Rabu, 30 Januari 2013

Wawancara IP dengan Gina Virginia Rachmadana, wakil Bangka Belitung di ajang Puteri Indonesia 2012/2013. Enjoy the interview after the jump! 


Biodata

Nama : Gina Virginia Rachmadana (Gina)
Tempat / Tanggal Lahir : Pangkalpinang  / 7 April 1991
Tinggi : 172 cm
Prestasi:
- Juara III Tari Kreasi Melayu Hut RI ke-62 Kota Pangkalpinang 2007
- Juara III Model Pengantin Rivera 2009
- Juara II Puteri Harley Davidson 2011
- Puteri Indonesia Bangka Belitung 2012


1 Ceritakan tentang siapa diri Anda termasuk pendidikan dan kegiatan terakhir Anda sehari-hari.
Saya adalah anak pertama dari 3 bersaudara. Saya dilahirkan dan dibesarkan di Pangkalpinang dalam keluarga yang sederhana. Di dalam keseharian saya mengisi waktu luang dengan freelance seperti usher dan model dalam berbagai event besar didaerah, dan juga saya sering menjadi Tour Leader dalam Kegiatan Tour pada usaha travel dan tour yang baru dibuka bersama teman saya. Dengan menjadi tour leader saya bisa menyalurkan hobi travelling saya dan sekaligus saya bisa lebih mengenal potensi daerah saya serta mengembangkan dan memperkenalkan tempat-tempat tujuan wisata yang dimiliki daerah saya pada wisatawan lokal dan luar negeri. Pada saat ini saya sedang menyusun skripsi dan mempersiapkan diri untuk karantina Puteri Indonesia.

2 Dapatkah Anda menceritakan sesuatu yang begitu menarik atau unik tentang Anda?
Sejak kecil saya ingin menjadi seorang wanita yang memiliki kemandirian. Ingin memiliki uang jajan dari hasil usaha sendiri, Misalnya saja, di rumah saya dulunya adalah pohon jambu air yang berbuah sangat banyak dan besar. Pada saat itu saya berpikir bagaimana caranya agar jambu-jambu yang dihasilkan pohon tersebut tidak terbuang sia-sia maka saya membuat manisan jambu menjadi es. Saya jual dititipkan di toko uang yang terkumpul pun saya tabung untuk mendapatkan apa yang saya inginkan tanpa harus meminta dari orang tua saya. Hingga sekarang pun saya berusaha untuk menerapkan kemandirian didalam diri saya dengan berbagai usaha dan memanfaatkan peluang yang ada selagi saya masih muda dan tujuannya adalah positif.

3. Mengapa Anda ingin mengikuti Puteri Indonesia? Apa tujuan Anda?
Saya mengikuti ajang ini awalnya adalah karena saat melihat acara ini ditayangkan di TV saya selalu bergumam dalam hati, kapan saya bisa berada disana menjadi bagian dari finalisnya. Tepat pada usia saya 21 tahun saya rasa adalah waktu yang tepat bagi saya untuk mewujudkan keinginan itu. Saya ingin belajar dan mendapatkan berbagai pengalaman dalam hidup saya untuk menjadi remaja yang aktif dan terus berkembang. Melalui ajang pemilihan Puteri Indonesia merupakan wadah yang tepat untuk memperkenalkan, mempromosikan, dan memajukan daerah saya Bangka Belitung.


4. Sebutkan diri Anda dalam 5 kata.
Independent, confident, simple, honest, friendly.

5 Siapa Alumni Puteri Indonesia favorit Anda? Kenapa memilih dia?
Artika Sari Devi. Karena beliau adalah Puteri Indonesia dari Bangka Belitung yang memiliki 3B. mengharumkan nama Indonesia ke kancah internasional dgn personality yg dimiliki nya serta prestasinya yang mengaggumkan.

6 Pengalaman positif apa yang pernah Anda alami dan bisa dibagi kepada kita untuk menjadi inspirasi?
Menjadi Puteri Indonesia Bangka Belitung merupakan wujud dari mimpi besar dan keinginan dalam hidup saya. Melalui pengalaman positif ini saya berusaha untuk meningkatkan kualitas diri agar saya bisa berbagi pengalaman saya yang dapat memotivasi adik-adik saya, teman-teman saya, juga kepada generasi muda lainnya.

7 Apakah kutipan atau kata-kata bijak favorit Anda?
Lakukan apa yang kamu suka, dan sukai apa yang kamu lakukan.


8 Sebutkan 3 tempat wisata yang paling Anda rekomendasikan dari provinsi Anda, jelaskan apa keunikannya.
1. Pulau Lengkuas, sebagai ikon dari Pulau Belitung. Pulau Lengkuas memiliki keindahan laut dan pantainya yang berpasir putih juga dikelilingi batu granit besar. Di pulau ini ada kolam bidadari disebut kolam bidadari karean bebatuannya yang berbentuk seperti kolam dan didalam air nya yg jernih banyak terdapat ikan-ikan kecil. Selain itu kita juga bisa menemukan peninggalan bersejarah dari masa penjajahan belanda seperti sebuah makam seorang belanda yang pernah tinggal dipulau lengkuas, juga ada sebuah mercusuar yang terdiri dari 18 lantai didirikan pada tahun 1882. Setiaqp pengunjung yang dating kepulau ini mereka banyak menghabiskan waktu untuk memancing, snorkeling dan piknik sembari menikmati indahnya panorama pulau lengkuas dan pulau disekitarnya. Seperti Pulau Burung yang pernah dijadikan sebagai lokasi sytuting film The Philosopher.
2. Pantai Tanjung Tinggi Pantai ini terdapat di Pulau Belitung, pantai ini memiliki batu granit raksasa, pasir putih dan pepohonan yang menambah indah pantainya yang berbentuk seperti teluk. Pantai ini adalah icon di kabupaten Belitung yang pernah dijadikan tempat syuting Film Laskar Pelangi dan Laskar Pemimpi. Karena pemandangan dan pantainya yang bersih menjadikan pantai ini tujuan favorit bagi para wisatawan lokal maupun internasional.
3. Pantai Parai yang dapat ditempuh dengan jarak tempuh 45 menit dari kota Pangkalpinang.Pantai Parai ini telah menjadi ikon Pulau Bangka karena pemandangannya yang sangat indah, di sini juga terdapat resort bintang 4 di Pulau Bangka. Pada pagi hari kita bisa melihat sunrise dari tepi pantainya. Pasir putih dan batu granit nya menambah keeksotisan pantai ini. Di Parai ini juga terdapat kumpulan batu granit yang dinamakan Rock Island dan disini kita bisa menghabiskan waktu dengan barbeque.

9 Apa oleh-oleh dan souvenir yang Anda sarankan jika ada orang berkunjung ke propinsi Anda? 
Rusip adalah ikan teri yang telah difermentasikan sebagai pengganti sambal untuk disantap dengan lalapan. Kecalok adalah udang rebon yang telah di fermentasikan sebagai pengganti sambal untuk disantap dengan lalapan. Terasi adalah udang rebon yang diolah menjadi bumbu penyedap pada beberapa macam masakan sayuran dan juga bisa digunakan untuk penyedap dalam sambal. Selain itu banyak pula getas, kericu, kemplang, kerupuk, siput gonggong, madu pahit, lempuk cempedak, bong li piang, dan kain tenun Cual.

10 In your opinion, what makes a woman, a woman?
Menurut saya, seorang wanita disebut seorang wanita adalah karena kepribadian yang dimilikinya, kemampuannya sebagai seorang wanita sesuai dengan kodrat dan takdirnya, kelembutannya, berbudi luhur, berakhlak baik, kecantikan yang dari hatinya serta bagaimana caranya memanfatkan sebaik mungkin kelebihan yang dimilikinya dan keistimewaan dari Tuhan untuk seorang Wanita.


11 Jika Anda terpilih sebagai Puteri Indonesia dan akan mewakili Indonesia ke Miss Universe, apa yang ingin Anda ubah dan kembangkan dari diri Anda?
Saya akan lebih meningkatkan kualitas baik dari dalam diri saya serta mengembangkan potensi dan kemampuan yang saya miliki. Menjadi diri sendiri adalah pilihan yang baik untuk saya agar tetap memiliki jati diri sebagai seorang wanita Indonesia. Karena Indonesia dapat tercermin dari seorang Puteri Indonesia.

12 Apa hal yang membuat Anda senang, ceria, bahagia, penuh motivasi, walau dalam suasana penat rutinitas sekalipun?
Hal yang sering saya lakukan diluar rutinitas saya, saya sangat senang menghabiskan waktu untuk berkumpul dengan keluarga saya. Bersenda gurau , berbagi cerita dengan adik-adik saya dan keluarga adalah quality time yang saya miliki untuk melepaskan penat dari rutinitas yang saya miliki.

13 Anda pilih ambisi atau motivasi? Berikan alasannya.
Motivasi karena dengan motivasi yang dimiliki saya memiliki tujuan, alasan yang kuat dan arah yang tepat untuk mewujudkan apa yang saya inginkan demi masa depan saya agar lebih baik.



Terima Kasih kepada Gina atas kesempatan dan kesediaan wawancaranya dengan Indonesian Pageants

Gabung di Facebook IP di facebook.com/indonesianpageants
dan follow Twitter IP di @indopageants
1 Komentar di Blogger
 
Toggle Footer