Sabtu, 25 September 2010

By Ferriyanto Lim & Nursasongko

Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk mengenal lebih dekat para Puteri yang akan bertanding untuk memperebutkan mahkota Puteri Indonesia 2010. Dengan adanya thread ini diharapkan ita semua dapat mengenal kepribadian para Puteri-Puteri daerah tersebut. Sebab, kecantikan tidak hanya terpancar dari paras ayu dan bentuk tubuh saja..
Kecantikan juga terpancar dari cara seorang wanita berbicara dan bertutur kata...

Another Queen of our Capital City ... DKI JAKARTA 3


1. Ceritakan tentang siapa diri anda?
Nama saya Aisya Adiputri dengan nama panggilan Aisya. Lahir di Jakarta, 12 Mei 1988, anak terakhir dari tiga bersaudara. Saya memiliki interest di bidang Public Relations, modeling, presenting dan beauty attitude seperti make up dan styling. Saya mengenal diri saya sebagai seorang yang perfeksionis, optimis dalam menghadapi masa depan, percaya diri dan selalu ingin mencoba hal baru. Banyak hal yang ingin saya coba dan cari tahu, dan salah satu hal yang belum sempat saya lakukan adalah traveling keliling dunia yang menjadi salah satu impian saya.

2. Apa profesi anda saat ini?
Saat ini saya baru menyelesaikan kuliah saya pada Fakultas ilmu sosial dan politik(FISIP) jurusan komunikasi yang berkonsentransi pada Public Relation dengan gelar S1 Sarjana sosial di Universitas Pelita Harapan, karawaci. Selain itu aktivitas utama saya yg kedua adalah di bidang modeling selama kurang lebih 8 tahun saya menjalani di karir di bidang modeling yang dimulai dari 14 tahun pada saat remaja sampai saat ini (22tahun)yang berprofesi sebagai model majalah, fashion show dan iklan produk, dimana saya sempat tergabung pada salah satu model agency ternama d indonesia. Aktivitas saya yang ketiga adalah saya juga mengelola bisnis keluarga di bidang fotografi yaitu ARS Studio photography & studio. Saya mengelola sebagai PR dan marketing sekaligus mengurus bagian HRD di ARS Studio.

3. Apa saja prestasi anda yang pernah anda raih?
Di bidang modeling yaitu Juara 3 Model Kawanku 2002,Finalis Cosmogirl Faces 2004,Finalis Model seventeen 2005 (sebagai model majalah, fashion show dan model iklan beberapa produk). Di bidang lainnnya juara 2 cheerleader competition bulungan Cup dan juara harapan 3 indonesian cheerleading serta menjuarai beberapan pertandingan basket sebagai tim inti.

4. Jika anda dapat melakukan perjalanan waktu dan tempat , siapa yang ingin bertemu dan mengapa?
Saya mempunyai impian untuk bisa melakukan perjalanan ke inggris untuk bertemu lady Diana di kerajaan inggris yang sangat megah beserta keluarganya. Andai saja Lady Diana masih hidup sampai saat ini dan saya memilki kesempatan secara cuma-cuma sebagai orang yang beruntung untuk bertemu dan berbicara secara personal dengan seorang putri raja yang dikenal d seluruh penjuru dunia. Saya ingin bertemu dengan Lady Diana karena Lady Diana adalah seorang sosok wanita cantik, kuat, cerdas, mandiri dan berkepribadian baik yang memilki hati yang sangat mulia. Di mata dunia. Padahal ia adalah seorang putri yang sangat kaya raya dan dihormati dan dikagumi semua orang d penjuru dunia. Tapi kebaikan dan jasanya yang selalu dikenang di hati orang-orang. Ia sosok wanita yang low profile dam selalu ingin bersosial dan memiliki kepedulian yang angat tinggi kepada anak2 cacat, kurang mampu, dan anak-anak kecil. Apalagi Lady Diana memilki background sebagai guru tk anak-anak serta memberikan pengaruh yang sangat patut dijadikan inspirasi untuk para wanita sebagai generasi penerus. Ia adalah salah satu role model saya yang sangat saya kagumi.

5. Jika anda memilki kesempatan untuk memilih antara penawaran kerja dan beasiswa pendidikan. Mana yang anda pilih?
Saya akan memilih untuk mengambil program beasiswa pendidikan. Karena menurut saya mendapatkan beasiswa pendidikan merupakan kesempatan emas yang belum tentu datang dua kali.Selain itu saya dapat memanfaatkannya dengan menambah pengetahuan dan wawasan serta mendapat gelar yang lebih meningkat dengan fasilitas beasiswa. Hal ini sangat positif untuk pengembangan sumber daya diri saya. Jika keputusan untuk bekerja dapat dilakukan setelah saya mengambil beasiswa terlebih dahulu, karena kesempatan kerja masih bisa dicari dengan background pendidikan yang lebih baik lagi sebagai bekal dan dasar untuk melanjutkan bekerja.

6. Apa pelajaran masa kanak-kanak anda yang masih mempengaruhi kehidupan nyata anda saat ini?
Sejak kecil saya di didik oleh keluarga saya yaitu norma kesopanan yng tinggi ditanamkan keluarga saya. Dengan perilaku selalu sopan dan ramah terhadap siapapun orang terutama orang yang lebih tua dan saya diharuskan bermain dan bergaul dengan orang tanpa harus memilih milih mana yang kaya atau cantik tetapi harus sama rata dengan semuanya. Kehidupan sosial selalu saya liat sejak kecil dari background dan kebiasaan keluarga untuk selalu berbagi terhadap sesama disaat kita susah maupun senang. Hal ini tertanam sampai saya menjadi wanita dewasa saat ini, berilaku dan tingkah laku saya pun terbentuk sebagaimana saya dulu tumbuh pada lingkungan yang penuh dengan norma/aturan dan kehidupan sosial yang tinggi. Saya merasakan dampak positif sekarang pada saat saya berinteraksi dengan orang banyak dan akan saya terapkan kepada anak saya pada nantinya jika sudah berkeluarga.



7. Dapatkah anda katakan sesuatu yang begitu menarik atau unik tentang Anda?
Saya adalah orang yang suka berimajinasi tinggi dan suka menirukan sesuatu hal yang menurut saya menarik. Karena saya suka berimajinasi, maka saya berfikir bahwa imajinasi itu suatu saat nanti akan menjadi kenyataan di hidup saya. Hal itu dimulai dari cita-cita saya sampai dengan dalam proses menemukan pasangan hidup. Semua imajinasi saya pernah saya tulis di sebuah diary dan saya praktekkan pada kehidupan sehari-hari. Misalnya, ketika saya kecil saya suka bermain boneka Barbie. Saya membayangkan bahwa pada saat saya besar saya harus seperti sosok Barbie yang multitalented dan memiliki cita-cita sebagai seorang public relations pada saat saya smp. Hal itu membuat saya memilki ambisi untuk menjadi seorang wanita yang cantik dan smart. Maksudnya adalah memililiki banyak keahlian dan sisi positif yang ditampilkan. Terkadang saya mempraktekkan tingkah laku boneka Barbie dengan bahasa inggris dan menunjukkan keahlian saya dihadapan keluarga saya. Maka saya melihat sesuatu yang unik karena sebuah imajinasi dari sebuah boneka Barbie yang memberikan gambaran dan cita-cita yang positif di masa depan. Tidak ada manusia yang sempurna, tetap bukan suatu kesalahan jika manusia selalu ingin menunjukkan sisi kesempurnaanya. Hal ini mrupakan sesuatu yang unik yang selalu saya ingat.

8. Jika anda dapat bertukar tempat dengan orang lain selama seminggu, siapa orang itu dan mengapa?
Saya ingin menjadi Donald Trump. Siapa yang tidak ingin seperti dia? Seseorang yang memiliki kekayaan yang melimpah (masuk kedalam daftar salah satu orang terkaya di dunia), ia juga pintar, dan memiliki berjuta ide dalam usahanya, serta telah membangun banyak orang-orang yang pernah bekerja dengannya, Donald Trumph is a great “creator”. Salah satu ajang bergengsi tingkat internasional berkaitan dengan kontes kecantikan adalah Kontes Miss Universe yang sangat mendunia.

9. Siapa perempuan yang paling anda kagumi?
Saya membayangkan untuk bisa menjadi seorang Coco Chanel. Dia adalah seorang perancang model revolusioner dan pembuat parfum terkenal di dunia. Salah satu inovasi yang terkenal adalah Chanel No. 5. Dengan usaha dan kerja kerasnya pada awal kariernya hanyalah seorang penjahit yang bekerja untuk orang lain dan menggunakan kesempatan dan bakat yang ia miliki hingga namanya mendunia, siapa wanita di dunia yang tidak kenal dengan nama yang dikenal dengan brand Channel. Melalui inovasi dan hasil karyanya mulai dari parfume, tas, pakaian sampai asesoris rancangannya yang selalu dikenang dan dihargai oleh masyarakat d seluruh dunia. Brand Channel telah tersebar di seluruh dunia. Banyak pelajaran yang bisa menjadi inspirasi dari seorang coco channel.

10. Apa hal yang terbaik yang telah saya pelajari dalam kontes kecantikan?
Banyak hal yang saya pelajari dari sebuah kontes kecantikan adalah bagaimana seorang wanita memiliki dan mengasah 3 B dalam dirinya yaitu Beauty, brain, dan behaviour yang menjadi penilaian utama yang medasar dari sebuah kontes kecantikan. Tiga hal tersebut menjadi suatu kelebihan yang dimiliki oleh wanita yang perlu ditunjukkan sebagai suatu kelebihan yang positif. Karena setiap wanita memiliki keahlian dan keunikan masing-masing. Tidak hanya cantik saja tapi seorang wanita harus memilki kecerdasan dalam ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas serta dilengkapi dengan pribadi yang baik. Hal ini tidak semua dimiliki oleh para wanita. Dari sebuah kontes kecantikan kita bisa menambah pengetahuan dan wawasan mengenai ilmu-ilmu baru yang didapat dari sesama kontestan pada saat karantina. Yang belum pernah didapat sblmya mulai dari budaya, bahasa, dan informasi lainnya. Proses ini dapat menjadi sebuah pengalaman dan pembelajaran yang memiliki nilai tersendiri bagi para wanita yang memiliki criteria tersebut.

11. Beritahu kami sesuatu yang menarik tentang kota dan propinsi anda yang mungkin orang-orang ingin tahu?
Jakarta adalah kota yang memeberikan suatu harapan. Dimana setiap individu yang tinggal di Jakarta berlomba-lomba untuk mendapatkan keinginannya seperti mencari nafkah,berkarir,berbisnis. Dengan berbgai konflik dan keanekaragaman, konflik sosial,kemacetan, permasalahan tata kota lainnya. Bagi penduduk jakarta, hal tersebut merupakan suatu kebiasan dlm kehidupan sehari-hari. Bukan merupakan suatu hambatan dalam mencapai harapan dan tujuannya. Selain itu jakarta juga kota yang memiliki keanekaragaman yaitu atau Jakarta is city in diversity. Karena seluruh masyarakat dengan latar belakang budaya yang berbeda berkumpul di Jakarta dan mereka saling berbagi bertukar nilai dan norma budya satu sama yang lain yang membentuk suatu kebiasaan bersama yg dilakukan di Jakarta.


12. Apa yang orang lain dapat pelajari dari diri anda?
Saya memandang diri saya dengan melihat kekurangan dan kelebihan yang saya milki. Saya melihat diri saya sebagai orang yang mau belajar dari pengalaman diri sendiri dan orang lain. Saya juga belajar dari kegagalan dalam hidup saya yang membuat saya tumbuh menjadi wanita yang kuat dan mandiri. Menjadi seorang wanita harus menjadi serbabisa dalam berbagai hal, karena wanita tidak boleh tergantung dalam melakukan sesuatu dan bisa menjadi independent dalam situai terdesak. Sifat saya selalu ingin mencoba hal baru yg menarik dan positif membuat saya selalu ingin mencapai atau mewujudkan keinginan cita-cita dan harapan saya yang disertai dengan usaha dan doa. Karena dengan dua hal itu maka keyakinan, optimis, dan percaya diri pun akan tumbuh dalam diri kita.

13. Apa kutipan pribadi anda atau moto hidup yang anda sukai?
Isilah hidup kita dengan sesuatu yang bermanfaat dan melakukan sesuatu dengan fokus, tekun, dan konsisten terhadap apa yang kita geluti sampai mencapai prestasi. Di daam kitab suci al- quran terdapat ayat yang mengatakan “ belajarlah sampai ke negri cina” maksudnya carilah ilnu, wawasan dan terus mencari pengalaman smp ke negri cina. Karena orang cina itu sernabisa dalam memetik ilmu kehidupan. Dengan mengukir prestasi,Suatu saat hal itu akan menjadi suatu kenangan yang tak terlupakan dalam hidup kita.

14. Apa rahasia kecantikan terbaik anda?
Rahasia kecantikan yang terpenting adalah beribadah dan berbuat baik dan ramah terhadap orang sekitar, agar pancaran inner beauty seorang wanita terlihat dari hati yang tulus. Selebihnya merawat diri secara natural agar tetap bersih dan cantik.

15. Bagaimana anda melihat diri anda 10 tahun dari sekarang?
Saya melihat diri saya 10 tahun dari sekarang adalah saya akan menjadi seorang ibu yang memilki anak-anak yang lucu dan suami yang saya cintai dengan membangun keluarga yang bahagia. Serta saya tetap beraktifitas di bidang modeling dan berkarir pada bidang yang saya geluti dan juga menjalani usaha bisnis di bidang kecantikan sebagai bussines woman seperti spa beauty treatment, wedding oranizer, atau fashion consultant. Tetapi tetap keluarga adalah prioritas hidup saya.

Special thanks to Aisya Adiputri yang sudah menyediakan waktu untuk interview ini. Semoga sukses di PI 2010!
0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer