Rabu, 02 Januari 2013

Wawancara IP dengan Sylvia Rosa, wakil Aceh di ajang Puteri Indonesia 2012/2013. Enjoy the interview after the jump!


Biodata

Nama : Sylvia Rosa
Tempat / Tanggal Lahir : Lhokseumawe / 25 Mei 1989
Tinggi : 165 cm
Prestasi:
- Juara 3 Putri Citra 2012
- Finalis Puteri Indonesia Aceh 2011
- Puteri Indonesia Aceh 2012


1. Ceritakan tentang siapa diri Anda termasuk pendidikan dan kegiatan terakhir anda sehari-hari. 
Saya adalah anak dari pasangan H. Ir. Syukri Daud dan Hj. Laila Nujumi S.E. Anak pertama dari 3 bersaudara. Ayah berasal dari Aceh Besar dan Ibu dari Aceh Utara. Saya sendiri dibesarkan di Lhokseumawe. Saat TK, Saya pernah mentap di Takengon selama setahun dan saat SMP pernah menetap di Sumatera Utara selama 2 tahun. Saat ini kesibukan saya adalah menyusun skripsi, aktif di beberapa organisasi, modeling, dan menambah ilmu pengetahuan untuk persiapan karantina Puteri Indonesia.

2 Dapatkah Anda menceritakan sesuatu yang begitu menarik atau unik tentang Anda? 
Saya orang yang keras kepala namun sangat penyayang, bahkan terhadap binatang sekalipun.

3 Mengapa Anda ingin mengikuti Puteri Indonesia? Apa tujuan Anda?
Saya mengikuti ajang bergengsi ini karena ajang ini merupakan ajang yang diimpikan hampir setiap wanita di Indonesia terutama karena ingin membawa dan membanggakan daerahnya. Tujuan saya mengikuti ajang ini ingin memperkenalkan karakteristik, keistimewaan, dan keberagaman Aceh yang saat ini masih belum banyak dikenal masyarakat Indonesia pada umumnya.

4 Sebutkan diri Anda dalam 5 kata. 
Supel, ceria, jujur, keras kepala, penyayang.

5 Siapa Alumni Puteri Indonesia favorit Anda? Kenapa memilih dia? 
Favorite saya adalah Qory Sandioriva. Walau banyak terjadi pro dan kontra terutama di Aceh, saya senang karena wakil Aceh pernah sanggup mengharumkan nama Aceh di ranah nasional.

6 Pengalaman positif apa yang pernah Anda alami dan bisa dibagi kepada kita untuk menjadi inspirasi? 
Pengalaman positif yang pernah saya alami dan sampai saat ini masih sering menginspirasikan saya terjadi di tahun 2008 saat saya berkesempatan menjadi pramugari haji untuk Aceh. Saat itu ada seorang jamaah haji yang berangkat dengan menggunakan kursi roda bersama suaminya. Alhamdulillah di luar dugaan, sesampainya di Jeddah kondisi Nenek tersebut sangat prima dan tidak perlu mengunakan kursi roda. Semangatnya menjadi tamu Allah menjadikan dia kuat. Padahal di Jeddah juga sudah menunggu Tim Medis yang sudah menyiapkan kursi roda untuk Nenek tsb. Banyak kesimpulan yang menjadi inspirasi dari kejadian tersebut salah satunya, "man jadda wajadda", siapa yang bersungguh-sungguh dia akan mendapatkannya. .


7 Apakah kutipan atau kata-kata bijak favorit Anda? 
"Happiness is not something outside that you bring in. It is something inside that you bring out."

8 Sebutkan 3 tempat wisata yang paling Anda rekomendasikan dari provinsi Anda, jelaskan apa keunikannya. 
Aceh memiliki banyak tempat wisata yang dapat saya rekomendasikan, baik wisata Islami, sejarah, maupun alam. Banda Aceh sebagai ibu kota provinsi tempat yang paling strategis untuk pertama diperkenalkan pariwisatanya terutama Mesjid Raya Baiturrahman, selain karena nilai sejarahnya mesjid ini juga salah satu mesjid kebanggaan orang Aceh. Lalu ada pula Pulau Sabang yang keindahannya selalu memikat siapa pun yang mengunjunginya. Selain itu Lut Tawar, sebuah danau kecil di dataran tinggi Aceh Tengah, juga memiliki karisma tersendiri dan terkenal karena keindahan gua-gua yang berada di pebukitan di sekitar danau tersebut.

9 Apa oleh-oleh dan souvenir yang Anda sarankan jika ada orang berkunjung ke propinsi Anda? (boleh lebih dari 1) 
Aksesoris rencong dan pintu Aceh, kopi Aceh, kue Kara, kue bolu ikan, kue bakpia Sabang, songket tenun Gayo, dan masih banyak yang lainnya.

10 In your opinion, what makes a woman, a woman? 
Because she can get pregnant and give birth.


11 Jika anda terpilih sebagai Puteri Indonesia dan akan mewakili Indonesia ke Miss Universe, apa yang ingin Anda ubah dan kembangkan dari diri Anda? 
Jika saya terpilih menjadi Puteri Indonesia dan menjadi perwakilan Indonesia di Miss Universe, hal yang ingin saya persiapkan adalah wawasan saya mengenai Indonesia karena tanggung jawab saya sudah lebih besar, tidak hanya memperkenalkan sebuah provinsi tetapi semua provinsi yang ada di Indonesia. Hal yang harus saya ubah tentunya pola pikir saya yang harus lebih menasional.

12 Apa hal yang membuat Anda senang, ceria, bahagia, penuh motivasi, walau dalam suasana penat rutinitas sekalipun? 
Rasa syukur terhadap Allah atas semua nikmat-Nya. Baik nikmat sehat, nikmat kesempatan, nikmat berproses, dan nikmat lainnya. Serta doa serta dukungan dari orang tua, keluarga, dan teman-teman karena cinta mereka yang tertuang dalam doa dan dukungan merupakan penyemangat dalam beraktivitas. Hal yang sangat penting lainnya adalah bérusaha berpikir positif.

13 Mana yang Anda pilih? Ambisi atau motivasi? Berikan alasannya 
Saya memilih motivasi. Motivasi mampu memberikan kesempatan bahkan bagi hal-hal yang tidak pernah terduga sebelumnya. Sedangkan ambisi hanya memfokuskan kepada satu hal saja.



Terima Kasih kepada Sylvia atas kesempatan dan kesediaan wawancaranya dengan Indonesian Pageants

Gabung di Facebook IP di facebook.com/indonesianpageants
dan follow Twitter IP di @indopageants



0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer