Selasa, 14 September 2010

By Ferriyanto Lim & Nursasongko

Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk mengenal lebih dekat para Puteri yang akan bertanding untuk memperebutkan mahkota Puteri Indonesia 2010. Dengan adanya thread ini diharapkan ita semua dapat mengenal kepribadian para Puteri-Puteri daerah tersebut. Sebab, kecantikan tidak hanya terpancar dari paras ayu dan bentuk tubuh saja..
Kecantikan juga terpancar dari cara seorang wanita berbicara dan bertutur kata...

We continue our adventure in Sumatera with ... BENGKULU


1. Ceritakan tentang diri anda!
Saya Seradona Altiria (20 tahun) biasa dipanggil Sera, anak kedua dari 3 bersaudara. Kakak Saya seorang perempuan cantik bernama Aleti Monarisa dan adik saya adalah jagoan kecil dikeluarga kami yang bernama Albarido Muhammad. Coba perhatikan nama kami, terdapat unsur “Al” di masing2 nama yg diberikan orang tua saya. Bukan karena itu adalah marga tapi karena ayah saya bernama Alexon.

Uniknya lagi, hanya saya yang diberikan nama berunsur “Al” yang terdapat ditengah. Penjelasan dari orang tua saya adalah karena saya memang sudah diprediksi menjadi anak tengah. Sungguh Lucu rasanya ketika saya setiap kali mengingat penjelasan dari ayah saya tersebut.^_^. Ibu saya bernama Tri Setyowinarni. Tidak adil bukan ketika di nama kami hanya terdapat satu unsur nama saja yang berasal dari nama ayah. Nah, coba perhatikan lagi, Seradona Altiria, Aleti Monarisa, Albarido Muhammad, Terdapat pula unsur nama dari nama ibu saya. Jadi intinya adalah nama saya, kakak,dan adik saya merupakan gabungan dari nama-nama anggota keluarga kami; kakek, nenek, ayah dan ibu. Harapan orang tua saya dengan menggabungkannya adalah agar kami bisa mewarisi sifat-sifat kebaikan dari mereka.

Ayah saya juga berkata bahwa kata “ria” dibelakang nama saya mempunyai arti agar dalam hidup ini apapun yang terjadi saya selalu ceria baik suka maupun duka. Saya sangat salut dengan nama pemberian dari orang tua saya. Hanya dari menggabungkan nama-nama anggota keluarga ternyata juga bisa menghadirkan rangkaian nama yang indah, Alhamdulillah. Bagaimanapun juga nama adalah sebuah doa yang orang tua kita berikan, jadi jangan pernah kita menjadikannya tidak berarti dalam hidup kita

I LOVE MY FAMILY
Saya sangat bersyukur dilahirkan ditengah-tengah keluarga yang harmonis. Keluarga saya adalah keluarga yang sudah terbiasa hidup sederhana. Kami juga bukan berasal dari keluarga yang kaya. Hidup kami tidak bergelimpangan barang-barang mewah. Ayah saya bekerja sebagai dosen universitas negeri di propinsi Bengkulu. Alhamdulillah, beliau baru saja menyelesaikan S3 pada bulan Juli 2010 lalu dan sekarang sudah menyandang gelar Doktor, semoga bisa sesegera mungkin menjadi Profesor,aammmiiin. Ibu saya bekerja sebagai karyawati BKKBN (Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional) Propinsi Bengkulu. Kedua orang tua saya adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dari kecil mereka selalu membimbing saya dengan sangat disiplin. Saya tidak pernah mendapatkan apa yang saya mau secara cuma- cuma. Ketika saya ingin mendapatkan sesuatu saya terbiasa harus melakukan kewajiban saya terlebih dahulu. Contohnya saja ketika saya meminta dibelikan handphone(hp) kepada orang tua. Beliau tidak langsung berkata “iya” dan membelikannya, tetapi mereka berkata “kalau mau handphone harus mendapat peringkat pertama dikelas dan masuk kelas unggul dulu”. Sewaktu SMP, saya memang belum pernah juara pertama, tapi sering masuk 10 besar. Mukjizatnya adalah sewaktu kelas 3 SMP di semester terakhir Alhamdulillah saya bisa mendapat juara pertama dan luar biasanya lagi saya bisa masuk kelas unggul di salah satu sekolah favorit di Bengkulu. Jadi ketika teman-teman saya sudah mempunyai hp sejak duduk dibangku SMP bahkan SD, saya justru baru bisa menikmatinya ketika duduk di bangku SMA. Contoh lainnya lagi adalah, ketika saya ingin sekali naik pesawat, tetapi orang tua saya berkata “kalau mau naik pesawat coba usaha sendiri dulu, tuuh kayak kakakmu sejak SD sudah naik pesawat karena dia mengikuti olimpiade mewakili Bengkulu, nah kamu harus seperti kakakmu itu.” Jujur saya belum pernah sama sekali naik pesawat ketika saya meminta hal itu kepada orang tua saya karena orang tua saya ketika mudik ke pulau Jawa selalu menggunakan kendaraan pribadi. Sampai pada akhirnya ketika saya terpilih menjadi salah satu anggota Paskibraka yang bertugas di istana merdeka perwakilan dari propinsi Bengkulu barulah saya bisa merasakan pertama kalinya bagaimana rasanya naik pesawat dan pada saat itu saya berumur 16 tahun. Hal-hal tersebut tidak pernah sama sekali memberatkan saya, justru saya menjadi sangat termotivasi dalam menggapainya.

Saya mempunyai banyak impian tetapi dalam menggapinya saya selalu mempunyai motivasi yang kuat. Menang kalah, berhasil atau tidak itu urusan belakangan karena yang harus kita lakukan adalah berusaha semaksimal mungkin dalam setiap langkah kita. Saya selalu bersyukur, karena saya salah satu dari sekian banyak anak yang masih beruntung. Telah banyak karunia yang telah diberikan olehNya dan saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kepercayaan itu. Di luar sana pastinya banyak orang yang hidupnya serba kekurangan. Untuk itu saya sangat berharap, saya juga bisa memotivasi mereka nantinya ketika saya diberi kesempatan. Pastinya ketika kesempatan itu datang, saya tidak akan pernah menyia-nyiakannya karena hal ini merupakan salah satu mimpi saya.

Saya ingin mereka mempunyai mimpi yang bisa menjadi kenyataan dan bukan hanya sekedar mimpi. Saya ingin mereka bangga dengan apa yang sudah mereka dapatkan dan apa yang akan mereka dapatkan nantinya. Saya ingin mereka (khususnya seluruh anak Indonesia) percaya diri dalam menggapai angan-angan, terutama melalui sektor pendidikan karena pendidikan merupakan tombak atau fondasi utama dalam menunjang sektor-sektor lainnya. Tidak ada sesuatu yang sia-sia dan tidak ada sesuatu yang tidak mungkin untuk kita dapatkan di dunia ini ketika kita selalu berusaha, berpikir positif dan menjalaninya dengan hati riang gembira. Terpilihnya saya menjadi Puteri Indonesia Bengkulu 2010 merupakan langkah awal saya untuk menjadikan hal tersebut semakin nyata. Amin. ^_^


2. Apa profesi anda saat ini ( bekerja atau kuliah dimana?)
Saat ini saya masih tercatat sebagai mahasiswi Universitas Bengkulu (UNIB) jurusan Pendidikan Bahasa Inggris semester 5, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

3. Apa saja prestasi anda yang pernah anda raih?
Paskibraka nasional perwakilan Propinsi Bengkulu, Istana merdeka 2006
Duta Belia Indonesia 2006 (China-Hongkong)
Gadis Bengkulu 2008
Runner Up 1, Puteri Pariwisata Bengkulu 2009,
Duta Tertib Lalu Lintas Bengkulu 2009
The winner of University English Debating competition of UNIB 2009 and 2010
Participant of National University English Debating Championship (NUEDC), Surabaya 2009
Adjudicator candidate of University English Debating Championship (NUEDC), Jogjakarta 2010
Puteri Indonesia Bengkulu 2010, Dll

4. Jika anda bisa melakukan perjalanan waktu dan tempat, siapa yang ingin anda bertemu dan mengapa?
Jika saya bisa melakukan perjalanan waktu dan tempat yang ingin saya temui adalah anak-anak yang tidak bisa mengenyam pendidikan dan anak-anak yang tidak dapat meneruskan pendidikannya atau putus sekolah karena terkendala masalah biaya. Saya ingin megajarkan mereka menulis, membaca dan mengajarkan apapun yang mereka butuhkan untuk bekal mereka menjalani kehidupan karena anak merupakan aset bangsa yang berharga dan karena memang menuntut ilmu itu harus dilakukan sepanjang hayat. Saya ingin berbagi kepada mereka yang membutuhkan^^

5. Jika Anda memiliki kesempatan untuk memilih antara penawaran kerja dan beasiswa pendidikan, yang mana yang akan anda pilih? Mengapa?
Saya akan memilih beasiswa pendidikan karena ketika kita sudah mempunyai bekal dan keterampilan yang cukup maka kita bisa lebih mudah dalam mencari pekerjaan. Bahkan bisa jadi kita bisa membuat lapangan kerja sendiri yang bisa bermanfaat bagi orang banyak.


6. Apa pelajaran masa kanak-kanak anda yang masih mempengaruhi kehidupan nyata anda saat ini?
Saya terbiasa menggapai apa yang saya inginkan dengan melakukan apa yang memang harus dilakukan oleh seorang anak, yaitu tidak pernah membebani orang tua. Jika memang kita menginginkan sesuatu maka berusahalah semampu yang kita bisa. Jalanilah kewajiban kita terlebih dahulu sebelum kita memperoleh hak kita.

7. Dapatkah Anda katakan sesuatu yang begitu menarik atau unik tentang anda?
Saya paling tidak bisa makan buah durian dan tebu (kecuali tebunya sudah diolah menjadi minuman, kalau masih berupa tebu yang belum diolah rasanya seperti makan kayu,he…), Saya mempunyai hobi menyanyi dan saya sering menyanyi sewaktu mandi…

8. Jika Anda dapat bertukar tempat dengan orang lain selama seminggu, siapa orang itu dan mengapa?
Saya tidak ingin menjadi siapa-siapa. Saya akan tetap menjadi diri saya karena saya yakin tuhan menciptakan kita dengan tujuan yang mulia.

9. Siapa perempuan yang paling anda kagumi? Mengapa?
Ibu saya. Saya mengagumi beliau dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ia miliki karena kasih sayangnya terhadap saya dan keluarga serta telah mempertaruhkan nyawanya demi melahirkan saya ke dunia ini, mendidik serta membesarkan saya.

10. Apa hal terbaik yang telah anda pelajari dalam suatu kontes kecantikan?
Yang telah saya pelajari dalam suatu kontes kecantikan bahwa kecantikan itu bukanlah hanya secara fisik atau harus terlihat seksi tetapi kita juga harus mempunyai kecantikan yang terpancar dari dalam diri kita. Wanita cantik adalah wanita yang bisa berprilaku baik dan pintar dalam menjaga kencantikannya dimanapun ia berada.


11. Beritahu kami sesuatu yang menarik tentang kota dan propinsi anda yang mungkin orang-orang ingin tahu! Mungkin memang banyak yang belum tahu atau berkunjung ke propinsi Bengkulu. Baru sejak tanggal 18 November 1968 ditingkatkan statusnya menjadi provinsi ke-26. Propinsi kami merupakan salah satu propinsi muda di Indonesia tapi bukan berarti kami tidak potensial. Hanya saja sedang dalam proses pembangunan baik dalam bidang pariwisata dan infrastrukturnya. Bengkulu mempunyai keindahan alam yang masih orisinil. Wisata alam, wisata bahari, wisata budaya dan wisata sejarah menjadi keunggulan propinsi kami.

Anda pastinya mengenal bunga Rafflesia. Semasa Pemerintahan Inggris, Bunga ini ditemukan pertamakali oleh Sir Thomas Raffles dan Dr. Arnoldy di Dusun Lubuk Tapi pada tahun 1818. Bunga ini adalah bunga terbesar di dunia dengan diameter 100 cm. Tidak hanya itu,Bengkulu merupakan salah satu propinsi yang pernah dijajah oleh Inggris, sehingga kami juga mempunyai benteng peninggalan penjajah Inggris yang bernama Benteng Marlborough. Penjajah Inggris datang menjajah Bengkulu karena tertarik akan kekayaan alam yang dimiliki oleh propinsi Bengkulu.

Benteng Marlborough ini dulu sempat menjadi tampat ditahannya orang nomor satu di Indonesia pada jaman kemerdekaan, yaitu Ir. Soekarno ketika beliau diasingkan di Bengkulu. Pada saat beliau diasingkan inilah, beliau bertemu dengan ibu Fatmawati, orang asli Bengkulu yang akhirnya djadikan istri oleh Soekarno. Jadi bisa disimpulkan bahwa Propinsi kami cukup berjasa dalam proses memerdekaan Republik Indonesia. Jika anda ingin mengunjungi tempat-tempat bersejarah lainnya, kami tentunya punya banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi, seperti rumah kediaman Bung Karno ketika beliau diasingkan, rumah kediaman ibu Fatmawati (disana masih terdapat mesin jahit ketika ibu Fatmawati menjahit bendera pusaka Indonesia, dll), Parr Monuments yang terletak di depan Pasar Barukoto diseberang benteng Marlborough, sedangkan Hamilton Monuments terletak di Jalan Soekarno-Hatta. Monument ini dibangun oleh Inggris untuk memperingati kekalahan mereka di Bengkulu,dan masih banyak lagi.

Wisata Bahari yang kami punyai salah satunya adalah Pantai Panjang. Dinamakan Pantai Panjang karena sekitar 7 km panjangnya. Banyak Pohon Cemara rindang menghiasi sepanjang pantai. Pantai ini sangat indah. Bengkulu terletak dipesisir Samudera Hindia bagian barat daya pulau Sumatera sehingga hampir seluruh wilayah Bengkulu memiliki pantai. Kami juga mempunyai ritual upacara tabot sebagai salah satu wisata budaya yang bisa anda kunjungi. Tabot adalah upacara tradisional tentang kepahlawanan Hasan dan Husen, Mereka Mati dalam peperangan melawan orang-orang Yazid, upacara ini dilaksanakan dari 1 sampai 10 muharram (berdasar kalendar islam)setiap tahun. Ohya, Indonesia terkenal dengan batiknya bukan? Nah, kami juga mempunyai kain khas dari propinsi kami yang dinamakan Kain Batik Besurek. Yang membedakan kain ini dengan yang lain adalah motif kaligrafi dan bunga rafflesia, tetapi masih banyak lagi motif-motif unik yang menghiasinya. Kalau dijelaskan satu persatu tidak akan cukup jika hanya diceritakan seperti ini. Kunjungi propinsi kami karena anda akan menemukan banyak sekali potensi daerah kami yang masih sangat orisinil dan tidak kalah dari daerah lain.^^

Tidak seperti kota-kota besar di Indonesia. Anda akan jarang sekali mengalami kemacetan di Bengkulu karena penduduknya yang masih sedikit. Tetapi justru hal ini mengantarkan Bengkulu mendapatkan pengahargaan adipura beberapa kali karena terhindar dari hal-hal yang dapat merusak lingkungan, seperti kemacetan. Enjoy visit our beloved province!

12. Apa yang orang lain dapat pelajari dari diri anda?

Kedisiplinan dalam melakukan segala sesuatu, selalu memotivasi diri dalam menggapai apa yang kita inginkan dan selalu berusaha untuk berpikir positif terhadap masalah yang sedang kita hadapi.

13. Apa kutipan pribadi ada atau motto yang anda sukai?
Nothing is impossible if we want to be credible by having a good motivation to have a brighter future!
What we do is what we have chosen!

14. Apa rahasia kecantikan terbaik anda?
“Keyakinan” bahwa kelebihan dan kekurangan yang diberikan olehNya adalah yang terbaik untuk kita dengan itu kita akan selalu percaya diri memancarkan kecantikan yang terdapat di dalam diri kita. Hati kita pun akan tulus memancarkannya.

15. Bagaimana anda melihat diri anda 10 tahun dari sekarang?
Sepuluh tahun mendatang usia saya sudah menginjak 30 tahun. Saya akan menjadi seorang wanita Indonesia yang berprofesi sebagai pendidik, dosen yang professional, berkecimpung di dunia pendidikan, sukses dalam karir dan kehidupan pribadi saya, serta menjadi wanita inspiratif bagi anak-anak dan keluarga saya kelak jika saya sudah membina rumah tangga.

Special thanks to Seradona Altiria yang sudah menyediakan waktu untuk interview ini. Semoga sukses di PI 2010!
0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer