Kamis, 30 Juni 2011

Menjadi penyandang disabilitas bukan berarti halangan untuk berprestasi, sebagaimana yang telah dibuktikan oleh Dian Inggrawati, seorang penyandang tuna rungu yang menjadi wakil Indonesia di ajang pageant tingkat dunia, Miss Deaf World 2011. Mari ikuti wawancara Ip dengan Dian untuk lebih mengenal sosok yang sangat inspirasional ini.


1. Ceritakan kepada kami tentang diri Anda dan keluarga Anda, serta seberapa besar peran keluarga Anda terhadap kehidupan Anda.
Saya putri pertama dari Bpk Hermawan (alm) dan Ibu Ida Ratih. Keluargaku paling penting bagiku . Keberhasilan yang saya raih sekarang dikarenakan dukungan keluarga, dan juga bakat yang saya punya. Saya sangat sayang dengan ibu saya yang telah mendukung saya apa adanya. Meskipun saya memiliki kekurangan, tapi dengan saya miliki membuat saya menjadi orang yang berprestasi. Sebagai buktinya, saya mempunyai lebih dari 400 piala, yang terdiri dari lomba menggambar, mewarnai, busana, prakarya sampai masak dari umur 4 tahun.

2. Apakah moto hidup Anda?
Jangan pernah menyerah dan yakin pada diri sendiri.

3. Siapakah inspirasi terbesar dalam hidup Anda?
Helen Keler, adalah seorang penyandang disabilitas terkenal, begitu saya kagumi Helen yang tidak pernah putus asa untuk berjuang.
Salah satu kutipan Helen Keller yang menjadi inspirasi saya adalah “Hal terbaik dan terindah yang tidak dilihat atau disentuh oleh dunia adalah hal yang dirasakan di dalam hati.”


4. Apakah pengalaman paling lucu atau unik yang pernah Anda alami dalam hidup Anda?

Ketika saya melakukan sesuatu yang usil tanpa sepengetahuan teman-teman dan orang lain. Saya menempelkan sebuah note di punggung teman pria saya.kemudian teman-teman saya melihat dan langsung tertawa. Karena note tersebut bertuliskan “tending pantat gw”. Teman saya tersebut pun tidak mengerti kenapa semuanya tertawa. Pada akhirnya pun, ia menyadari kalau di punggungnya terdapat note tersebut. Alhasil dia ikut tertawa juga.

5. Apakah kegiatan favorit Anda di waktu luang Anda?
Kegiatan favorit saya adalah berenang dan menjahit pakaian sendiri


6. Apakah cita-cita terbesar yang ingin Anda capai dalam hidup Anda?

Dari kecil saya ingin menjadi peragawati dan desainer.

7. Ceritakan kepada kami bagaimana awalnya sehingga Anda terpilih menjadi wakil Indonesia di ajang Miss Deaf World 2011 ini.
Saya anggota yayasan Tunarungu Sehjira mendapatkan undangan dari panitia miss deaf world 2011. Ibu Rachmita sebagai pemimpin yayasan, telah memilih saya daftarkan sebagai calon miss deaf world 2011 melalui website, akhirnya saya diterima. Selama persiapan menuju ajang Miss Deaf World, saya disponsori oleh Ibu Lisa Ayodhia.
Untuk pertama kalinya indonesia masuk di ajang kompetisi Internasional Miss Deaf World, banyak yang meragukan karena di Indonesia tidak ada kompetisi seperti ini untuk penyandang disabilitas. Sedangkan saya langsung masuk dalam kompetisi tingkat internasional tidak menyurutkan semangat saya, malah banyak teman dan semua orang ikut mendukung agar saya tetap semangat dan berharap agar tahun depan ada kompetisi seperti Miss Deaf World diadakan di Indonesia.


8. Apa saja persiapan yang Anda lakukan untuk menghadapi Miss Deaf World 2011?
Persiapan saya belajar latihan tarian Lenggang Nyai, belajar catwalk, menambah ilmu tentang komunikasi Tunarungu di Indonesia
Tidak lupa saya juga belajar dan menambah wawasan tentang isu-isu tunarungu di indonesia. Baik soal budaya,pendidikan dan lingkungan publik aksesbilitas di indonesia. Bahwa kami penyandang disabilitas adalah orang-orang yang ingin diperlakukan sama haknya walaupun kami menjalani hidup dengan berbeda karena ada keterbatasan.Tapi keterbatasan itu tidaklah menjadi penghalang kami penyandang disabilitas untuk terus maju dan berkarya sesuai talenta masing2 dan aktif dalam semua kegiatan.

9. Apakah Anda memiliki target yang ingin Anda capai di ajang Miss Deaf World 2011, bila iya, apakah target Anda?
Iya,, Insya Allah saya bisa masuk 10 besar
Pengalaman saya di Miss Deaf World 2011 adalah suatu yang harus saya bagikan ke semua teman-teman penyandang disabilitas lainnya.
Target saya di Miss Deaf World kalau bisa masuk 10 besar, kami sudah bersyukur. Tetapi yang lebih penting ikutnya Indonesia ke dalam kompetisi internasional Miss Deaf World 2011 adalah membuka kesempatan dan contoh positif buat teman- teman penyandang disabilitas lainnya.

10. Bila Anda mendapatkan kesempatan untuk menceritakan tentang Indonesia di ajang Miss Deaf World 2011, apa yang akan Anda katakan dan mengapa?
Saya ingin memperkenalkan anak-anak tuna rungu di Indonesia kepada dunia. Bahwa anak-anak tuna rungu Indonesia memiliki potensial yang besar untuk bekerja.


11. Menurut Anda apakah manfaat positif yang dapat diambil dari adanya ajang pemilihan untuk penyandang disabilitas seperti Miss Deaf World ini?
Saya bisa menambah wawasan mengenai tuna rungu di internasional dan Indonesia adalah negara berketuhanan yang maha esa menjunjung tinggi budaya dan agama.

12. Apakah pesan Anda untuk teman-teman Indonesian Pageants dan seluruh pendukung Anda yang membaca wawancara ini?
Pesan yang ingin sampaikan yaitu keterbatasan yang dimiliki bukanlah suatu halanganan bagi seseorang untuk terus maju dan meningkatkan prestasi. Tetap percaya sendiri akan kemampuan dan usaha.



Terima kasih kepada Dian Inggrawati atas kesediannya untuk melakukan wawancara dengan IP.
Good luck dan semoga dapat mengukir prestasi di ajang Miss Deaf World 2011

Untuk informasi lebih lanjut soal Miss Deaf World 2011 kunjungi situs resminya di www.missdeafworld2011-2020.com/index/index/lang/en
0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer