Kamis, 24 Januari 2013

Wawancara IP dengan Novia Mamuaja, wakil Sulawesi Utara di ajang Puteri Indonesia 2012/2013. Enjoy the interview after the jump! 


Biodata

Nama : Novia Indriani Mamuaja (Novia)
Tempat / Tanggal Lahir : Manado  / 9 November 1994
Tinggi : 170 cm
Prestasi:
- Miss SMP Don Bosco Manado 2009
- Putri SMA Rex Mundi Manado 2010
- Paskibraka Nasional 2011
- Nona Manado 2012
- Runner Up I Noni Manado 2012



1 Ceritakan tentang siapa diri Anda termasuk pendidikan dan kegiatan terakhir Anda sehari-hari.
Saya lahir dari ayah yang luar biasa Einstein Mamuaja dan bunda terbaik di dunia Olga Pangkerego. Mempunyai seorang kakak Juanda Mamuaja, yang selalu melindungi saya dari kecil. Saat ini saya berkuliah di Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi, Manado semester pertama. Cita-cita saya adalah menjadi pengacara yang baik nantinya. Saat ini saya sedang menggeluti hobby saya menari dan berhasil masuk di tim kesenian provinsi Sulawesi Utara.

2 Dapatkah Anda menceritakan sesuatu yang begitu menarik atau unik tentang Anda?
Saya sangat suka memegang hewan yang mungkin menakutkan bagi banyak orang, yaitu ular. Selain itu saya juga gemar mengoleksi boneka serta semua barang yang berunsur Mickey dan Minnie Mouse serta tidak lupa, saya penggila tim Manchester United.

3. Mengapa Anda ingin mengikuti Puteri Indonesia? Apa tujuan Anda?
Saya awalnya tidak berpikir untuk mengikuti Puteri Indonesia di tahun ini, tapi pada saat hari karantinanya saya dihubungi dinas Pariwisata Sulawesi Utara yang meminta saya untuk mengikuti Puteri Indonesia Sulawesi Utara dilaksanakan. Saya sempat merasa kaget juga karena tidak sempat membawa persiapan apa-apa untuk karantina dan langsung mengikuti karantina tersebut sampai pada akhirnya saya terpilih menjadi perwakilan provinsi saya. Namun saya percaya tidak ada sesuatu hal yang kebetulan, semua sudah diatur oleh Tuhan, oleh karena itu pada saat karantina di Sulawesi Utara saya melakukan yang terbaik yang bisa saya lakukan, dan saya akan mengulangi bahkan lebih memaksimalkan semua kemampuan saya di Jakarta nanti.


4. Sebutkan diri Anda dalam 5 kata.
Berkat, muda, berani, supel, dan penyayang.

5 Siapa Alumni Puteri Indonesia favorit Anda? Kenapa memilih dia?
Tanpa melihat kesalahan yang dibuat Angelina Sondakh saat ini, dia tetap menjadi favorit saya karena dulu dia berhasil membanggakan nama Sulawesi Utara dan mampu menunjukkan bahwa dia bisa dan layak untuk menjadi Puteri Indonesia.

6 Pengalaman positif apa yang pernah Anda alami dan bisa dibagi kepada kita untuk menjadi inspirasi?
Pada saat saya mengikuti karantina paskibraka, saat itu saya latihan setiap hari sebagai pembawa baki. Singkat cerita pada tanggal 17 Agustus saya diganti menjadi pendamping pembawa baki tepatnya dibelakang pembawa baki. Jujur saat itu saya sangat sedih dan kecewa karena saya tidak menyangka posisi saya akan terganti. Namun karena moment itu saya belajar untuk menerima dan melakukan tugas saya sebagai pendamping pembawa baki dengan baik. Menjadi nomor dua bukanlah suatu kegagalan, namun suatu pembentukan karakter yang akan membuat kita lebih ikhlas dan lebih bijaksana dalam menjadi hidup ini. Menjadi juara bukanlah harus membawa pulang mahkota namun dengan melakukan yang terbaik yang bisa kita berikan berarti kita telah memiliki karakter pemenang :)

7 Apakah kutipan atau kata-kata bijak favorit Anda?
What doesn't kill you makes you stronger


8 Sebutkan 3 tempat wisata yang paling Anda rekomendasikan dari provinsi Anda, jelaskan apa keunikannya.
Sulut mempunyai banyak sekali tempat wisata yang sangat indah dan menarik. Namun yang saya rekomendasikan adalah Pulau Siladen yang memiliki pemandangan pantai yang indah beserta dunia bawah laut yang menakjubkan. Yang kedua adalah air terjun Tunan yang berada di Minahasa Utara, air terjun ini berada di dalam hutan yang membuat air terjun ini sangat unik karena kita berjalan kaki dengan mendapatkan udara segar dan pemandangan hutan yang masih sangat segar. Yang ketiga adalah Monumen Tuhan Yesus Memberkati yang menjadi simbol Kota Manado, dimana dibuat patung Tuhan Yesus yang senantiasa memberkati Kota Manado

9 Apa oleh-oleh dan souvenir yang Anda sarankan jika ada orang berkunjung ke propinsi Anda? 
1. Kue Klapertart
2. Kacang Goyang
3. Nasi kuning Kampung Kodo

10 In your opinion, what makes a woman, a woman?
In my opinion, what makes a woman, a woman because we can sense something deeper than what can be perceived by men. we understand things with our heart not with our brain. And we care about something more than a man do.


11 Jika Anda terpilih sebagai Puteri Indonesia dan akan mewakili Indonesia ke Miss Universe, apa yang ingin Anda ubah dan kembangkan dari diri Anda?
Apabila saya menjadi Puteri Indonesia otomatis saya akan menjadi contoh bagi puteri-puteri yang ada Indonesia, oleh sebab sudah seharusnya saya memaksimalkan semua kemampuan dan talenta yang Tuhan berikan dalam hidup saya agar dapat menjadi motivasi dan contoh yang baik bagi semua wanita yang ada di Indonesia bahkan di seluruh dunia.

12 Apa hal yang membuat Anda senang, ceria, bahagia, penuh motivasi, walau dalam suasana penat rutinitas sekalipun?
Dengan mengingat semua orang yang terlahir cacat dan tidak berkeluarga membuat saya termotivasi untuk tetap senang, ceria, dan penuh motivasi. Karena dengan hidup mereka yang berkekurangan tidak membuat mereka mengakhiri hidup mereka, apalagi kita yang kebetulan diberikan berkat terlahir dalam keadaan tidak cacat. Itu selalu membantu saya kembali semangat saat penat dengan rutinitas saya sehari-hari dan mencoba untuk terus bersyukur dalam segala aspek hidup ini.

13 Anda pilih ambisi atau motivasi? Berikan alasannya.
Saya memilih motivasi, karena motivasi membuat kita akan melakukan sesuatu lebih baik dari yang dilakukan orang lain. Berbeda dengan ambisi yang akan melakukan segala sesuatu walaupun dengan cara yang negatif, motivasi berarti melakukan sesuatu dengan kiat-kiat yang positif dan yang akan selalu bangkit walaupun sempat jatuh.

Terima Kasih kepada Novia atas kesempatan dan kesediaan wawancaranya dengan Indonesian Pageants

Gabung di Facebook IP di facebook.com/indonesianpageants
dan follow Twitter IP di @indopageants



2 Komentar di Blogger

2 comments:

frisaldy mengatakan...

Go Novia! #BringBackTheCrown

reSambuaga mengatakan...

Novia we love you :*
#BringBackTheCrown

 
Toggle Footer