Kamis, 16 September 2010

By Ferriyanto Lim & Nursasongko

Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk mengenal lebih dekat para Puteri yang akan bertanding untuk memperebutkan mahkota Puteri Indonesia 2010. Dengan adanya thread ini diharapkan ita semua dapat mengenal kepribadian para Puteri-Puteri daerah tersebut. Sebab, kecantikan tidak hanya terpancar dari paras ayu dan bentuk tubuh saja..
Kecantikan juga terpancar dari cara seorang wanita berbicara dan bertutur kata...

Let's meet one of the Capital girls this year .... DKI JAKARTA 2


1. Ceritakan tentang siapa diri anda !

Nama saya Okki Rianayu Anjani. Silahkan panggil saya Okki. Saya anak kedua dari tiga bersaudara. Papa saya DR. Ir. H. Muhammad Murdjani Msc dan Mama saya Drg. Anna Reni Retnawati. Saya lahir di Solo, Jawa Tengah pada tanggal 25 Oktober 1987. Saya sangat bersyukur lahir ditengah-tengah keluarga yang sangat demokratis. Walau papa dan mama saya berbeda agama dan budaya, tetapi toleransi diantara beliau berdua sangat tinggi. Papa saya berasal dai Lombok, Nusa Tenggara Barat dan beragama Islam. Mama saya dari Yogyakarta dan memiliki darah Manado dan beragama Katholik. Perbedaan menjadikan semua yang berjalan dirumah saya begitu penuh warna, dinamis, dan indah.

Oya, kakak saya Yulia Arum Anjani, SSi, M.Si berusia 28 tahun dan sudah menikah dan adik saya Dio Yanur Perwira sekarang masih duduk dibangku kelas 5 SD. Jarak yang cukup jauh memang, tapi dia betuil-betul adik yang sangat lucu . Saya dan saudara memeluk agam Islam. Walau mama saya sendiri beragama katolik, tapi itu tidak pernah mengurangi rasa hormat dan toleransi kepada mama untuk memeluk agama sesuai dengan keyakinannya. Begitu juga sebaliknya. Mama sangat medukung dan menghormati kami semua.
Pekerjaan papa sebagai PNS dei Dept. Kelautan Perikanan menyebabkan kami sekeluarga harus sering pindah tempat tinggal. Saya pernah tinggal di Lampung, Jepara, Situbondo, Malang, Surabaya dan hingga akhirnya kami sekeluarga menetap di Jakarta. Saya menyadari betul karakter saya yang mudah beradaptasi, mandiri dan cepat bergaul ini dikarenakan beragamnya budaya di keluarga besar saya, dan pengalaman saya pindah-pindah ke berbagai daerah

2. Apa profesi anda saat ini (bekerja atau kuliah dimana) ?
Setelah selesai menyelesaikan pendidikan S1 saya di Program Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga, saya bekerja sebagai public relatiosn di salah satu anak perusahaan Jawa Pos PT Temprina Media Grafika selama kurang lebih 6 bulan. Namun karena orang tua saya pindah ke Jakarta dan menghendaki saya untuk ikut pindah (karena saya kost dari SMA hingga kuliah S1 jadi total saya berpisah dengan orang tua kira-kira 7 tahun) akhirnya saya pindah ke Jakarta pada bulan Januari 2010. Dan saat ini saya tercatat sebagai mahasiswa semester 1 program S2 Magister Manajemen Pemasaran di Universitas Indonesia. Saya juga memiliki aktivitas sebagai model di Fame Management Indonesia

3. Apa saja prestasi anda yang pernah anda raih ?
Prestasi terakhir yang pernah saya raih adalah menjadi Puteri Indonesia perwakilan DKI 2 2010, Runner Up II Puteri Indonesia perwakilan Jawa Timur 2009, Semifinalis Wajah Femina 2009, Harapan I Miss Campus Jawa Timur 2008, Presenter dan reporter Sports News di JTV, dan menjadi Peserta Pertamina Youth Program 2008.


4. Jika Anda dapat melakukan perjalanan waktu dan tempat, siapa yang Anda ingin bertemu dan mengapa?
Ada dua orang dalam hidup saya yang paling ingin saya temui. Yang pertama adalah Opa saya dari pihak Mama, yaitu Alm. TH Said. Saya belum pernah bertemu dengan sosok beliau. Karena beliau telah meninggal sebelum saya lahir. Namun dari cerita Mama , Papa dan seluruh saudara saya yang pernah mengenal sosok beliau, Opa adalah orang yang sangat hebat. Opa adalah sosok yang sangat sabar, penuh cinta kasih, gemar menolong sesama. Saya yakin dan percaya itu karena Opa saya telah berhasil membesarkan dan mendidik anaknya, yaitu mama saya sebagai sosok yang juga sangat sabar, baik hati dan penuh cinta kasih kepada sesama.
Yang kedua sosok yang paling saya kagumi adalah Oprah Winfrey. Oprah adalah wanita yang benar-benar bisa menginspirasi sesama! Oprah memiliki kemampuan berkomunikasi dan memiliki daya juang yang tinggi. Salah satu aktivis perjuangan antikekerasan terhadap wanita dan diskriminasi ras menjadikan Oprah sebagai salah satu wanita paling berpengaruh di dunia. Saya sangat mengaguminya

5. Jika Anda memiliki kesempatan untuk memilih antara Penawaran Kerja dan Beasiswa Pendidikan, yang mana yang Anda pilih? Mengapa?
Tentu saja saya akan memilih tawaran beasiswa tersebut. Dalam proses belajar-mengajar akan banyak sekali yang bisa kita raih. Bukan saja teori, tapi juga berbagai soft skills dan berbagai kesempatan lainnya. Saat ini dunia kerja sangat kompetitif. Untuk menjadi sumber daya manusia yang mampu bersaing, kualitas pendidikan menjadi salah satu kunci utama.

6. Apa pelajaran masa kanak-kanak Anda yang masih mempengaruhi kehidupan nyata Anda saat ini?
Dari semua pelajaran yang pernah saya terima, pelajaran IPS terutama geografi dan ekstrakulikuler pramuka adalah yang paling banyak mempengaruhi kehidupan nyata saya. Dari pelajaran geografi saya bisa mempelajari dan membayangkan luasnya bumi kita ini. Terbagi menjadi 5 benua, dipecah lagi menjadi beberapa negara..dengan berbagai budaya, dan aspek sosial yang berbeda-beda…sungguh seru membayangkannya . Kita dapat menyadarii bahwa suku bangsa kita tidak sendirian, masih banyak yang lain diluar sana. Kita harus mengenyahkan pikiran sempit bahwa kita adalah yang terbaik,.. justru bangsa kita bisa belajar dari negara lain yang lebih maju…Makanya saya suka sekali membaca tentang keunikan-keunikan negara lain.


Dari SD hingga SMP, Pramuka adalah ekstrakulikuler favorit saya. Tingkatan saya terakhir adalah penggalang. Dan saya sangat aktif, karena saya selalu menjadi ketua regu. Aktif juga mengikuti persami dan jambore tingkat kabupaten dan provinsi. Yang saya sukai dari kegiatan pramuka ini adalah saya banyak belajar tentang nilai-nilai gotong royong, kemandirian, jujur, disiplin dan bertanggung jawab. Proses pembelajaran pramuka yang dekat dengan alam sungguh sangat seru. Mungkin juga, saya yang suka sekali bekerja dilapangan, berjumpa dengan banyak orang, dan say a juga termasuk tipe yang on time loh adalah salah satu manfaat darisaya ikut kegiatan pramuka.


7. Dapatkah Anda Katakan Sesuatu yang begitu menarik atau unik tentang Anda?
Saya wanita Indonesia yang mandiri, berpendidikan dan cerdas, sangat aktif, ramah, sangat cinta keluarga, mencintai sahabat-sahabat yang semuanya selalu mendukung saya, dan saya sangat pencinta binatang

8. Jika Anda dapat bertukar tempat dengan orang lain selama seminggu, siapa orang itu dan mengapa?
Saya tidak pernah ingin menukar diri saya dengan siapapun. Saya juga tidak pernah ingin menukar waktu dan tempat yang telah diberikan Tuhan kepada saya. Karena apapun yang saya peroleh dari Tuhan di masa lalu adalah sejarah yang berharga bagi kehidupan saya , dan apapun yang saya peroleh pada saat ini adalah ANUGERAH , dan begitu juga apapun yang akan saya peroleh dimasa depan adalah misteri dari Tuhan. Saya bangga bisa menjadi diri saya sendiri.


9. Siapa Perempuan yang paling Anda kagumi? Mengapa?
Perempuan yang paling saya kagumi di dunia ini adalah MAMA saya. Mama saya adalah sosok wanita yang tegar, tidak pernah satu pun keluhan saya dengar dari mulut mama saya…selalu kata-kata motivasi yang terucap. Itu semua ditujukan agar anak-anaknya tetap semangat untuk belajar. Walau mama saya menjadi minoritas dikeluarga kami, mama selalu ikhlas untuk menyiapkan segala keperluan ibadah kami, seperti menyiapkan sahur dan buka puasa. Satu ajaran yang selalu mama tekankan pada ketiga anaknya : Rangkullah orang yang jahat padamu. Dan pada saya dan kakak saya, anak mama yang perempuan..mama selau menekankan untuk selalu menjaga kehormatan kami sebagai wanita dan tetap menjadi wanita yang mandiri, pintar, namun tetap menjadi ibu yang baik bagi keluarga.

10. Apa hal terbaik yang telah Anda pelajari dalam suatu kontes kecantikan?
Pada hakekatnya kecantikan seorang perempuan terpancar dari kebaikan hatinya (inner beauty). Oleh sebab itu definisi cantik mempunyai kekuatan ‘tersendiri’, dalam arti setiap orang berhak menentukan definisi 'cantik' itu sendiri. Pelajaran yang terbaik yang bisa saya petik adalah menjadi diri sendiri. Semua wanita memiliki kecantikan fisik dan rohani yang berbeda-beda. Semuanya adalah Anugerah. Dengan menjadi diri sendiri, kita akan memahami betul apa potensi terbesar yang ada di dalalam diri kita. Dengan ketulusan hati dan rasa percaya diri aura kecantikan itu akan muncul dengan sendirinya.

11. Beritahu kami sesuatu yang menarik tentang kota dan propinsi Anda yang mungkin orang-orang ingin tahu!
Sebagai Ibu kota negara Indonesia, Jakarta menjadi muara mengalirnya pendatang baru dari seluruh penjuru Nusantara dan dunia. Oleh karena itu jika dilihat dari sisi budaya, Jakarta sangat kaya sekali. Suku betawai yang sangat unik mejadi representasi dari perkawinan ragam budaya tersebut. Sebagai Ibu kota negara, sejarah Jakarta berarti juga sejarah negara ini. Jakarta sebagai ibukota negara, pusat pemerintahan, kota internasional, dan berbagai predikat lainnya yang melekat pada reputasi dan nama baik Jakarta yang merepresentasikan citra Indonesia memiliki arti penting tidak hanya bagi warga Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia, tetapi juga bagi masyarakat dunia. Artinya, posisi Jakarta sangat strategis bagi usaha mengangkat keharuman Indonesia serta menjalin kerja sama budaya untuk memperkenalkan Indonesia ke pentas dunia.
Wajah Jakarta memang penuh kontras, antara kehidupan tinggi dan mewah bertaraf internasional dengan kehidupan di jalan yang serba darurat dan seadanya. Memang tingkat pengangguran, kriminalitas, ketidakteraturan dan macet pembangunan yang tidak teratur sehingga menyebabkan bajir sepanjang tahun telah mencoreng wajah Jakarta. Namun , nama baik Jakarta sebagai "Kota Wisata" berkembang cepat seiring dengan pertambahan sarana pariwisata baru, pusat-pusat hiburan, serta hotel dan restoran bertaraf internasional. Jakarta juga memiliki banyak tempat bersejarah dan warisan budaya. Pariwisata merupakan salah satu industri jasa yang pertumbuhannya paling cepat dan mempunyai banyak peluang untuk terus berkembang. Dengan terus meningkatkan beragam sarana. Jakarta semakin dapat menarik perhatian dunia untuk menyelenggarakan acara-acara internaional yang bergengsi. Berbagai macam sarana dan prasarana yang dibangun di kota Jakarta menunjukan bahwa Pemerintah berusaha untuk mensejajarkan Jakarta dengan kota-kota besar lainnya di dunia. So, ayo Enjoy Jakarta.


12. Apa yang orang lain dapat pelajari dari diri Anda?
Kemandirian, tidak pernah mengeluh, pekerja keras dan cintai apapun yang Tuhan berikan padamu

13. Apa kutipan pribadi Anda atau moto hidup yang Anda sukai?
You gain strength, courage, and confidence by every experience in which you really stop to look fear in the face. You must do the thing which you think you cannot do. (Eleanor Roosevelt)

14. Apa rahasia kecantikan terbaik Anda?
Keikhlasan dan jadilah manusaia yang selalu bersyukur

15. Bagaimana Anda melihat diri Anda 10 tahun dari sekarang?
Saya menjadi wanita Indonesia yang mandiri, bisa bekerja dan sukses dibidang yang saya cinta (marketing dan public relations) dan tentunya harus bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi lingkungan saya.

Special thanks to Okky Rianiayu Anjani yang sudah menyediakan waktu untuk interview ini. Semoga sukses di PI 2010!
5 Komentar di Blogger

5 comments:

Unknown mengatakan...

Okki keren!!!!!
I knew her since senior high school when she moved to my school.
I saw her personal and professional development, and YES! it's such a sustain improvement yet inspiring

Go Okki! you have my vote on you :) :)

Paramyta Hapsari mengatakan...

Good Luck Okky..

Tampilkan seperti apa adanya dirimu.

Semangat n terus berusaha...

wawan mengatakan...

Yang terpenting menjadi diri sendiri.Doa dari Kel.Banyuwangi,Situbondo,Malang menyertaimu..semoga sukses.

Hadi Verryanto mengatakan...

Hai Okky.
Smoga sukses ya.
Senang bisa mendengar dan melihatmu sejauh ini.
@Verry.

Unknown mengatakan...

bagus sih..kamu atraktif.. tapi kamu lil bit sombong, kurang ramah, n luwes... sorry but its true....

 
Toggle Footer