Kamis, 31 Januari 2013

Wawancara IP dengan Ryan Putri Astrini, wakil Jawa Barat di ajang Puteri Indonesia 2012/2013. Enjoy the interview after the jump! 


Biodata

Nama : Ryan Putri Astrini (Puti)
Tempat / Tanggal Lahir : Cianjur  / 7 Januari 1990
Tinggi : 171 cm
Prestasi:

- Mojang Harapan 2 Jawa Barat 2011
- Juara 1 Mojang Kabupaten Cianjur 2011
- The Most Favorite Duta Speedy Jabar-Banten 2009
- Grand Finalist of Indonesian PR Competitions UNS Surakarta 2010
- Puteri Indonesia Jawa Barat 2012


1 Ceritakan tentang siapa diri Anda termasuk pendidikan dan kegiatan terakhir Anda sehari-hari.
Saya terlahir dari keluarga yang sangat demokratis dan supportive sebagai anak sulung dari 3 bersaudara, orang tua kami selalu mendukung apa yang anak-anaknya cita-citakan selama itu positif dan kami bertanggung jawab dalam menjalankannya. Saat ini saya baru saja menyelesaikan kuliah S1 saya di Jurusan Public Relations Fikom Unpad. Kegiatan lainya, saya menjalankan usaha pembuatan baju rajutan yang sudah saya rintis semenjak SMA dan alhamdulillah hingga saat ini masih berjalan dan berkembang. Saya juga masih aktif melakukan kegiatan-kegiatan sosial bersama Mojang Jajaka Jawa Barat, diantaranya yang saat ini menjadi concern saya adalah kegiatan pembinaan korban trafficking dan kekerasan dalam rumah tangga yang dipimpin langsung oleh Istri Gubernur Jawa Barat, banyak pengalaman berharga yang saya dapatkan dalam menjalankan kegiatan ini para wanita tegar korban kekerasan yang pernah saya temui menginspirasi saya bahwa sedalam apapun kita terjatuh, Tuhan pasti masih memberikan kita kekuatan untuk bangkit dan berlari asalkan kita mau berusaha.

2 Dapatkah Anda menceritakan sesuatu yang begitu menarik atau unik tentang Anda?
Dari kecil saya terbiasa menulis diary, dari mulai cerita sehari-hari yang lucu dan konyol hingga menuliskan setiap rencana dan cita-cita yang ingin saya capai baik yang sederhana hingga menurut saya luar biasa. Ketika saya bertumbuh satu persatu cita-cita yang dulu saya tulis menjadi kenyataan dan lainya mulai memperlihatkan jalannya, hal yang dapat dipetik adalah ketika kita yakin akan suatu hal entah bagaimana caranya langkah, pikiran, serta perbuatan kita akan mengarah pada tujuan yang ingin kita capai bahkan saat kita tidak menyadarinya. Dari berbagai macam kegiatan yang saya jalankan, saya sangat enjoy menikmati waktu sendiri saya hanya dengan buku, musik dan udara sejuk. Ketika senggang saya sering menyetir sendiri ke daerah Bandung Utara atau ke daerah Puncak Cianjur hanya untuk duduk-duduk di perkebunanan atau daerah kebun teh sambil membaca buku favorit saya.

3. Mengapa Anda ingin mengikuti Puteri Indonesia? Apa tujuan Anda?
Ada banyak alasan saya ingin mengikuti Pemilihan Puteri Indonesia, diantaranya karena ajang ini merupakan salah satu ajang beauty pageant paling prestisius di Indonesia dan sebagai manusia saya ingin terus tumbuh dan berkembang menantang diri saya untuk dapat berprestasi di tingkat yang lebih tinggi dan menjadi lebih bermanfaat lagi bagi orang lain dalam jangkauan yang lebih luas. Dengan mengikuti ajang ini juga kelak saya yakin akan banyak pengalaman dan koneksi-koneksi baru yang akan saya dapatkan yang mudah-mudahan akan berguna bagi diri saya dan juga orang-orang disekeliling saya yang selama ini banyak membantu.


4. Sebutkan diri Anda dalam 5 kata.
Adaptable, attractive, friendly, passionate, dream catcher.

5 Siapa Alumni Puteri Indonesia favorit Anda? Kenapa memilih dia?
saya mengidolakan Mbak Artika Sari Devi sebagai sosok wanita Indonesia yang mampu menjadi role model untuk generasi muda, sosoknya mewakili profil perempuan yang cerdas, cantik, berkarakter baik, dan mampu menginspirasi orang banyak.

6 Pengalaman positif apa yang pernah Anda alami dan bisa dibagi kepada kita untuk menjadi inspirasi?
Orang tua saya selalu mengajarkan kami untuk mau berusaha dulu sebelum mendapatkan sesuatu, ketika masih SD dulu saya sangat ingin mempunyai kamus elektronik tapi ayah saya tidak begitu saja memberikan apa yang saya inginkan, kecuali saya mau berusaha sendiri saat itu saya diberi modal untuk berjualan makanan yang saya buat sendiri dan dimasukan ke warung-warung dekat rumah, walaupun awalnya malu dan gengsi tetapi saya lakukan karena saya sangat ingin kamus itu, setelah berlangsung beberapa lama dan ayah melihat usaha saya ,baru akhirnya beliau menambahkan uang hasil jualan saya dan memberikan kamus yang saya inginkan. Dari situ saya belajar untuk bisa berkomunikasi, mengasah mental, dan menghargai setiap proses usaha.

7 Apakah kutipan atau kata-kata bijak favorit Anda?
"If you really want to do something, you’ll find a way. If you don’t then you’ll find an excuse.


8 Sebutkan 3 tempat wisata yang paling Anda rekomendasikan dari provinsi Anda, jelaskan apa keunikannya.
pertama objek wisata sejarah gunung padang di Kabupaten Cianjur yang merupakan situs megalitik terbesar di Asia Tenggara, lalu tempat wisata alam atau ecotourism kawah putih di daerah Ciwidey Kabupaten Bandung, kawah putih merupakan kawah hasil letusan gunung Patuha yang terlihat sangat indah karena warna tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih dan dilengkapi warna air yang berada dikawah ini berwarna putih kehijauan. Terakhir wisata seni budaya yaitu pertunjukan angklung di Saung angklung Udjo di kota Bandung, disana kita bisa melihat pertunjukan angklung yang dimainkan oleh para murid saung udjo, kita juga bisa ikut bermain dalam sesi angklung interaktif dan berbelanja souvenir khas jawa barat di galeri nya.

9 Apa oleh-oleh dan souvenir yang Anda sarankan jika ada orang berkunjung ke propinsi Anda? 
Souvenir : miniatur angklung dari Bandung, kerajinan bordir dari Tasikmalaya, dan batik mega mendung dari Cirebon
Kuliner : chocodot atau cokelat dodol dari Garut, mochi dari Sukabumi, dan roti molen isi pisang keju khas Bandung.

10 In your opinion, what makes a woman, a woman?
When she can fight for her right and dreams, when she can carries her self as a lady and the thing that mostly sets women as a real women seems to be the maternal instinct, to take care of not only a child, but the people around her.


11 Jika Anda terpilih sebagai Puteri Indonesia dan akan mewakili Indonesia ke Miss Universe, apa yang ingin Anda ubah dan kembangkan dari diri Anda?
Tidak hanya jika saya mendapat kesempatan ke Miss Universe tetapi setiap haripun saya berusaha untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik lagi. Baik dari segi mental, pengetahuan, kemampuan serta penampilan. cause i believe that life is like riding a bicycle, to keep balance we must keep moving. Well off course to the right direction.

12 Apa hal yang membuat Anda senang, ceria, bahagia, penuh motivasi, walau dalam suasana penat rutinitas sekalipun?
Senyuman bangga dan tatapan bahagia dari kedua orang tua saya ketika saya berbuat baik, hal itu yang membuat saya lebih kuat dan terpacu ingin melihatnya lagi dan lagi.

13 Anda pilih ambisi atau motivasi? Berikan alasannya.
Pada dasarnya motivasi dan ambisi itu saling berkaitan satu sama lain, saya memilih ambisi tetapi bukan menjadi ambisius, karena ketika kita dapat mengendalikan ambisi kita, hal itu dapat menjadi sumber kekuatan positif yang memotivasi kita untuk meraih sukses.



Terima Kasih kepada Puti atas kesempatan dan kesediaan wawancaranya dengan Indonesian Pageants

Gabung di Facebook IP di facebook.com/indonesianpageants
dan follow Twitter IP di @indopageants

0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer