Minggu, 26 Januari 2014



Nama : Dini Marlien Takola
Tempat / Tanggal Lahir : Bandar Lampung, 24 Mei 1992
Tinggi Badan : 170 cm
Lagu Favorit : Bayang-bayang ilusi, Mimpi, In Your Mind (Anggun)
Aktor / Aktris Favorit : Natalie Portman
Penyanyi atau Band Favorit : Anggun
Hobby : badminton, membaca, travelling, futsal, surfing, mendengarkan musik
Makanan / Minuman Favorit : pempek, pasta, green tea, dan milk shake
Zodiak / Shio : Gemini / Shio Monyet
Prestasi ::
- Master of Ceremony in Indonesian Day, Groningen 2013
- Presenter at the 1st International Conference on Infrastructure Development 2013
- Presenter at Indonesian-Netherlands Logistics Roundtable by World Bank 2013
- Master of Ceremony in National Seminar “Drainage System to Reduce the Risk of Flood in Cities” Civil Expo, Surabaya 2012
- 1st winner of IFC (ITS Futsal Championship) Women Category, Surabaya 2012
- Master of Ceremony in Tender Training “How to Prepare an E-Procurement” Civil Expo, Surabaya 2012
- 2nd Winner of ITS Badminton Competition, ITS, 2012
- 2nd Winner of Badminton Competition in FTSP Olympiad, ITS, 2012
- Talented Winner MURI (Indonesian Museum Record) of Traditional Wedding Dress Model Competition, TMII 2011
- Master of Ceremony in Civil Expo, Grand City Surabaya 2011
- Selected as Liaison Officer ICEEDM (International Conference on Earthquake Engineering and Disaster Mitigation) 2011
- 2nd Winner of Indonesian Traditional Wedding Dress Model Competition, Jakarta, 2010
- 2nd Winner of Traditional Beauty Heritage, Jakarta 2010
- Master of Ceremony Glorious Days FTSP, Robotics Building ITS, Surabaya 2011
- 2nd Winner of Basket Competition in FTSP Olympiad, ITS, 2010


Part I "Hey You!"



1. Ceritakan "all about you"!
Saya adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Sejak kecil saya tinggal berpindah-pindah dari Jakarta, Bengkulu, Bandar Lampung, Palembang, Surabaya, Groningen - Belanda, hingga kembali berdomisili di Jakarta. Pengalaman tersebut pastinya mengasah kemampuan saya dalam beradaptasi, dari situ saya juga mengenal berbagai macam budaya Indonesia termasuk bahasa daerahnya. Selepas bangku SMA saya lanjut ke perguruan tinggi negeri dengan double degree program. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya adalah tempat pertama saya belajar lebih detail dalam jurusan International Civil Engineering Management. Saya melanjutkan kuliah dengan hijrah ke Hanze University Groningen dalam kelas internasional final hingga thesis dan mengikuti intership program. Dengan kesempatan belajar di negeri orang banyak sekali pengalaman yang saya jadikan pelajaran seperti keramah-tamahan, fokus dalam berkerja, mandiri, saling menghargai, dan sebagainya. Dan saya percaya hal tersebut membawa diri saya ke arah yang lebih baik kedepannya.

2. Hal unik apakah yang kamu miliki?
Seperti sebelumnya saya ceritakan bahwa saya sering berpindah-pindah, sejak kecil setiap saya pindah ke lingkungan baru saya pastinya berbicara dengan aksen daerah asal sebelumnya yang mengundang komentar teman-teman. Mungkin hal unik dapat ditemui dari gaya bicara saya. Saya adalah orang yang sangat menikmati travelling, mengetahui hal baru dan mendapat banyak pelajaran serta pengalaman dari perjalanan tersebut. Selepas dari itu sejujurnya bisa dibilang saya termasuk orang yang simple minded. Untuk masalah selera dalam mengoleksi barang tertentu, saya lebih cenderung menggunakan barang-barang sesuai dengan occasion dan kebutuhannya.

3. Ceritakan pengalaman apakah yang paling berkesan dalam hidupmu?
Sejauh ini saya rasa pengalaman yang paling berkesan adalah ketika saya sekolah di Belanda. Di sana saya mendapatkan banyak sekali pelajaran dan pengetahuan yang sebelumnya tidak saya sangka. Ternyata tidak hanya pengetahuan akademis yang saya dapat, terlebih-lebih pengalaman hidup jauh dari comfort zone kita sendiri. Di sana tidak hanya kemampuan beradaptasi yang diuji tetapi juga kemampuan mengatur diri lebih mandiri dan mengembangkan diri dalam berbagai hal. Kesempatan yang tidak kalah berkesan adalah ketika saya dapat memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat asing, mulai dari makanan, baju daerah, dan lain-lain.


4. Ceritakan pengalaman apakah yang paling lucu dalam hidupmu?
Ketika saya bermain sebagai striker dalam IFC (ITS Futsal Championship) Women Category, saya memiliki penglaman yang cukup mengelitik. Jauh sebelum pertandingan saya bersama teman satu tim dari FTSP (Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan) selalu berlatih beberapa ragam shooting, dribbling, controlling, dsb. Arahan atau instruksi jika menerima bola lambung dapat ditahan dengan dada atau sundulan (heading). Nah, saat di malam final ketika jumlah penonton di stadion mencapai puncaknya, bola tersebut datang melambung ke arah saya. Saat itu saya bingung, apakah lebih baik ditahan dengan dada atau disundul (heading). Ketika saya memutuskan untuk menyudul, tidak disangka bola tersebut cukup keras memantul dikepala saya. Penonton tertawa geli melihat ekspresi saya yang seperti orang mabuk. Sesaat setalah itu saya bahkan tidak menyadari keberadaan bola yang saya sundul tersebut hingga salah satu anggota tim lawan bilang “Ini lho Mbak bolanya” dengan aksen Jawa Timurnya.

5. Apa arti kompetisi bagimu?
Bagi saya kompetisi adalah suatu ajang yang dilakukan untuk mencari yang terbaik dari yang terbaik. Setiap peserta tentunya akan memperlihatkan potensi terbaik yang ada dalam diri mereka masing-masing. Dimana dalam setiap prosesnya banyak sekali pembelajaran yang dapat diserap untuk mengembangkan potensi dirinya agar dapat lebih bermanfaat dan menginspirasi banyak orang.

6. Apa kekuatan positif yang menjadi kekuatanmu dan dapat menginspirasi orang lain?
Bagi saya setiap orang memiliki hal positif pada bidangnya masing-masing. Sejauh ini, saya merasa diri saya sebagai pribadi yang selalu ingin belajar dalam berbagai hal, memiliki rasa keingintahuan lebih dalam agar membawa diri saya menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat kedepannya.


Part II "Let's Go Around Me!"



7. Seperti apakah kegiatan dan aktivitas sehari-harimu?
Setelah lulus dari bangku kuliah, sejauh ini saya turut membantu beberapa proyek terkait dengan isu transportasi dan isu kebijakan pemerintah pusat. Bersama company supervisor saya yang turut membimbing saya dan beberapa teman lainnya dalam pengerjaan thesis. Terlebih mengenai final thesis saya dengan tema import container dwelling time analysis yang membuat saya turut terlibat dalam berbagai konferensi dalam negeri hingga internasional dengan tema infrastruktur, logistik, dan transportasi. Juga turut berpartisipasi dalam project Bank Dunia dalam isu logistik Indonesia.

8. Bila kamu diminta mengajak IP Friends jalan-jalan sambil berwisata seharian di tempatmu, kamu akan mengajak IP Friends ke mana saja nih?
Saya akan ajak ke TMII (Taman Mini Indonesia Indah), dimana kita dapat menemukan berbagai rumah adat daerah yang memperkenalkan kebudayaan dan keberagaman alam dan mengingatkan kita betapa kayanya negeri ini. Di sana juga terdapat berbagai masakan Betawi dan masakan tradisional daerah lainnya serta buah tangan khas masing-masing daerah Indonesia.

9. Jika kamu berada dalam sebuah sampan bersama 1 anak kecil, 1 ibu-ibu, dan 1 nenek-nenek, dalam keadaan akan tenggelam, siapakah yang akan kamu tolong dengan segala keterbatasan yang kamu miliki? Sebutkan alasannya!
Dalam hal ini tentunya saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyelamatkan ketiganya. Namun jika saya diharuskan memilih, terlepas latar belakang sosial mereka, pertama saya akan menyelamatkan anak kecil tersebut karena dia masih memiliki masa depan yang panjang dan berpotensi besar untuk mengubah peradaan dan kehidupan untuk menjadi lebih baik.


10. Bila kamu melihat seekor kupu-kupu terjebak di sarang laba-laba yang kelaparan, apa yang akan kamu lakukan? Menolong si kupu-kupu atau membiarkannya? Bila kamu membiarkan si kupu-kupu maka dia akan mati dimakan laba-laba. Namun bila kamu menolongnya maka kamu akan membiarkan si laba-laba mati kelaparan. Bagaimana tindakan kamu?
Dengan teori rantai makanan, saya akan membiarkan kupu-kupu tersebut dimakan oleh si laba-laba. Karena dengan rantai makanan yang ada, selanjutnya sang laba-laba akan dimakan oleh hewan pemangsa lainnya dan akhirnya terurai kembali. Karena seperti itulah proses kehidupan, segala sesuatunya berlangsung saling berkaitan sebagaimana rantai makan tersebut.

11. Sebutkan satu benda yang kamu tidak bisa hidup tanpanya?
Saya akan memilih gadget yang tergolong mutakhir, dalam hal ini saya memilih telepon genggam/hand phone. Karena dengan segala teknologi dan kecanggihan yang ada dapat diaplikasikan untuk berbagai fungsi seperti komunikasi, sumber informasi, hiburan, dan sebagainya.


Part III "It's Not Only About Me"



12. Kalau kamu boleh memilih, bidang apakah yang paling ingin kamu tekuni dengan serius ke depannya? Sebutkan alasannya!
- Tentunya karena manusia adalah mahluk sosial kita tidak akan bisa terlepas dari dunia sosial. Dari dunia sosial kita akan menemukan banyak hal baru dan menambah pengetahuan seseorang. Saya akan aktif dalam berbagai organisasi sosial yang menyoroti masalah pendidikan untuk mencerdaskan bangsa.
- Selain itu saya juga tertarik pada dunia pendidikan karena bagi saya ilmu pendidikan formal tidak hanya memilki pengaruh besar bagi pribadi sesorang namun juga akan berdampak bagi masa depan suatu bangsa. Saya akan mengambil master degree dengan konsentrasi di bidang infrastruktur, transportasi, dan logistik.
- Pada dunia pekerjaan sejauh ini saya memilih bidang entertainment (presenter) dan perkembangan infrastruktur Indonesia (researcher).

13. "Indonesia" hal apa yang akan kamu jawab dan jelaskan bila mendengar kata ini?
Kata “Indonesia” sendiri sangat beragam menurut saya. Bangsa dengan kekayaan sumber daya alam, keindahan alamnya yang unik, serta keberagaman budaya dan adat istiadat. Dengan berbagai prestasi yang telah ditorehkan putra-putri bangsa dan terlepas dari isu-isu sosial yang terkadang cukup memprihatinkan, Indonesia adalah negara yang kuat dan sangat berpotensi untuk maju di mata dunia.

14. Apa yang ingin kamu sumbangkan bagi Indonesia melalui hal-hal kecil yang sudah kamu rintis saat ini?
Saya selalu ingin menjadi pribadi yang lebih baik dan tetap menginspirasi orang lain. Saya yakin sejauh ini dengan melakukan beberapa proyek yang mengangkat isu-isu atau permasalahan dalam negeri dapat memajukan ataupun memperbaiki keadaan Indonesia. Sebagai contoh thesis saya sebelumnya dengan menyoroti efisiensi perpindahan barang impor Indonesia melalui Pelabuhan Tanjung Perak yang pada kenyataannya adalah gerbang utama bagi perairan Indonesia bagian timur.

15. Apakah kutipan atau kata-kata bijak favoritmu?
I'd rather regret the things I've done than regret the things I haven't done (positively) - Lucille Ball
Heap up the positive values as much as possible and spread it to people around you - Dini Takola



Terima Kasih kepada Dini atas kesempatan dan kesediaan wawancaranya dengan 
Indonesian Pageants  

Gabung di Facebook IP di facebook.com/indonesianpageants 
dan follow Twitter IP di @indopageants
0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer