Kamis, 31 Januari 2013

Wawancara IP dengan Nila Veronica, wakil DKI Jakarta 6 di ajang Puteri Indonesia 2012/2013. Enjoy the interview after the jump! 


Biodata

Nama : Nila Veronica (Nila)
Tempat / Tanggal Lahir : Jakarta  / 29 September 1989
Tinggi : 175 cm
Prestasi:
- Wakil I None Jakarta Pusat 2011
- None DKI Jakarta 2011
- Lulus dengan predikat Cum Laude dari School of Business and Management Institut Teknologi Bandung


1 Ceritakan tentang siapa diri Anda termasuk pendidikan dan kegiatan terakhir Anda sehari-hari.
Saya adalah anak pertama dari 2 bersaudara. Sejak lahir saya sudah tinggal di Jakarta. Hal ini membuat saya memiliki rasa kepedulian yang sangat tinggi pada kota tercinta ini. Di tahun 2007 saya pindah ke Bandung untuk melanjutkan studi saya di Institut Teknologi Bandung, salah satu universitas yang saya impikan. Saya sangat bersyukur dan alhamdulillah, akhirnya saya berhasil menyelesaikan studi S1ini dalam waktu 3 tahun dengan predikat cumlaude. Saat ini aktivitas saya adalah bekerja di salah satu perusahaan yang bergerak di oil and gas dan meneruskan S2 yang saya dapat dari program beasiswa.

2 Dapatkah Anda menceritakan sesuatu yang begitu menarik atau unik tentang Anda?
Saya senang sekali bila bertemu orang baru, berteman dan menjalin hubungan baik. Saya adalah orang yang memiliki perhatian dan rasa empathy yang sangat tinggi kepada orang lain, apalagi terhadap orang-orang terdekat saya. Terkadang saya suka memikirkan masalah yang mereka hadapi terlalu dalam bagaikan masalah saya sendiri. Saya tidak mau berbuat suatu apapun yang merugikan/mengecewakan orang lain dan akan selalu mengusahakan hal-hal yang akan membuat mereka senang dan bangga. Saya selalu percaya bahwa semua kuasa ada di tangan Allah SWT, dan sesungguhnya sudah ada jalan yang paling baik yang dipersiapkan Allah SWT untuk umatnya.

3. Mengapa Anda ingin mengikuti Puteri Indonesia? Apa tujuan Anda?
Sewaktu kecil saya senang sekali melihat perempuan yang cantik dan saya selalu ingin menjadi seperti mereka kelak. Seiiring berjalannya waktu saya menyadari kalau cantik fisik semata mata bukan hal yang utama. Banyak hal lain yang membuat seorang perempuan terlihat lebih dari sekedar cantik, seperti attitude dan intelektualitas. Dalam pemilihan ini perempuan-perempuan Indonesia dengan berbagai background yang luar biasa berkumpul. Intinya “take and give”, saya ingin banyak belajar lagi, juga ingin share apa yang saya punya dan memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.


4. Sebutkan diri Anda dalam 5 kata.
Friendly, open minded, sensitive, bertanggung jawab, dan melihat ke depan.

5 Siapa Alumni Puteri Indonesia favorit Anda? Kenapa memilih dia?
Indira Soediro. Saya kenal dan sangat mengagumi beliau. Saya suka sekali pembawaan beliau, inner beauty-nya keluar banget. Cantik dan perempuan Indonesia sekali.

6 Pengalaman positif apa yang pernah Anda alami dan bisa dibagi kepada kita untuk menjadi inspirasi?
Waktu dan kesempatan yang kita miliki sekarang mungkin tidak bisa terulang kembali. Oleh karena itu harus digunakan dengan sebaik-baiknya, jangan sampai ada penyesalan dikemudian hari. Terkadang saya suka merasa lelah akan aktivitas dan tanggung jawab yang saya miliki, namun saya selalu percaya sesungguhnya ini adalah nikmat yang diberikan Allah SWT, dan tidak semua orang memiliki kesempatan ini. Salah satu hal yang selalu menjadi penyemangat disaat saat seperti itu adalah ketika saya ingat dengan almarhum Papa, dan keinginan saya untuk selalu membuat beliau bangga.

7 Apakah kutipan atau kata-kata bijak favorit Anda?
A positive attitude causes a chain reaction of positive thoughts, events and outcomes. It is a catalyst and it sparks extraordinary results.” - Wade Boggs
Happiness is not something ready made. It comes from your own actions.” - Dalai Lama


8 Sebutkan 3 tempat wisata yang paling Anda rekomendasikan dari provinsi Anda, jelaskan apa keunikannya.
1. Kota Tua
Kawasan ini merupakan warisan dari sejarah masa lalu perkembangan Kota Jakarta. Mengambil bentuk bangunan dengan arsitektur Eropa dan Cina, kota tua ini telah dipelihara sebagai kawasan restorasi. Di kawasan ini ada pelabuhan Sunda Kelapa, Stasiun Kereta Api Beos dan beberapa Museum yang hingga saat ini kawasan Kota Tua cukup terpelihara dengan baik
2. Setu Babakan
Merupakan Pusat kesenian dan kebudayaan kota Jakarta. Disini para pendatang dapat melihat pembuatan kerajinan tangan serta pembuatan makanan khas Betawi seperti dodol Betawi dan Bir pletok.
Selain itu di daerah ini juga sering diselenggarakan acara kesenian daerah Betawi pada panggung terbuka setiap hari Sabtu dan Minggu. Pada acara ini biasanya para pendatang dapat ikut berinteraksi dalam pelaksanaan acara-acara tersebut, seperti ikut menari.
3. Mesjid Istiqlal dan Gereja Katedral
Masjid Istiqlal terletak di Jalan Pintu Air, Jakarta Pusat yang letaknya sangat berdekatan dengan Gereja Katedral. Hal ini menunjukan bahwa penduduk Indonesia, khususnya Jakarta yang multiculture terdiri dari bermacam-macam suku dan agama dan latar belakang dapat hidup rukun berdampingan dan saling bertoleransi antar agama. Sesuai dengan semboyan Negara kita, Bhinneka Tunggal Ika.

9 Apa oleh-oleh dan souvenir yang Anda sarankan jika ada orang berkunjung ke propinsi Anda? 
Souvenir :
- Boneka ondel-ondel dan pengantin betawi
- Miniatur Monas
- Kain dengan motif Betawi atau kebaya encim.

Kuliner :
- Dodol, kue khas betawi yang terbuat dari beras ketan yang biasa dibuat untuk menyambut hari raya.
- Bir pletok, minuman penghangat badan yang terbuat dari rempah-rempah.
- Kerak Telor, makanan khas yang dahulu selalu disajikan pada saat ada hajatan besar orang Betawi ini rasanya sangat lezat.

10 In your opinion, what makes a woman, a woman?
Agar jadi wanita seutuhnya menurut saya pertama-tama seorang perempuan harus bisa menghargai dan bertanggung jawab akan dirinya sendiri. Perempuan sebaiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ia punya. Berpenampilan baik, pandai bersikap, dan menyesuaikan diri untuk membuat orang lain menghormati dan nyaman berada disekelilingnya.


11 Jika Anda terpilih sebagai Puteri Indonesia dan akan mewakili Indonesia ke Miss Universe, apa yang ingin Anda ubah dan kembangkan dari diri Anda?
Saya tidak ingin mengubah apapun dari diri saya. Inshaallah saya akan fokus dan mengembangkan potensi lainnya dalam diri saya untuk selalu bisa maksimal. Salah satu mimpi saya adalah ingin berbuat sesuatu untuk tanah air.

12 Apa hal yang membuat Anda senang, ceria, bahagia, penuh motivasi, walau dalam suasana penat rutinitas sekalipun?
Saya sangat senang dan otomatis bisa melupakan hal-hal yang membuat saya penat atau sedih begitu berada di tengah teman-teman terbaik dan orang-orang yang saya sayang. Mereka adalah salah satu yang terpenting yang membuat saya seperti sekarang.

13 Anda pilih ambisi atau motivasi? Berikan alasannya.
Saya memilih motivasi. Karena dari motivasi kita bisa berjalan dan mencapai sesuatu yang diinginkan, bahkan mungkin lebih dari yang kita harapkan. Berbeda dengan ambisi, motivasi membantu saya untuk selalu berfikir postif dan membuka diri dengan hal hal baru yang bermanfaat.



Terima Kasih kepada Nila atas kesempatan dan kesediaan wawancaranya dengan Indonesian Pageants

Gabung di Facebook IP di facebook.com/indonesianpageants
dan follow Twitter IP di @indopageants
0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer