Sabtu, 04 Juni 2011



Jumat, 3 Juni 2011. Rangkaian kegiatan pemilihan Miss Indonesia 2011 yang telah dimulai sejak bulan April akhirnya mencapai puncaknya pada malam itu, ditandai dengan berlangsungnya malam Final Miss Indonesia 2011 di Central Park, Jakarta itu yang dipandu oleh Ferdy Hasan dan Sandra Angelia (Miss Indonesia 2008). Tim IP sendiri, yang diwakili oleh Nur dan Wodjo, mendapat kesempatan untuk meliput secara langsung acara tersebut. Seperti apa suasana di Central Park pada malam itu? Yuk langsung kita ikuti saja liputan Tim IP!


Acara Final ini sendiri baru akan dimulai jam 9 malam, tapi sejak jam 7 malam IP sudah hadir di Central Park. Tentunya untuk registrasi media dan juga untuk meliput Red Carpet. Selain dewan juri dan para pengisi acara, ada beberapa wajah-wajah terkenal yang juga tampak di Red Carpet. Diantaranya ada Kamidia Radisti (Miss Indonesia 2007), juga ada Laurencia Muljadi (Top 10 Puteri Indonesia 2006), serta 4 finalis Miss Indonesia 2010 yang kompak datang bersamaan, yaitu Kartika Kusumaningtyas (Miss Jawa Timur 2010), Ayu Mustika (Miss Maluku Utara 2010), Rachel Octavia (Miss Kalimantan Tengah 2010), dan Dina Syafira (Miss Bengkulu 2010). They all look gorgeous! Foto-foto dulu ya Ladies!


Mendekati jam 9 tamu-tamu undnagan pun mulai memasuki ballroom, termasuk IP, dan jam 9 tepat, acara pun dimulai. Sebagai pembukaan, tampil sekelompok penari yang membawakan tarian payung kontemporer, lalu inilah yang ditunggu-tunggu sejak tadi … penampilan dari 33 finalis Miss Indonesia 2011! Untuk opening dance ini seluruh finalis tampil dalam cocktail dress rancangan Ian Adrian dan Handy Hartono serta diiringi oleh penampilan dari band J-Rock. Overall it was a decent choreography. Cuma kalau harus dibandingkan dengan tahun 2009 dan 2010, IP masih lebih suka dengan koreografi opening dance di 2 tahun sebelumnya itu, lebih enerjik dan seksi. IP jadi berkhayal sendiri, kapan ya ada pageant di Indonesia yang opening dance-nya sekeren Miss USA … hi hi hi. Maybe next time ya!


Usai sesi opening, para finalis segera berganti mengenakan gaun malam. Ada 3 designer yang karyanya digunakan untuk parade evening gown malam itu, yaitu Arifan Mas, Rudy Liem, dan Hengky Kawilarang. Penampilan para finalis cukup membuat surprised IP malam itu. Banyak sekali finalis yang tampil cantik dan memukau, wah tampaknya persaingan malam ini akan jadi semakin ketat nih. Namun diantara finalis yang cantik-cantik itu, tetap ada beberapa kontestan yang cukup mencuri perhatian, yaitu Bali, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Kepulauan Riau, dan Papua Barat.


And now it’s time to make some cut. Sadly not everyone on the stage will advance to the next round. Hanya 10 finalis saja yang akan maju ke babak berikutnya. Kesepuluh finalis yang beruntung ini adalah DI Yogyakarta, Banten, Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Bali, Papua Barat, serta para pemenang Fast Track kategori sports, talent, dan catwalk yaitu Bangka Belitung, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah. Saat final sendiri memang tidak disebutkan secara spesifik siapa saja pemenang dari ketiga kategori Fast Track tersebut. Tapi kalau menurut dugaan IP sih, Bangka Belitung pemenang catwalk, Kalimantan Barat pemenang talent, sedangkan Kalimantan Tengah pemenang sports.

Untuk babak 10 Besar, para finalis terpilih kini tampil dalam busana bernuansa tradisional yaitu batik dari Alleira. Penjurian di babak ini meliputi sesi tanya jawab di mana mereka harus menjawab satu pertanyaan yang diajukan rekan finalis lainnya. Untuk babak ini kontestan yang tampil menonjol kebetulan adalah 2 kontestan yang sudah diunggulkan IP sejak awal, Banten dan Jawa Timur. Banten menjawab pertanyaan bukan hanya dalam bahasa Inggris yang sangat fasih tapi juga dengan aksen British English yang sangat sempurna (which sounds so smart and exquisite at the same time). Sedangkan Jawa Timur membuktikan bahwa wanita Indonesia bisa menjadi, bukan saja sekedar cantik, tetapi juga multilingual. Selain bahasa Inggris, Jawa Timur juga menguasai bahasa Mandarin dan Spanyol. Banyak penonton, termasuk IP, yang terpukau saat dia memperkenalkan diri dalam bahasa Spanyol, laul disusul dengan menjawab pertanyaan dalam bahasa Inggris yang sangat fasih. What a perfect beauty! Kontestan lain yang juga cukup menyita perhatian adalah Kalimantan Tengah yang berkesempatan menampilkan suara merdunya kepada penonton.


Dari 10, dewan juri kembali mengeliminasi jumlah kandidat menjadi 5. Dan yang lolos ke tahap berikutnya adalah the statuesque Papua Barat, the golden voice Kalimantan Tengah, the super smart Banten, the exotic DKI Jakarta, dan the porcelain doll Jawa Timur. Sebenarnya IP sendiri berharap Bali dan Kalimantan Barat juga lolos ke 5 Besar. Namun sepertinya dewan juri lebih menginginkan 5 Besar tahun ini diisi oleh finalis dengan kecantikan yang lebih beragam. Terbukti dari 5 Besar ini ada yang cantiknya sweet type, exotic type, dan demure type.

Sebelum 5 Besar ini diuji di babak berikutnya, terlebih dahulu diumumkan sejumlah pemenang penghargaan khusus. Miss Tubuh Indah diraih oleh Bali. Miss Kulit Cantik oleh Jawa Timur. Miss Sporty oleh Kalimantan Tengah. Miss Lifestyle oleh Banten. Miss Persahabatan pilihan sesama kontestan oleh Papua. And last but not least Miss Favorit pilihan pemirsa diraih oleh Jawa Timuragain! Wow Jawa Timur betul-betul memborong gelar malam itu. Congrats Ladies!

Selanjutnya 5 Besar finalis berganti kembali ke citarasa modern dan mengenakan gaun malam rancangan Harry Ibrahim dan harus kembali menjawab pertanyaan, namun kali ini yang mengajukan pertanyaan adalah dewan juri. Setelah kelimanya selesai menjawab pertanyaan IP cepat-cepat berdoa. God, please … give us Jawa Timur, Banten, and Papua Barat as the Top 3. It would be the perfect way to end the night! Yes … 3 kontestan itu memang memberikan penampilan terbaik malam ini. Jawa Timur dan Banten memang sudah jadi favorit IP sejak awal. Namun Papua Barat, dengan tubuhnya yang menjulang tinggi dan penampilannya yang sangat kharismatik malam itu, betul-betul menjadi kuda hitam yang mencuri perhatian semua orang.


And fortunately, God was listening to our pray. Doa IP ternyata dikabulkan Tuhan. Finalis yang lolos ke babak akhir malam itu memang 3 kontestan yang terbaik dan paling layak, yaitu Jawa Timur, Banten, dan Papua Barat. Persaingan di babak 3 Besar pasti berlangsung sangat ketat. Ketiganya sama-sama cantik. Sama-sama memukau. Dan sama-sama diunggulkan. Saat ketiganya tampil melenggang di atas catwalk, dengan diiringi band Ungu, para penonton semakin dibuat terkagum-kagum. Hanya tinggal satu faktor saja yang akan menjadi penentu siapakah yang akan menjadi juaranya, the final question!

Pertanyaan final malam ini diberikan oleh ketua dewan juri Ibu Liliana Tanoesoedibjo, yaitu “dalam opini Anda, hal apakah yang paling penting harus dilakukan oleh wanita dalam hidupnya?”. Ketiga finalis memberikan jawaban yang berbeda-beda meskipun secara umum jawaban mereka terfokus pada intergritas dan peran wanita sebagai seorang Ibu yang berperan besar dalam menentukan kualitas para generasi penerus bangsa. IP sendiri suka dengan ketiga finalis dan jawaban mereka, tetapi bila harus memilih, IP memilih Jawa Timur. Regardless, ketiga finalis malam ini sudah tampil dengan sangat oke dan siapapun juaranya IP merasa puas.


Dan akhirnya momen puncak itupun tiba. Setelah final walk Miss Indonesia 2010 Asyifa Latief yang didampingi Miss World 2010 Alexandria Mills (a very charismatic, friendly, and sincere figure) tibalah saatnya untuk mengumumkan sang juara. Dalam urutan terbalik, para juara malam ini adalah Banten sebagai Runner Up 2, Papua Barat sebagai Runner Up 1, dan Jawa Timur sebagai Miss Indonesia 2011! The Queen of the East (Java). Hasil yang sangat sempurna!


Kemenangan Astrid Ellena dari Jawa Timur ini memang sangat layak. Selain sangat cantik dan kharismatik, Ellen juga memiliki banyak talenta, termausk fasih dalam 3 bahasa asing. Tidak heran memang kalau sejak Leaderboard pertama hingga ketiga, IP sudah memprediksikan Ellen sebagai juara. Selain itu Leaderboard IP juga sukses memprediksikan Nadya Siddiqa dari Banten sebagai salah satu dari 3 Besar.


Dengan demikian berakhirlah malam final Miss Indonesia 2011. Overall acara tersebut berlangsung dengan sangat sukses dan dengan hasil akhir yang sangat memuaskan. Tapi liputan IP belum selesai sampai di sini. Masih ada liputan dan galeri foto malam final Miss Indonesia di bagian-bagian berikutnya, termasuk dari Red Carpet, off air show, dan winner press conference yang tidak ditayangkan di televisi. Stay tuned guys!


Ikuti terus Liputan berikutnya dan ikuti juga berita Miss Indonesia 2011 di situs resminya www.missindonesia.co.id

Terima kasih kepada Mbak Tari, Bunga, Dara dari Marcomm Dept RCTI atas kesempatan liputan yang diberikan kepada Indonesian Pageants.


Liputan :
Nursasongko dan Wodjo
Foto : Nursasongko dan Wodjo
Teks : Ayus Wijaya
1 Komentar di Blogger

1 comments:

Yoghi Martino Yulian mengatakan...

sama .. saya shock bali dan kalimantan barat tidak masuk.

 
Toggle Footer