Selasa, 04 Oktober 2011

By Ferriyanto Lim & Nursasongko



Biodata Singkat
a. Nama lengkap : Miranda Surya Wardhany
b. Nama panggilan : Nanda / Mira
c. Tinggi badan : 170 cm
d. Berat badan : 52 kg

e. Tempat / Tanggal lahir : Pontianak, 4 Januari 1993
f. Pendidikan : Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Semester 3, Universitas Indonesia
g. Hobby : modeling, basket, nonton, social network-ing
h. Prestasi :
- Juara I Pemilihan Bujang Dare Kota Pontianak th. 2007 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Infokom Kota Pontianak
- Finalis Model Search 2008 di Pontianak
- Finalis Puteri Yamaha Mio 2008 di Pontianak
- Finalis COVERGIRL 2008 Majalah Aneka Yess di Jakarta
- Juara I Model Audisi Star TV 2008 di Pontianak
- Juara II Model Video Clip BlueBerry Band Pontianak (Studio Modjo)
- Puteri Indonesia Kalimantan Barat 2011


Ceritakan tentang siapa diri Anda dan kegiatan sehari-hari Anda, termasuk pendidikan terakhir Anda.
Saya adalah seseorang yang terorganisir dan dapat memanage waktu. Jadi kegiatan apapun sudah saya atur sejak jauh-jauh hari. Saya juga agak perfeksionis terhadap apapun yang saya lakukan. Saya suka mencari teman baru. Maka tidak heran kalau saya suka mengikuti kegiatan-kegiatan yang menambah banyak teman. misalnya di kampus saya mengikuti organisasi BEM UI dan banyak kepanitiaan lainnya. Saya juga orangnya alhamdulillah "suka melihat kebawah". apalagi sejak saya di FKM, mata saya jadi terbuka tentang realita sosial di Indonesia sendiri Selain itu, sebagai mahasiswi FKM, saya juga sangat peduli dengan kesehatan

Apa pendapat teman-teman dekat tentang diri Anda?
Menurut teman-teman, saya ini supel, ramah dan rajin. Mereka juga menilai saya ini perfeksionis. dan terorganisir.. Semua itu memang karena saya suka merencanakan segala sesuatunya sejak jauh-jauh hari, bahkan di binder dan HP jadwal untuk sebulan.ke depan dari jauh-jauh hari biasanya sudah saya tandai. Lucunya, kalau saat ada pekerjaan bersama dan teman-teman yang lain kerjanya kurang serius, saya suka ngomel-ngomel sama mereka ha ha ha. Mungkin bawaan perfeksionisnya kali ya, jadi maunya hasil kerja selalu maksimal.


Pernahkah terpikirkan untuk mengikuti Puteri Indonesia ketika masih kecil?
Wah, saya dari kecil memang sudah "tercebur" di dunia modeling. Sejak kelas 5 SD
memang saya sudah suka ikut lomba modeling, dan sejak menjadi model, saya memang sudah pnya mimpi untuk mengikuti Puteri Indonesia atau ajang sejenisnya. Ajang Puteri Indonesia ini memang ada di daftar mimpi atau list of dreams saya dan menurut saya, ajang seperti ini merupakan life achievement yang luar biasa buat saya yang dari kecil sudah aktif di modeling.

Bagaimana reaksi teman-teman dan keluarga ketika tahu Anda terpilih sebagai finalis Puteri Indonesia, dan bagaimana perasaan Anda sendiri?
Alhamdulillah semua senang dan bangga ha ha ha. Selesai proses audisi di Jakarta saya langsung menghampiri Mama dan memeluknya. Dan kita berdua sama-sama terharu. Juga waktu mengabari Papa via telpon di Pontinanak, dari suaranya terdengar Papa itu luar biasa bangganya
Lucunya teman-teman kan tidak ada yang saya kabarin kalau saya ke Jakarta itu mau audisi Puteri Indonesia. Nah pas mereka tahu saya lolos, mereka langsung menjerit-jerit dan memeluk saya karena saking senangnya ha ha ha. Selain itu ucapan selamat dan doa juga dating terus-menerus dari keluarga besar saya.
Saya sendiri selama mengikuti proses audisi itu percaya kalau memang itu rezeki saya pasti tidak akan kemana. Jadi selain berusaha ya saya tetep memasrahkan juga pada Tuhan.


Ceritakan sedikit tentang provinsi Anda yang ingin Anda kenalkan ke publik.
Nah jadi selama saya di karantina itu, saya sudah menyiapkan baju-baju yang mengandung etnik di Kalimantan Barat. Di Kalbar itu kan ada 3 etnik besar, Dayak, Cina, dan Melayu, jadi setiap baju saya itu bakal ada sentuhan etniknya. Ada yang terbuat dari bahan kulit kapuak yang merupakan khasnya Dayak. Ada juga batik sintang, songket sambas, corak insang, dan batik cindayu. Nah batik cindayu ini adalah kolaborasi batik dari etnis Cina, Dayak, dan Melayu. Pokoknya Kalbar banget deh! Nah kalo dari segi pariwisata saya juga ingin mengangkat kota Singkawang yang terkenal sebagai Hongkong-nya Indonesia. Kebetulan juga tanggal 21-23 September nanti kan di Pontianak itu ada fenomena titik kulminasi Equinox. Nah nanti saya juga ingin bercerita sedikit tentang fenomena astronomi yang ada di kota Khatulistiwa ini.


Menjelang Puteri Indonesia 2011, apa saja persiapan yang Anda lakukan?
Kalau saya pribadi tetap yang paling dipersiapkan itu mental dan fisik. Selain itu saya juga mulai mengintensifkan diri untuk berlatih catwalk dan tarian Dayak yang akan saya tampilkan di unjuk bakat nanti. Selain itu saya jugamempersiapkan perlengkapan-perlengkapan lainnya selama karantina seperti dress, high heels, dan lain-lain. Saya juga secara khusus melakukan pemotretan dengan busana etnik khas Kalbar untuk portfolio saya nantinya.

Apa makna cantik bagi Anda?
Menurut saya cantik itu ketika kita bisa bersyukur atas diri kita sendiri dan pandai menempatkan diri. Karena menurut saya meski cantik tapi attitude-nya tidak bagus bisa hilang juga cantiknya. Kemudian juga meski cantik tapi tidak bersyukur ya jadi hilang juga cantiknya. Saat seorang wanita merasa nyaman dan bersyukur dengan dirinya sendiri, saat itulah cantiknya akan muncul.


Siapakah Beauty Queen favorit Anda dan apakah alasannya?
Artika Sari Devi, Puteri Indonesia 2004. Wajahnya Indonesia asli, pembawaannya bagus, tenang, ayu, smart, wah pokoknya luar biasa deh. Tidak heran deh kalau dia bisa menembus 15 Besar Miss Universe

Apakah kutipan atau kata-kata bijak favorit Anda?
Quote fave saya itu "with ordinary talent and extraordinary perseverance, all things are attainable".


Terima kasih kepada Miranda Surya yang telah bersedia melakukan wawancara dengan Indonesian Pageants.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Puteri Indonesia, kunjungi
0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer