Senin, 14 Januari 2013

Wawancara IP dengan Whulandary Herman, wakil Sumatera Barat di ajang Puteri Indonesia 2012/2013. Enjoy the interview after the jump! 
 
.

Biodata

Nama : Whulandary Herman (Whulan)
Tempat / Tanggal Lahir : Padang / 26 Juni 1989
Tinggi : 176 cm
Prestasi:
- The Best Catwalk Covergirl Aneka Yess 2002
- Best Model Top Model Indonesia 2002
- Juara 2 Pemilihan Wajah Femina 2008
- 3rd Runner Up dan Best Catwalk di ajang International Model of the Year 2010 di Seoul, Korea (diikuti 34 negara)
- Juara 1 Asia Top model 2010 di China (diikuti beberapa negara Asia)


1 Ceritakan tentang siapa diri Anda termasuk pendidikan dan kegiatan terakhir Anda sehari-hari.
Saya gadis Padang yang lahir dan dibesarkan di Padang, di Pariaman tepatnya. Saya melewatkan masa kecil di Kampuang Kecil Pasar Usang. Keluarga saya memang asli Padang dan masih tinggal di sana sampai sekarang. Saya menyelesaikan pendidikan hingga SMU di Padang. Tahun 2007 saya memutuskan untuk hijrah ke Jakarta sambil kuliah dan menekuni dunia modeling. Memang harus diakui, peluang modeling di Jakarta memang lebih luas dibandingkan di daerah. Saya ingat sekali tanggal 26 Juni kala itu, saya dan Nenek berangkat ke Jakarta dengan penuh linangan air mata. Bagaimana pun juga dulu bagi saya Jakarta itu jauh dan saya tidak tahu kapan bisa kembali lagi ke Padang. Memang semua itu adalah pilihan. Meskipun saya sangat merindukan kedamaian yang selalu saya rasakan di tanah kelahiran, saya memilih untuk merantau dan mengadu nasib di Jakarta. Mungkin karena orang Minang memang terkenal sebagai perantau seperti digambarkan dalam pantun Karatau Madan “Di Hulu, babuah babungo balun, marantau bujang dahulu, Di Rumah pagunu balun” yang berarti di Minangkabau harus berjuang dirantau setelah berhasil baru mengabdi di kampung halaman.
Kegiatan sehari-hari saya sekarang setiap harinya adalah pemotretan, fashion show, dan interview tentang modeling. Di samping itu tentunya saya masih menyempatkan diri melakukan beberapa hobi saya seperti traveling, menulis, memotret, diving, dan yoga. Kebetulan karena tahun ini saya masih cuti kuliah saya di Fikom Universitas Paramadina Jakarta, saya juga mengambil kelas Bahasa Jerman dan berlatih memasak Saya paling suka memasak masakan Padang atau Italian food.

2 Dapatkah Anda menceritakan sesuatu yang begitu menarik atau unik tentang Anda?
1. Saya adalah gadis desa yang sampai detik ini masih belum bisa makan beras Jakarta dan selalu menyusahkan Ibu untuk mengirimi saya beras Padang setiap bulan. Selain itu, bila saya berbicara Bahasa Indonesia aksen Padang saya masih sangat kental terdengar
2. Saya sangat suka menulis puisi. Dan kadang saya suka mempunyai waktu berdiam diri dengan diri saya karena menurut saya kita butuh waktu untuk berdamai dengan diri sendiri, menikmati waktu “Me Time” :)
3. Saya suka traveling ke berbagai tempat yang menurut saya menarik. I always be a competitor against myself not with somebody else, I don't like to stay in the same place, every time has to be better, every step has to move forward :)

3. Mengapa Anda ingin mengikuti Puteri Indonesia? Apa tujuan Anda?
Banyak sekali alasannya, salah satunya karena pemilihan Puteri Indonesia ini adalah salah satu pemilihan terbaik yang ada di negara kita. Menjadi bagian dari pemilihan ini adalah mimpi saya sedari kecil juga mimpi seluruh keluarga saya. Saya rasa bukan hanya saya saja, seluruh remaja putri di Indonesia juga pasti ingin menjadi bagian dari ajang ini, karena ajang ini membantu seluruh remaja putri untuk menunjukan kreativitas diri. Selain itu saya juga bercita-cita membawa nama bangsa Indonesia ke tingkat dunia dalam cara apapun. Semoga ini adalah salah jalan saya mewujudkan mimpi saya tersebut.


4. Sebutkan diri Anda dalam 5 kata.
Dewasa, perfeksionis, keras kepala , mencintai keluarga lebih dari apapun, dan terbuka dengan hal-hal baru.

5 Siapa Alumni Puteri Indonesia favorit Anda? Kenapa memilih dia?
Saya adalah pengagum Kak Artika Sari Devi, dia sangat baik dan ramah. I mean we could see her heart from her beautiful face, she is a real person.

6 Pengalaman positif apa yang pernah Anda alami dan bisa dibagi kepada kita untuk menjadi inspirasi?
Saya dibesarkan oleh dua wanita hebat yaitu Ibu dan Nenek. Kebetulan takdir mengharuskan saya hidup tanpa Bapak sejak saya lahir, dengan 2 orang ini saya dilatih menjadi jauh lebih dewasa dari umur saya karena kesedihan itu membuat kita menjadi kuat dan bersyukur akan kebahagian yang kita terima. Tidak mempunyai Bapak bukan berarti kita harus menjadi anak broken home yang tidak bermasa depan, itulah cambuk terkuat dalam kehidupan saya untuk membuktikan pada Ibu Dan Nenek telah sukses membesarkan saya menjadi orang baik. Inilah pembuktian pribadi saya bahwa saya tidak akan méngecewakan mereka yang sangat mencintai saya.

7 Apakah kutipan atau kata-kata bijak favorit Anda?
Saya mempunyai banyak kata bijak favorit tapi beberapa yg saya jadi kan pedoman dasar keseharian saya adalah
Belajarlah mengalah sampai tak seorang pun yang bisa mengalahkanmu.Belajarlah merendah sampai tak ada seorang pun yg bisa merendahkanmu” - Gobind Vashdev.
Dimana ada cinta disitu ada Tuhan” - Mathama Gandhi
Dan kata bijak dari saya sendiri “Menjadi orang baik itu harus, bukan pilihan



8 Sebutkan 3 tempat wisata yang paling Anda rekomendasikan dari provinsi Anda, jelaskan apa keunikannya.
Banyak sekali tempat menarik di Sumatera Barat Ada Pantai Air Manis, yang terkenal dengan batu Si Malin Kundang, ada Kepulauan Mentawai yang konon memiliki ombak yang tidak kalah dengan ombak di Hawaii. Serta ada juga Pulau Sikuai, pantai yang berpasir putih dan mudah dijangkau dari Kota Padang

9 Apa oleh-oleh dan souvenir yang Anda sarankan jika ada orang berkunjung ke propinsi Anda? 
Souvenir : songket, bordiran, miniatur Jam Gadang Bukit Tinggi
Kuliner : keripik balado, rendang, kerupuk jangek

10 In your opinion, what makes a woman, a woman?
Ketika wanita tersebut mampu menempatkan dirinya dengan baik dalam situasi apapun. Kalau bisa kita gambarkan sebagai wanita kuat yang berkepribadian. Dia tahu pasti apa yang dia inginkan dalam hidup dan berusaha mewujudkannya



11 Jika Anda terpilih sebagai Puteri Indonesia dan akan mewakili Indonesia ke Miss Universe, apa yang ingin Anda ubah dan kembangkan dari diri Anda?
Saya tidak akan mengubah apapun dari diri saya tapi saya akan belajar lebih serius agar penampilan, kepribadian, tata bicara, maupun tata krama dalam bergaul agar lebih mencerminkan kepribadian wanita Indonesia. Saya juga akan berusaha untuk menambah pengetahuan saya lagi tentang Indonesia, semua tentunya dengan bimbingan YPI.

12 Apa hal yang membuat Anda senang, ceria, bahagia, penuh motivasi, walau dalam suasana penat rutinitas sekalipun?
Pertama karena rasa syukur kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan. Kedua karena saya selalu membayangkan wajah Ibu di Padang yang telah bekerja keras untuk saya dan adik-adik, tanpa pernah mengeluh. Sesusah dan sesulit apapun keadaan di Padang, Ibu selalu ada untuk kita dan selalu mensupport kita dengan sepenuh tenaga.

13 Anda pilih ambisi atau motivasi? Berikan alasannya.
Saya lebih memilih motivasi karena itu dorongan dalam diri sendiri ataupun dorongan dari orang lain yang bisa menbawa kita ke satu tujuan tanpa menghalalkan segala cara. Sangat berbeda dan berlawanan dengan ambisi di mana apapun yang diinginkan harus dapat walau dengan cara apapun.


Terima Kasih kepada Whulan atas kesempatan dan kesediaan wawancaranya dengan Indonesian Pageants

Gabung di Facebook IP di facebook.com/indonesianpageants
dan follow Twitter IP di @indopageants

3 Komentar di Blogger

3 comments:

Unknown mengatakan...

Go Whulannn for Puteri Indonesia 2013!

Ariefpokto mengatakan...

WOW ! frontrunner... semoga lancar dab tidak disabotase

Unknown mengatakan...

URang kampuang den juara......Semangat KAWAN......................................................
DOA KAMI SIKO MANDUKUANG MU.....
FORZA WULAN.......

 
Toggle Footer