Minggu, 27 Januari 2013

Wawancara IP dengan Florentia Anindita, wakil DI Yogyakarta di ajang Puteri Indonesia 2012/2013. Enjoy the interview after the jump!


Biodata

Nama : Florentia Anindita Apsari Isthika (Anin)
Tempat / Tanggal Lahir : Jambi  / 25 Februari 1990
Tinggi : 169 cm
Prestasi:
- Best Employee, CAPS! Company Integrated Business Experience (IBE) SBM ITB 2012
- Juara 1 Lomba Jingle FPS ITB XXIII 2012
- Puteri Indonesia DI Yogyakarta 2012



1 Ceritakan tentang siapa diri Anda termasuk pendidikan dan kegiatan terakhir Anda sehari-hari.
Saya seorang mahasiswa tingkat akhir di Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung dengan konsentrasi pilihan Marketing. Selain mengikuti kegiatan perkuliahan, saya juga aktif di berbagai kegiatan kampus termasuk di dalamnya orkestra, yaituITB Student Orchestra dimana saya menjadi arranger, dan teater, yaitu Teater EPIK dimana saya juga menjadi salah satu music composer sekaligus arranger. Sejak kecil saya hidup nomaden, mengikuti orangtua dinas. Jakarta, Medan, Purwokerto, bahkan Purwakarta. Merasakan Indonesia yang lebih luas, berkenalan dengan orang-orang yang berbeda, memperkaya pengalaman dan kecintaan akan keberagaman. Lahir di Jakarta, besar di Purwokerto, masa sekolah saya habiskan di Kota Yogyakarta. Siapa yang mengira dengan saya pindah ke kota Bandung untuk menempuh pendidikan, ternyata malah menjadikan saya semakin dekat dengan Yogyakarta, bahkan boleh menjadi salah satu dutanya.

2 Dapatkah Anda menceritakan sesuatu yang begitu menarik atau unik tentang Anda?
Saya amat mencintai musik. Saya sudah diajarkan musik sejak umur 5 tahun, dan ia menjadi teman saya, turut hidup bersama saya. Saya suka menulis puisi di kala bosan, lalu dijadikan lagu tidak lama kemudian. Selalu ada keinginan yang besar untuk dapat sekolah di sekolah musik nantinya. Saya juga amat mencintai buku dan saya suka menulis. Bahkan saya bercita-cita ingin menjadi penulis.

3. Mengapa Anda ingin mengikuti Puteri Indonesia? Apa tujuan Anda?
Awalnya karena dorongan teman-teman dan orang–orang terdekat. Lalu saya pikir apa salahnya mencoba. Puji Tuhan saya boleh mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta di Puteri Indonesia tahun 2013 ini. Bermula iseng dorongan belaka, saya kini memiliki tujuan, baik tujuan untuk diri sendiri dan kebanggaan kerabat, maupun demi membawa nama baik daerah dan almamater. Tentunya inilah kesempatan dimana saya boleh belajar banyak; mencintai, menghargai, mensyukuri, dan mengembangkan diri saya sendiri sebagai seorang wanita, dan membanggakan keluarga terutama orangtua. Disini pula saya menemukan ketertarikan dan kecintaan saya terhadap pariwisata dan kebudayaan, yang adalah hal baru bagi saya; dan juga dengan ekonomi kreatif yang telah lama saya geluti. Mungkin ini dapat menjadi salah satu jalan saya, sebuah alternatif masa depan di antara ribuan pilihan yang membentang. Tidak semua orang memiliki kesempatan seperti saya, saya amat beruntung dan terberkati boleh mendapatkan anugerah ini semua sampai sejauh ini. Dan jika Tuhan berkenan, pastilah saya boleh memberikan yang terbaik dan menjadi yang terbaik, membawa nama Daerah Istimewa Yogyakarta, membawa nama baik almamater.


4. Sebutkan diri Anda dalam 5 kata.
Perfectionist, active, a learner, an entertainer, and musical.

5 Siapa Alumni Puteri Indonesia favorit Anda? Kenapa memilih dia?
Artika Sari Devi, karena beliau adalah seorang role model. Seorang yang memiliki 3B dengan porsi masing-masing seimbang. Dan seorang yang mengharumkan nama bangsa di kancah internasional melalui pencapaiannya di Miss Universe 2005, prestasi tertinggi yang pernah diraih Indonesia dalam sejarahnya mengikuti Miss Universe.

6 Pengalaman positif apa yang pernah Anda alami dan bisa dibagi kepada kita untuk menjadi inspirasi?
Just do the best, and God will do the rest. Saya percaya setiap jalan saya dibimbing oleh Tuhan. Setiap perjalanan pendidikan saya, setiap perjalanan karier saya. Saya tidak percaya dengan yang namanya kebetulan. Setiap detik telah diputuskan oleh Ia yang empunya kehidupan, bahkan yang tak termimpikan oleh saya sekalipun. Dan satu yang saya yakini, rencana-Nya selalu indah. Salah satu perasaan terbaik saya adalah saat saya membaca pengumuman bahwa saya diterima di institut terbaik bangsa, Institut Teknologi Bandung jurusan manajemen. Bahkan untuk bermimpi pun, saya tidak berani. Bagi saya saat itu, terlalu muluk. Sama halnya seperti saat saya mengikuti pemilihan Puteri Indonesia daerah. Itu murni adalah buah dari berserah, hasil nyata dari kekuatan doa.

7 Apakah kutipan atau kata-kata bijak favorit Anda?
A thousand miles journey begins with one step


8 Sebutkan 3 tempat wisata yang paling Anda rekomendasikan dari provinsi Anda, jelaskan apa keunikannya.
1. Pantai-pantai di sepanjang garis pantai selatan Daerah Istimewa Yogyakarta, di antaranya Pantai Nglambor dan Ngobaran di Kabupaten Gunungkidul, Pantai Indrayanti dan Depok di Kabupaten Bantul, dan Pantai Glagah dan Congot di Kabupaten Kulon Progo. Pantai-pantai berpasir putih dengan air laut yang bening dan bersih, serta kawasan kaya ikan dan nelayan. Selalu layak dikunjungi untuk menikmati suasana dimana laut dan langit menyatu, berburu fresh seafood langsung dari perahu-perahu nelayan yang baru merapat, maupun berburu foto dengan latar belakang pemandangannya yang eksotis.
2. Kraton Yogyakarta dan Pura Pakualaman Kraton Yogyakarta dan Pura Pakualaman merupakan salah dua dari kerajaan kuno yang masih ada di Indonesia hingga saat ini. Wilayan Jeron Beteng Kraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang terletak di jantung Kota Yogyakarta memiliki dua buah alun-alun yakni Alun-Alun Utara dan Alun-Alun Selatan, beberapa museum yaitu Museum Sonobudoyo dan Museum Kereta, Pemandian Putri Raja Tamansari, Pasar Tradisional Ngasem, Sentra Gudeg Wijilan dan Sentra Batik Plengkung, dan beberapa restoran yang menyuguhkan hidangan dan minuman favorit keluarga Kraton. Sementara Pura Kasentanan Kadipaten Pakualaman memiliki museum yang memajang koleksi kraton, saksi-saksi bisu peradaban klasikJawa Kuno. Cukup mewakili sisi lain dari sejarah kerajaan keturunan Mataram Islam.
3. Museum Ullen Sentalu Ullen Sentalu merupakan kependekan dari “Ulating Blencong Sejatine Tataning Lumaku” yang berarti pelita kehidupan sejati bagi jalan hidup manusia. Terletak di Desa Pakem, Kaliurang, Kabupaten Sleman; museum ini melulu bercerita tentang pancaran kecantikan luar dalam putri kraton. Memajang koleksi berupa patung, lukisan, foto, puisi, dan batik buah-buah tangan dan kesabaran para putri kraton, yang tak hanya mengungkap kemolekan dan keayuan badaniah tapi juga mengenalkan inner beauty mereka sebagai seorang wanita.

9 Apa oleh-oleh dan souvenir yang Anda sarankan jika ada orang berkunjung ke propinsi Anda? 
Souvenir :
1. Kerajinan Perak dan Tembaga. Jika mendapatinya langsung di kampung pembuatannya yakni Kotagede di Kabupaten Bantul, kita dapat memesan lagnsung sesuai keinginan, termasuk perabot dan perhiasan.
2 Kerajinan Batik. Mahakarya batik tulis terpusat di Dusun Giriloyo, sementara kerajinan batik kayu terdapat di Desa Krebet. Keduanya terletak di Kabupaten Bantul. Namun mereka juga dapat dengan mudah ditemukan di pusat Kota Yogyakarta sendiri, yakni sentra batik Pasar Tradisional Beringharjo.
3. Kerajinan Gerabah. Berpusat di Kasongan, Bantul; gerabah atau keramik menjadi salah satu cinderamata yang dibawa keluar Yogyakarta.

Kuliner :
1. Bakpia Bakpia merupakan oleh-oleh khas Daerah istimewa Yogyakarta yang relatif lebih tahan lama. Sentra bakpia ada di Kampung Pathuk, Kota Yogyakarta; dengan sederetan home industry bakpia dan nomor-nomornya yang saling membedakan. Bakpia sendiri sekarang sudah banyak mengalami proses pengembangan dan inovasi sehingga tersedia tidak hanya rasa klasik kacang hijau melainkan juga kacang hitam, cokelat, keju, kacang, talas, bahkan buah-buahan seperti strawberry, blueberry, nanas, dan mangga. Bahkan ada bakpia isi abon andai anda tahu dimana menemukannya ;)
2. Gudeg Bermacam rasa dalam satu santapan. Inilah gudeg, memiliki rasa manis nangka muda, rasa pedas sambal krecek, rasa gurih kuah areh, dan berbagai kelengkapannya seperti telur, ayam suwir dan tahu; tentu cocok dinikmati di kota Yogyakarta dan dibawa sebagai oleh-oleh untuk kerabat di luar Yogyakarta. Sentra gudeg terletak di Kampung Wijilan, Plengkung Gading, Kota Yogyakarta. Jika dibawa sebagai oleh-oleh, gudeg dikemas dalam kendil, besek, dan bahkan sekarang tersedia dalam bentuk kaleng yang tahan hingga satu tahun.
3. Kulit secang Kulit secang adalah salah satu bahan utama pembuatan wedang atau minuman hangat khas masyarakat Jawa. Kulit secang dapat diseduh dan dtambahkan bahan-bahan lain sesuai selera untuk menjadi wedang secang, wedang uwuh, dan berbagai macam minuman lainnya. Wedang Secang merupakan minuman favorit Sultan Hamengku Buwana VIII. Istimewanya, kulit secang yang sudah diolah relatif sulit ditemui di luar Daerah Istimewa Yogyakarta. Maka saya merekomendasikan untuk membawa kulit secang sebagai oleh-oleh, untuk diolah sesuai selera  Kulit secang dapat ditemui di Pasar Tradisional Beringharjo, Kota Yogyakarta.
4. Angkringan Satu lagi yang sebetulnya harus dicoba saat berkunjung ke Yogyakarta adalah Angkringan dan Kopi Joss. Sego Kucing dengan berbagai lauk tambahan, bermacam wedang dan gorengan, dan tentunya Kopi Joss; kopi tubruk hitam dengan arang panas ditambahkan. Sayangnya pengalaman dan rasanya hanya bisa dinikmati langsung di Yogyakarta, tidak bisa dibawa sebagai oleh-oleh.

10 In your opinion, what makes a woman, a woman?
Seorang wanita mampu mengandung dan melahirkan anak dari rahimnya. Dengan ia mampu memberikan kehidupan, demikianlah ia utuh sebagai seorang wanita.


11 Jika Anda terpilih sebagai Puteri Indonesia dan akan mewakili Indonesia ke Miss Universe, apa yang ingin Anda ubah dan kembangkan dari diri Anda?
Berpikir positif dan lebih menghargai diri saya sendiri. Dengan berpikir positif tentang diri sendiri dan menghargai diri sendiri, niscaya akan muncul dorongan dari dalam diri sendiri untuk merubah yang kurang baik menjadi baik, dan yang sudah baik menjadi lebih baik lagi

12 Apa hal yang membuat Anda senang, ceria, bahagia, penuh motivasi, walau dalam suasana penat rutinitas sekalipun?
Musik, Kopi, dan Buku

13 Anda pilih ambisi atau motivasi? Berikan alasannya.
Ambisi. Karena dengan berambisi, secara langsung kita sudah termotivasi untuk meraih tujuan kita yakni ambisi kita tersebut. Sementara tidak berlaku sebaliknya.


Terima Kasih kepada Anin atas kesempatan dan kesediaan wawancaranya dengan Indonesian Pageants

Gabung di Facebook IP di facebook.com/indonesianpageants
dan follow Twitter IP di @indopageants
0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer