Selasa, 01 Mei 2012


Sabtu, 28 April 2012. Rangkaian kegiatan pemilihan Miss Indonesia 2012 akhirnya mencapai puncaknya pada malam itu, ditandai dengan berlangsungnya malam Final Miss Indonesia 2012 di JI Expo Kemayoran, Jakarta itu yang dipandu oleh Ferdy Hasan dan Amanda Zevannya (Runner Up 1 Miss Indonesia 2011). Acara final tahun ini memang berlangsung kurang lebih satu bulan lebih awal dibanding final tahun lalu karena menyesuaikan dengan perubahan jadwal dari Miss World 2012. Tim IP sendiri, yang diwakili oleh Ayus dan Adit, mendapat kesempatan untuk meliput secara langsung acara tersebut. Seperti apa suasana di Kemayoran pada malam itu? Yuk langsung kita ikuti saja liputan Tim IP!


Tepat jam 7 malam IP sudah hadir di Kemayoran untuk registrasi media dan juga untuk meliput Red Carpet. IP sendiri sempat melihat beberapa sosok terkenal melintas di Red Carpet. Selain Ibu Liliana Tanoesoedibjo (founder Miss Indonesia yang juga ketua dewan juri) ada juga sejumlah alumni Miss Indonesia yang turut hadir. Diantaranya ada Asyifa Latief (Miss Indonesia 2010), Putu Tri Bulan Utami (Miss Bali 2011), Madhina Nur Muthia (Miss Kalimantan Tengah 2011), dan Wira Wiguna (Miss Sumatera Barat 2011), dan lain-lain.


Acara pun akhirnya dimulai jam 8 malam. Sebagai pembukaan, ditampilkan atraksi tarian bela diri yang menyerupai gerakan kung fu Shaolin, disusul kemudian oleh penampilan dari 33 finalis Miss Indonesia 2012 membawakan koreografi yang telah mereka pelajari selama karantina. Untuk opening dance ini seluruh finalis tampil dalam cocktail dress rancangan Rudy Liem dan Erdan. Meskipun tema yang diusung malam tersebut sejatinya adalah The Beauty of Archipelago namun IP sendiri merasa tema My Sweet Valentine sepertinya lebih cocok untuk menggambarkan konsep final malam itu, sebab mulai dari tata panggung hingga cocktail dress yang dikenakan para finalis didominasi oleh warna-warna khas Valentine, fuschia dan light pink.


Usai sesi opening, saatnya para finalis berganti mengenakan gaun malam. Tahun ini designer yang dipercaya untuk mempercantik para finalis dengan karya gaun malamnya adalah Hengki Kawilarang. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, ada inovasi baru dalam parade gaun malam tahun ini, di mana setiap finalis tampil dengan didampingi seorang aktor. Total ada 11 aktor tampan yang mengiringi 33 finalis cantik di sesi ini. Penonton makin dimanjakan matanya nih, sudah ada yang cantik-cantik dan sekarang ada pula yang tampan-tampan. Overall semua finalis tampil cukup bagus tapi yang paling mencuri perhatian karena keluwesannya bergaya di panggung menurut IP adalah Gorontalo dan Jawa Timur.


Finally it's time to find out who will advance to the next round. Tahun ini jumlah finalis yang lolos di seleksi pertama ini ditambah menjadi 15 orang, bertambah 5 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Finalis yang beruntung maju ke babak 15 Besar ini adalah Kalimantan Barat, Banten, Jawa Timur, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Papua Barat, Bali, Maluku Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Bengkulu, serta para pemenang Fast Track kategori sports, talent, catwalk, dan satu kategori baru yang ditambahkan tahun ini yaitu social atau Beauty With a Purpose. Keempat pemenang Fast Track yang melengkapi 15 Besar finalis tersebut adalah NAD, DI Yogyakarta, Gorontalo, dan Jawa Barat. Satu hal yang cukup mengejutkan bagi IP adalah tidak lolosnya Sumatera Utara, yang menurut IP seharusnya cukup pantas lolos ke 15 Besar.



Lolos ke babak 15 Besar, para finalis yang beruntung ini berganti mengenakan gaun malam bernuansa salem karya Rebecca Ing dan harus menjawab pertanyaan yang diajukan rekan-rekannya sesama finalis. Dalam kesempatan ini setiap finalis betul-betul berusaha menunjukkan kemampuan yang mereka miliki. Banyak diantara mereka yang sengaja memperkenalkan diri dan menjawab pertanyaan dalam bahasa asing seperti Inggris dan Mandarin, bahkan ada pula yang menunjukkan bakat mereka, misalnya Jawa Timur yang menunjukkan suara emasnya dengan menyanyikan lagu “If I Ain’t Go You” dari Alicia Keys dan DKI Jakarta yang memamerkan kemahirannya menyanyikan lagu seriosa. Still only five can make it to the next round. Dan setelah melalui perdebatan yang cukup panjang, juri akhirnya memutuskan, 5 kontestan yang maju ke tahap berikutnya adalah DKI Jakarta, Jawa Timur, Bali, Maluku Utara, dan Jawa Barat.



Kelima finalis ini kembali berganti gaun malam, kali ini persembahan dari Marga Alam, dan sekali lagi harus menjawab pertanyaan, yang kali ini diberikan oleh dewan juri. Namun sebelumnya ada 6 buah penghargaan khusus yang lebih dahulu dibagikan. Miss Kulit Cantik diraih oleh NAD. Miss Healthy oleh Gorontalo. Miss Online pilihan pengunjung web resmi Miss Indonesia oleh Jawa Tengah. Miss Lifestyle oleh Sulawesi Utara. Miss Persahabatan pilihan sesama kontestan oleh Papua. Dan yang terakhir adalah Miss Favorit pilihan pemirsa via SMS oleh Kalimantan Barat. Selamat ya untuk seluruh juaranya!




Usai babak 5 Besar, IP semakin kebingungan memilih siapa yang kira-kira akan menjadi Miss Indonesia berikutnya. Semua finalis memberikan jawaban yang sangat bagus dan mantap, namun hanya 3 yang bisa lolos ke tahap terakhir kompetisi ini. Dan ketiga finalis yang sukses menembus setiap tahapan eliminasi untuk berdiri di babak akhir kompetisi ini adalah Bali, DKI Jakarta, dan Jawa Timur. Tinggal satu hal saja yang menjadi pemisah antara ketiga finalis ini dan mahkota Miss Indonesia 2012 yaitu pertanyan final. Dan tahun ini, pertanyaan tersebut adalah "Untuk meyakinkan para juri agar memilih Anda menjadi Miss Indonesia 2012, apa potensi lain yang dapat Anda berikan selain cantik, menarik, dan berwawasan luas?"

Dari satu pertanyaan yang sama ini ketiga finalis memberikan jawaban yang berbeda. Jawa Timur melalui kiprahnya di bidang sosial ingin berbagi untuk sesama, Bali melalui prestasinya di bidang olahraga ingin membanggakan tanah air, sedangkan DKI Jakarta melalui karya-karya arsitekturnya ingin semakin memperkenalkan budaya Indonesia. Tiga jawaban yang berbeda namun sama unggulnya. Tentunya dewan juri harus bekerja keras menentukan yang terbaik diantara ketiganya.



Dan akhirnya momen puncak itupun tiba. Setelah final walk Miss Indonesia 2011 Astrid Ellena yang didampingi Miss World 2011 Ivian Sarcos tibalah saatnya untuk mengumumkan sang juara. Dalam urutan terbalik, DKI Jakarta diumumkan terlebih dahulu sebagai Runner Up 2, menyisakan Bali dan Jawa Timur yang tegang menunggu hasil puncak kompetisi ini. Setelah berdebar-debar beberapa saat, Runner Up 1 akhirnya diumumkan jatuh kepada Jawa Timur, yang berarti Bali adalah peraih gelar Miss Indonesia 2012. It's finally time for Bali! Setelah berkali-kali nyaris menjadi juara di berbagai kompetisi pageant tingkat nasional, Bali akhirnya meraih gelar juara pertamanya di Miss Indonesia 2012 ini. Wakil Bali, Ines Putri Tjiptadi Chandra, memang pilihan yang sangat tepat untuk mewakili Indonesia di Miss World 2012. Sejak hari pertama, Ines adalah salah satu kontestan dengan penampilan paling konsisten di berbagai event. Dia juga memiliki prestasi dan kelebihan yang unik di bidang olahraga dan fasih berbahasa Inggris.


Overall acara tersebut berlangsung dengan sangat sukses dan dengan hasil akhir yang sangat memuaskan meski ada beberapa hal yang IP rasa perlu masih perlu diperbaiki, misalnya pemilihan pengisi acara yang terlalu didominasi oleh boyband. Rasanya akan lebih menarik bila pengisi acara yang tampil lebih bervariasi dari berbagai aliran musik yang berbeda. Hal lain yang juga kurang memuaskan adalah panggung acaranya. Setelah 2 tahun tampil dengan panggung berukuran spektakuler, panggung Miss Indonesia 2012 terasa lebih sempit dan kecil, sehingga mengurangi kesan megah dari 2 tahun sebelumnya.


Dengan demikian berakhirlah malam final Miss Indonesia 2012. Tapi liputan IP belum selesai sampai di sini. Masih ada liputan dan galeri foto malam final Miss Indonesia di bagian-bagian berikutnya, termasuk dari Red Carpet dan Press Conference yang tidak ditayangkan di televisi. Stay tuned guys!


Liputan Oleh :
Ayus Wijaya dan Adit Torres

Terimakasih kepada : 
Mbak Sari, Mas Ritchie, beserta Panitia lain dan 
Semua Pihak yang membantu kelancaran liputan ini 

Visit Website Miss Indonesia
www.missindonesia.co.id

Jangan Lupa LIKE Fan Page Indonesian Pageants untuk berita-berita terkini
http://www.facebook.com/indonesianpageants



0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer