Rabu, 30 Januari 2013

Wawancara IP dengan Amelia Siregar, wakil Jambi di ajang Puteri Indonesia 2012/2013. Enjoy the interview after the jump! 


Biodata

Nama : Amelia Siregar (Amel)
Tempat / Tanggal Lahir : Jambi / 25 Februari 1990
Tinggi : 171 cm
Prestasi:
- Runner Up Lady Mio Jambi 2011
- Runner Up 2 Duta Batik Jambi
- Juara Harapan.1 Gadis Jambi 2011
- Puteri Indonesia Jambi 2012


1 Ceritakan tentang siapa diri Anda termasuk pendidikan dan kegiatan terakhir Anda sehari-hari.
Saya adalah anak pertama dari 3 bersaudara, ayah saya Kamal Siregar adalah seorang ayah yang sangat tegas, pemimpin yang baik untuk keluarga, sedang ibu saya Wirdaningsih, dan merupakan sosok ibu yang sangat penyayang dan penyabar. Ibu, yang lahir di Sarolangun 42 tahun lalu, adalah sosok yang membuat saya mengerti apa arti kasih sayang dan bagaimana memaknai kehidupan yang luar biasa ini. Saya bersekolah di SDN 13 Jambi berlanjut ke SMPN 12 Jambi dan berikutnya SMAN 9 Jambi. Selama di SMA saya banyak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler untuk menambah ilmu pengetahuan saya, mulai dari kegiatan OSIS, pelatihan kepemimpinan, paskibraka serta marching band di sekolah. Setamat sekolah saya melanjutkan kuliah saya di Universitas Jambi fakultas Pendidikan jurusan PMIPA program studi Pendidikan Fisika. Alhamdulillah pada bulan Mei 2012 lalu saya berhasil menyelesaikan kuliah saya dan mendapat gelar Sarjana Pendidikan. Saat ini kegiatan saya adalah mengajar les privat mata pelajaran IPA di rumah, bekerja sebagai freelancer di salah satu event organizer di Jambi, dan tentunya mempersiapkan diri untuk pemilihan Puteri Indonesia

2 Dapatkah Anda menceritakan sesuatu yang begitu menarik atau unik tentang Anda?
Saya dapat dengan mudah beradaptasi terhadap situasi dan kondisi yang berbeda-beda, dimanapun saya berada.

3. Mengapa Anda ingin mengikuti Puteri Indonesia? Apa tujuan Anda?
Saya ingin menjadi seorang Puteri Indonesia yang memiki unsur 3B sehingga dapat mengangkat nama Indonesia menjadi lebih baik. Semua itu dikarenakan saya sangat mencintai negara ini dimana tempat saya dilahirkan, begitu luar biasa aneka ragam budaya, bahasa adat istiadat serta potensi wisata yang kita miliki, dan itu semua harus kita jaga dan kita lestarikan demi kemajuan bangsa agar anak cucu kita kelak masih dapat menikmati semua keindahan ini.


4. Sebutkan diri Anda dalam 5 kata.
Cantik, etika, cerdas, ceria, dan berwawasan.

5 Siapa Alumni Puteri Indonesia favorit Anda? Kenapa memilih dia?
Artika Sari Devi, karena menurut saya beliau sangat cantik, memiliki unsur 3B, wajahnya mewakili wajah khas Indonesia, cerdas, berwawasan luas, dan beliau berhasil masuk ke dalam 15 besar pemilihan Miss Universe yang merupakan kebanggaan bagi Indonesia.

6 Pengalaman positif apa yang pernah Anda alami dan bisa dibagi kepada kita untuk menjadi inspirasi?
Saya pernah mengalami pengalaman yang sangat berharga dan takkan pernah saya lupakan, waktu itu saya sedang mengikuti salah satu kompetisi, saat itu saya merasa sangat percaya diri, karena pada dua session dalam kompetisi itu nilai saya selalu menjadi yang paling tinggi, karena hal itu saya menjadi terlalu yakin, sangat percaya diri sehingga timbul sedikit kesombongan, hingga pada puncak acara ternyata bukan saya yang menjadi pemenangnya. Di saat itu saya langsung menyadari bahwa apapun itu jangan pernah sombong, percaya diri penting tapi jangan berlebihan, kemudian pnilaian bukan hanya dalam satu sisi tapi dari berbagai sisi dan yang terakhir adalah takdir Allah, karena semuanya terjadi atas kehendakNya. dan hal itu saya jadikan acuan untuk ke depan, pelajaran dan ilmu agar saya bisa menjadi lebih baik lagi.

7 Apakah kutipan atau kata-kata bijak favorit Anda?
Kerjakan apa yang bisa kamu kerjakan saat ini karena waktu tidak akan menunggumu.


8 Sebutkan 3 tempat wisata yang paling Anda rekomendasikan dari provinsi Anda, jelaskan apa keunikannya.
1. Candi Muaro Jambi, yang merupakan komplek candi Hindu Buddha terluas se-Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara yang merupakan peninggalan kerajaan Sriwijaya dan Melayu. Candi ini memiliki keunikan berbeda dengan candi yang terdapat di daerah lain karena dari segi arsitekturnya Candi Muaro Jambi terbuat dari batu bata yang sudah di bakar yang kmudian disusun rapi bukan terbuat dari batu alam. Candi ini terletak di Desa Muaro Jambi di Kecamatan Muaro Sebo yang dapat di tempuh kurang lebih 30 menit perjalanan dari kota Jambi melalui jalur darat.
2. Geopark Merangin merupakan salah satu aset luar biasa yang terdapat di Merangin, karena hanya ada 3 geopark sejenis Merangin di dunia dan salah satunya ada di Jambi.
3. Perkebunan Teh Kayu Aro yang terdapat di kaki Gunung Kerinci yaitu gunung tertinggi di Sumatera, teh kayu aro ini merupakan salah satu teh kualitas terbaik di dunia. Perkebunan  ini merupakan perkebunan teh terluas di dunia setelah perkebunan teh Darjeling di kaki gunung Himalaya, dengan luas 3.020 hektar, yang rata-rata menghasilkan 80 ton daun basah per harinya. Dan uniknya lagi pengolahan teh kayu aro ini, tidak berubah sejak jaman Belanda, yaitu pengolahan secara tradisional tanpa bahan pengawet dan bahan pewarna. Saat ini pengawasan perusahaan teh ini dibawah PT Perkebunan Nusantara VI (PTPN VI), mulai dari perawatan dan pemeliharaan tanaman, pemetikan pucuk teh, pengolahan di pabrik, pengemasan hingga pengiriman.
Selain 3 lokasi tadi masih banyak lagi tempat wisata yang sangat menarik yang ada di Jambi diantaranya, Danau Kaco, Danau Gunung Tujuh, wisata arung jeram Batang Asai di Kabupaten Sarolangun, Pulau Berhala, dan masih banyak lagi.

9 Apa oleh-oleh dan souvenir yang Anda sarankan jika ada orang berkunjung ke propinsi Anda? 
Souvenir : batik Jambi, batu aji, songket Jambi, dan boneka berkuluk
Kuliner : selai nenas goreng, gelamai perentak, dodol kentang, tempoyak, pisang sale, teh kayu aro, dan kopi AA

10 In your opinion, what makes a woman, a woman?
Menurut saya yang membuat seorang wanita dapat dikatakan wanita seutuhnya adalah karena keteladannya, kelembutan, dan ketangguhannya. Dan wanita dapat disebut sebagai wnita seutuhnya saat ia berhasil menjadi ibu yang baik buat keluarga dan anak-anaknya.


11 Jika Anda terpilih sebagai Puteri Indonesia dan akan mewakili Indonesia ke Miss Universe, apa yang ingin Anda ubah dan kembangkan dari diri Anda?
Saya akan terus menambah pengetahuan dan wawasan lingkungan, pariwisata dan sosial, dan saya juga akan mengembangkan bakat yang saya miliki di bidang seni.

12 Apa hal yang membuat Anda senang, ceria, bahagia, penuh motivasi, walau dalam suasana penat rutinitas sekalipun?
Kala saya berkumpul dengan keluarga dan anak-anak kecil.

13 Anda pilih ambisi atau motivasi? Berikan alasannya.
Motivasi, karena motivasi itu sangat penting dan berarti, sebagai senjata yang paling kuat untuk keberhasilan baik itu motivasi dari dalam diri maupun dari luar.


 Terima Kasih kepada Amel atas kesempatan dan kesediaan wawancaranya dengan Indonesian Pageants

Gabung di Facebook IP di facebook.com/indonesianpageants
dan follow Twitter IP di @indopageants

0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer