study wisata FH 2011 dan panitia Olimpiade Hukum. Terkadang saya menjadi model di suatu event dan majalah. Dan saya juga mengikuti kursus English Private sekarang ini. Saya juga ikut serta mensosialisasikan kegiatan sosial di Maluku misal pendidikan untuk anak Maluku dan event besar yaitu Ambon Jazz Plus Festival (AJPF).

Apa pendapat teman-teman dekat tentang diri Anda?
Pendapat teman-teman saya, saya adalah orang yang tidak mudah putus asa, teliti, dan selalu bersemangat. Mereka juga mengatakan saya cerewet,bila belajar bersama pasti saya yang disuruh untuk menjelaskan kepada mereka. Saya senang membantu orang lain dan membuat lelucon lucu apabila ada teman yang sedih.


Pernahkah terpikirkan untuk mengikuti Puteri Indonesia ketika masih kecil?
Sejak kecil memang saya sudah menyukai modeling dan fashion. Tetapi baru terbersit untuk mengikuti Puteri Indonesia sejak lulus SMA, karena memang umur saya baru mencukupi.

Bagaimana reaksi teman-teman dan keluarga ketika tahu Anda terpilih sebagai finalis Puteri Indonesia, dan bagaimana perasaan Anda sendiri?
Jujur saja, saya tidak menyangka akan terpilih menjadi Finalis Puteri Indonesia wakil Maluku, karena saya tahu kandidat yang lain juga berprestasi dan memiliki kesempatan yang besar pula untuk terpilih sebagai finalis. Mereka juga memiliki kelebihan dan talenta yang sangat baik. Saya hanya berusaha yang terbaik dan berdoa agar Tuhan memberikan yang terbaik bila ini memang jalan yang diberikan untuk saya.Orang tua,keluarga dan teman-teman sangat senang dan antusias sekali ketika tahu saya terpilih sebagai finalis. Mereka sangat mendukung, terlebih keluarga saya yang berada di MALUKU mereka memberikan support yang amat sangat besar.


Ceritakan sedikit tentang provinsi Anda yang ingin Anda kenalkan ke publik.
Maluku adalah provinsi yang kaya akan hasil bumi, kaya akan budaya, pariwisata, dan sejarah. Banyak sekali sektor yang dapat dikembangkan di Maluku, khususnya bahari mengingat Maluku adalah provinsi kepulauan terlebih dengan adanya Laut Banda sebagai salah satu laut terdalam di dunia. Maluku kaya akan rempah-rempah seperti pala dan cengkeh. Selain itu ada hasil bumi lain seperti kelapa, mutiara yang sangat terkenal dan sagu, makanan pokok masyarakat Maluku yang diolah menjadi papeda atau makanan lain. Ada satu buah khas dari Maluku, yaitu Gandaria (Borrea macrophylla Griff).Di Maluku terkenal suatu sistem kekerabatan yang tidak ada di belahan dunia manapun dan sangat terkenal, yaitu PELA GANDONG. Pela adalah suatu sistem hubungan sosial yang dikenal dalam masyarakat Maluku berupa suatu perjanjian hubungan antara satu Negri (kampung) dengan kampung lainnya yang biasanya berada di pulau lain dan kadang juga menganut agama lain di Maluku, biasanya satu Negri memiliki satu atau dua Pela. Sistem perjanjian ini diperkirakan telah dikenal sebelum kedatangan bangsa Eropa ke Maluku, dan digunakan untuk memperkuat pertahanan terhadap bangsa Eropa pada waktu itu. Pela Gandong atau Bongso didasarkan pada ikatan darah atau keturunan untuk menjaga hubungan antara kerabat keluarga yang berada di Negri atau pulau yang berbeda. Perjanjian ini kemudian diangkat dalam sumpah yang tidak boleh dilanggar. Dari sinilah persatuan dan persaudaraan masyarakat Maluku berasal sampai sekarang.


Menjelang Puteri Indonesia 2011, apa saja persiapan yang Anda lakukan?
Persiapan hati adalah yang terutama,karena dengan hati yang bersih maka niscaya semua akan berjalan dengan baik. Lalu persiapan fisik,dengan selalu menjaga kesehatan tubuh dan kulit. Lalu juga persiapan yang tidak kalah penting, yaitu selalu update dengan berita terkini,membaca koran dan googling. Selain itu juga memperdalam pengetahuan umum terutama mengenai provinsi Maluku dan kekayaan yang ada didalamnya. Selain itu saya juga sedang rutin mengikuti kursus private English. Karena saya juga pernah belajar French 2 tahun saat SMA, saat ini saya sedang belajar kembali.

Apa makna cantik bagi Anda?
Semua wanita adalah cantik,dan Tuhan menciptakan wanita dengan keunikan dan kecantikannya masing”. Tetapi menurut saya,kecantikan berasal dari hati. Bila hati kita diisi dengan hal” yang baik, dengan tujuan dan maksud yang baik maka kecantikan tersebut akan terpancar melalui wajah kita. Hati yang jujur dan ikhlas akan mempengaruhi juga perilaku kita sehingga kecantikan itu pun semakin terlihat.


Siapakah Beauty Queen favorit Anda dan apakah alasannya?
Saya lebih memilih Lady Diana Spencer. Dengan dikaruniai kecantikan yang begitu mendekati sempurna namun tetap sederhana, Lady Diana merintis kegiatan amal, terlibat dalam isu-isu AIDS dan kampanye internasional menentang ranjau darat. Peduli terhadap anak terlantar dan nasib rakyat miskin. Kecantikan disertai dengan pribadi peduli sosial yang tinggi begitu luar biasa. Lady Diana juga sempat menjadi fashion icon dunia.

Apakah kutipan atau kata-kata bijak favorit Anda?
Ora et Labora dalm bahasa Latin, yang artinya adalah: "Berdoalah dan bekerja."



Terima kasih kepada Audry Gabrielle Marsha Tentua yang telah bersedia melakukan wawancara dengan Indonesian Pageants.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Puteri Indonesia, kunjungi
www.puteri-indonesia.com
0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer