Jumat, 01 Februari 2013

Ketika menyusun Leaderboard ini, kami sempat mengalami dilema, apakah Leaderboard ini akan menjadi gambaran dari apa yang kami perkirakan akan terjadi di Final ataukah Leaderboard ini akan menjadi gambaran dari apa yang kami inginkan untuk terjadi di Final. Namun akhirnya kami memutuskan untuk mengikuti pilihan hati kami dan memilih nama-nama dalam Leaderboard ini karena kami rasa layak untuk berada di jajaran Finalis, dan bukan nama-nama yang kami prediksikan akan lolos ke jajaran Finalis. Dengan demikian bisa jadi isi Leaderboard ini akan sangat berbeda dengan hasil Final Puteri Indonesia 2012/2013 malam ini.

Seperti yang sudah pernah kami sebutkan sebelumnya, tahun ini persaingan yang terjadi sangat ketat dan merata. Karena ketatnya, kami harus berdebat panjang lebar sebelum akhirnya mencapai hasil akhir. Dan ibarat perlombaan lari, karena begitu dekatnya jarak antara pelari yang bertanding, kami membutuhkan bantuan photo finish untuk menentukan siapa yang layak menjadi yang terdepan. Dan nama-nama yang berhasil masuk deretan favorit kami adalah :


The Leaderboard
1 Riau
2 DKI Jakarta 6
3 Sulawesi Utara
4 Sumatera Barat
5 Jawa Barat
6 DKI Jakarta 5
7 Banten
8 Jawa Tengah
9 Jawa Timur
10 Bali

Dan melengkapi deretan favorit ini adalah 5 kontestan yang menurut kami mempunyai peluang untuk menyodok masuk ke posisi 10 Besar yaitu Kalimantan Barat, Sumatera Utara, Maluku, Lampung, dan DKI Jakarta 1. Seandainya di Puteri Indonesia ada posisi 15 Besar, merekalah 5 nama yang kami kira layak untuk mengisi posisi tersebut. Kalimantan Barat merupakan wakil terkuat dari Kepulauan Kalimantan, berbakat seni, dengan catwalk yang baik, dan kepribadian yang ramah, Maluku mencuri perhatian dengan hasil fotonya yang keren, DKI Jakarta 1 has a very beautiful skin, dengan paras Eurasia yang membuatnya menonjol, sedangkan Sumatera Utara dan Lampung mencuri nilai dengan postur yang tinggi dan good communication skills. Mereka masing-masing memiliki kelebihan di bidang tertentu namun bukan yang terbaik di bidang tersebut.

Sedikit di atas mereka adalah 5 nama yang menurut kami cukup layak untuk masuk ke 10 Besar karena unggul dalam berbagai bidang seperti bakat, intelegensia, karisma, kecantikan fisik, dan penampilan di depan lensa kamera. Kelima nama tersebut adalah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, dan DKI Jakarta 5. Fans pageant yang cukup teliti mengikuti karantina Puteri Indonesia kali ini pasti sependapat dengan kami bahwa kelima nama itu masing-masing memiliki keunggulan yang dominan, bahkan ada yang terbaik, di salah satu dari 5 bidang yang kami sebutkan di atas. Namun karena keunggulan mereka cenderung hanya di satu faktor saja dan kurang merata, kami merasa mereka belum cukup kuat untuk maju lebih lanjut. Seperti contohnya DKI Jakarta 5 punya kecerdasan, kepribadian hangat dan photogenic namun penampilan di keseharian terlalu polos dan tidak beraura seorang Beauty Queen. Banten bubbly, photogenic, dan memiliki good catwalk, tapi belum terlalu berkarisma sehingga bisa membuat kepala ini menoleh bila dia lewat. Bali eksotis dan sangat berbakat, namun di segi lain pun kurang menonjol. Jawa Timur, she's smart and bubbly, namun belum terlalu mempesona secara penampilan, sedangkan Jawa Tengah punya aura dan karisma yang tinggi selain konsisten. Seandainya ini kontes kecerdasan Rachel akan kami tempatkan di posisi yang lebih tinggi, namun karena ini kontes kecantikan, kami hanya menempatkan Rachel di posisi 10 Besar.. Meskipun demikian kami tidak akan heran bila dengan auranya yang kuat, Rachel bisa menembus 5 Besar atau bahkan 3 Besar. She is the darkhorse who can pull major major surprise!

Berikutnya tibalah saat yang paling sulit dalam menyusun Leaderboard ini, yaitu memilih 5 nama yang ada di posisi teratas dan mengurutkan posisi mereka. Mereka berlima adalah kontestan yang menurut kami memiliki keunggulan yang dominan secara merata di beberapa bidang sekaligus. Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, akhirnya kami membutuhkan bantuan photo finish untuk menetukan posisi akhir kelima kontestan ini. In the end, it's all down to the photo finish to make all these differences!

Posisi kelima jatuh pada Jawa Barat. Selain cantik dan manis, Puti juga membuktikan dirinya cukup cerdas dan kreatif untuk memanfaatkan momen melalui penampilan bakatnya yang unik dan mencuri perhatian. Kelemahannya adalah kurangnya international appeal yang dia miliki sehingga Puti hanya kami tempatkan di posisi 5. Satu tingkat di atasnya adalah Sumatera Barat.Sebagai model profesional, kemampuan catwalk Whulan jelas menjadi senjata andalan utamanya. Namun meskipun bermodal kemampuan catwalk yang sangat baik dan penampilan spektakuler di foto-foto glamornya, kami merasa Whulan kurang konsisten dalam menjaga penampilan kesehariannya. Dia kurang mencuri perhatian saat tampil sehari-hari. Hal inilah yang membuat kami hanya menempatkan Whulan di posisi keempat kali ini.

Memasuki 3 Besar, kami memilih Sulawesi Utara di posisi ketiga. Salah satu hal penting dalam kriteria penilaian kami adalah apakah seorang kontestan tampak bagus baik di foto glamor maupun dalam foto candid kesehariannya, dan Novia berhasil lolos dengan sempurna dalam 2 hal itu. Dia juga memiliki prestasi akademis yang sangat memuaskan, terbukti dengan Indeks Prestasi-nya yang sempurna. Dan perlu diperhatikan, Novia mempunyai segudang bakat yang bisa dikembangkan ke depan mengingat usianya masih sangat belia. Namun memang karena usianya yang masih belia ini, kami melihat Novia belum siap untuk menjadi juara pertama dan masih harus belajar banyak untuk semakin mengembangkan kedewasaan dan potensi dirinya. Meski demikian kami tetap yakin memilih Novia sebagai 3 Besar karena potensi masa depannya dan faktor wajahnya yang sangat gorgeous. She has, perhaps, the most best face among all contestant this year, it's beautiful, regal, and expensive. Dan inilah "photo finish" yang meyakinkan kami untuk memilih Novia di posisi ketiga.

Novia's photo finish - face doesn't lie

Untuk posisi kedua, kami menginginkan wakil DKI Jakarta 6 untuk memenangkannya. Selama karantina, banyak fans yang mungkin meragukan Nila karena senyumnya yang tampak canggung di berbagai foto. Tapi kami percaya dengan kecerdasannya (dia adalah lulusan Cum Laude dari Sekolah Bisnis ITB dan juga juara ajang bergengsi None DKI Jakarta 2011) Nila sangat cocok untuk mewakili Indonesia di ajang Miss International yang penuh dengan kegiatan debat dan diskusi. Untuk mempersiapkan Nila ke ajang dunia ini, tinggal ditambahkan sisi modern dan dinamis serta suntikan rasa percaya diri agar dia berani berekspresi lepas yang bisa membuatnya lebih terlihat dan bersinar di antara lainnya Selain itu, kami berimajinasi dan melihat adanya potensi dari diri Nila yang berpostur tinggi (176 cm) untuk "disulap" menjadi Pocahontas versi Asia, sosok wanita eksotis yang menjulang, berkulit cokelat, dan berambut hitam lurus panjang. Namun memang tidak bisa dipungkiri bahwa kecantikan Nila mungkin memang tidak sekuat beberapa pesaingnya sehingga kami hanya menempatkan Nila di posisi dua, dengan pertimbangan kontes Miss International yang sangat cocok dengan karakter Nila. Soal senyuman, tidak perlu khawatir, karena dalam "photo finish"-nya ini Nila meyakinkan kami bahwa dia juga bisa tampil lepas dan tersenyum bebas dengan cantiknya.

 Nila's "photo finish" - smile like a sunshine

Dan posisi teratas yang mungkin mengejutkan untuk sebagian besar fans adalah Riau. Ada sejumlah aalsan yang membuat kami memilih Ayya untuk menjadi juara. Dari segi wajah, dia adalah salah satu kontestan tercantik tahun ini, bukan hanya di foto tetapi juga sehari-harinya. She has a celebrity face! Dia juga memiliki postur tubuh yang bagus dan cukup tinggi. Perpaduan keduanya merupakan modal awal yang bagus untuk memoles Ayya menuju ajang dunia sekelas Miss Universe. Selain itu, Ayya juga punya packaging yang komersil dan disukai produser sehingga bisa diolah untuk ke depannya untuk terjun ke dunia entertainment sebagai  presenter, bintang film atau artis sinetron. Keunggulan Aya yang lain adalah latar belakang pendidikannya sebagai mahasiswi jurusan kedokteran, kepribadiannya yang tenang, dan penampilannya yang selalu konsisten, tidak pernah terlihat kuyu, kusam atau kusut. Dengan penampilan georgeous-nya dan ke konsistenannya Ayya juga bisa menjadi Duta program-program YPI yang menawan dan menjadi magnet agar orang memperhatikan dia. Dan yang terpenting, kami merasakan aura seorang Ratu, atau dalam hal ini Puteri, dari diri Ayya, sebagaimana tampak di "photo finish"-nya berikut ini.

Ayya's "photo finish" - very regal and queenly, don't you think so?

Maka inilah daftar wishlist kami untuk juara Puteri Indonesia 2013 beserta semua alasannya. Meskipun waktu persiapan tahun ini tidak panjang, namun bila ditangani dengan serius dan tepat oleh pihak YPI, kami percaya bahwa nama-nama di daftar favorit ini akan mampu memberikan penampilan yang baik di ajang internasional. Apakah wishlist kami ini nantinya akan sama dengan pilihan juri? Just wait and see ....


Special thanks to Fadly Ulum for the Leaderboard :)
1 Komentar di Blogger

1 comments:

kascakep.com mengatakan...

prediksi yg sangat meleset,dr awal sumbar sangat diunggulkan dr berbgai aspek,ibrat pepatah xmantn,jauh panggangan dr api

 
Toggle Footer