Senin, 27 Juni 2011

Liputan oleh : Dzulfikar Ali Firdaus


Surakarta - Solo Batik Carnival (SBC) pada tahun ini telah memasuki penyelenggaraan tahun ke-empat. SBC merupakan agenda wisata tahunan pemkot Surakarta yang dilangsungkan guna menarik wisatawan, baik wisatawan dalam maupun luar negeri. Pagelaran kali ini berlangsung sangat meriah, penonton yang berasal dari kota Solo, luar kota, maupun turis asing tumpah ruah di sepanjang jalan Slamet Riyadi. Acara tersebut dimulai dari stasiun Purwosari dan berakhir di balai Kota.





Ada yang menarik pada penyelenggaraan SBC kali ini, yakni ikut berpartisipasinya Puteri Indonesia 2011 Nadine Alexandra Dewi Ames, dan Runner up 1Puteri Indonesia 2011 dr. Reisa Kartikasari dalam pagelaran. Dalam pagelarannya kali ini yang bertema "Keajaiban Legenda", Nadine memakai busana warna hitam beludru dengan bawahan batik warna hijau yang terinspirasi dari tokoh penguasa legenda laut selatan pulau Jawa yakni Kanjeng Ratu Kidul, sedangkan dr. Reisa memakai busana warna hijau muda yang terinspirasi oleh keberadaan Nyi Roro Kidul atau patih dari Kanjeng Ratu Kidul.









Selain kedua Puteri Indonesia 2010 tersebut, turut hadir pula mantan-mantan puteri Indonesia, yakni Rahma Landy yang mengenakan busana yang diangkat dari legenda Jawa Timur yakni Ratu Kencono Wungu, sedangkan Inda Endaliani memakai kebaya berwarna ungu yang bertema Anjasmara.


Antusiasme bisa dirasakan di para Puteri Indonesia, seperti Nadine yang begitu kagum dengan konsep acara. "SBC merupakan karnaval yang sangat bagus, wah dan terlihat mahal, sangat perlu untuk terus diadakan setiap tahunnya, karena sangat banyak manfaat dari penyelenggaraan acara ini terutama dibidang wisata dan pelestarian batik itu sendiri". Hal senada juga diutarakan Puteri Indonesia Lingkungan Hidup, dr. Reisa Kartikasari, "acara SBC ini benar-benar bagus, dan bisa menjadi contoh dan layak untuk ditiru bagi daerah lain terutama dalam hal pelestarian budaya, khususnya budaya batik, supaya batik semakin dikenal bukan hanya di Indonesia, tapi hingga keseluruh dunia.

Para Puteri Indonesia tersebut berjanji untuk mengenalkan batik ke dunia Internasional, karena batik merupakan warisan budaya bangsa yang begitu indah dan perlu dilestarikan keberadaannya (Fik.)


Terima kasih untuk Pak Mega dan Ibu Ida yang sudah membantu lancarnya liputan Indonesian Pageants kali ini.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Puteri Indonesia kunjungi situs resminya di www.puteri-indonesia.com
0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer