Minggu, 19 Januari 2014



Nama : Rakhmi Wijiharti
Nama Panggilan : Ami
Tempat / Tanggal Lahir : Banyumas, 7 Maret 1992
Tinggi Badan : 170cm
Lagu Favorit : Treasure (Bruno Mars)
Aktor / Aktris Favorit : Robert Downey Jr, Sarah Jessica Parker, Tio Pakusodewo, dan Meriam Belina
Penyanyi / Band Favorit : Katy Perry dan Maroon5
Hobby : berenang, membaca buku, travelling, browsing
Makanan / Minuman Favorit : tomyam, pecel, corn soup, spicy food, dan infused water
Zodiak / Shio : Pisces / Monyet
Prestasi :
- Miss Earth Indonesia Fire 2013
- 10 Besar Finalis Pemilihan Wajah Natasha 2013
- Juara 2 Parade Busana Daerah Nusantara 2013
- Peraga Busana Terbaik Putri Parade Busana Daerah Nusantara 2013
- Juara 1 Indonesian Super Model Jawa Tengah 2013
- Juara Harapan 2 Mbak Duta Wisata Jawa Tengah 2012
- Juara 1 Mbekayu Duta Wisata Banyumas 2012
- Juara Intelegensia Pemilihan Kakang dan Mbekayu Duta Wisata Banyumas 2012


Part I "Hey You!"



1. Ceritakan "all about you"!
Saya bungsu dari empat bersaudara, dan ketiga kakak saya perempuan. Saya merupakan dara asli Purwokerto (sebelah barat daya Ibu kota Jawa Tengah), saat ini saya berdomisili di kota Semarang semenjak lulus SMA tahun 2010 lalu, karena saya memilih untuk meneruskan kuliah di Universitas Diponegoro Semarang. Meskipun di kota saya terdapat sebuah universitas negeri namun saya justru tidak memilihnya pada saat SNMPTN, karena saya sangat menyukai tantangan maka dari itu saya sangat ingin kuliah di luar kota mengejar peluang dan keluar dari “comfort zone” saya di Purwokerto, meskipun orang tua saya menentang,kakak-kakak sayapun sangat ingin kuliah di luar kota namun tidak diijinkan,dan saya merasa sangat beruntung mendapatkan ijin untuk berkuliah di Semarang. Saat ini saya masih berstatus mahasiswa Promosi Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP semester 7, hanya tinggal menempuh KKN dan tugas akhir yang sedang “on progress” insya Allah 2014 ini saya wisuda. Hidup sendiri tanpa ada sanak saudara di kota orang merupakan cobaan terbesar bagi saya pada masa-masa awal mahasiswa baru, namun kembali lagi pada pilihan, saya harus “survive” dan saya harus buktikan pada orang tua bahwa saya mampu “survive” di kota besar meskipun jauh dari mereka. Maka dari itu saya menyibukkan diri dengan kegiatan kampus, saya tergabung dalam STOPHIVA , sebuah organisasi yang peduli terhadap nasib ODHA (orang dengan HIV/AIDS) dan kampanye penanggulangan AIDS, saya merasa tertantang untuk meluruskan mitos yang salah mengenai HIV di kalangan masyarakat dewasa ini, selain itu saya juga tergabung dalam organisasi teater bernama STUDIO8 di kampus saya. Diluar kampus saya mulai mencoba mengikuti dunia modeling berkat tawaran mengikuti sebuah agency model di Semarang oleh seorang teman, dan akhirnya menjadi hobby dan profesi untuk saat ini. Saat ini saya baru saja menyelesaikan Penelitian di Kabupaten Brebes, selama satu bulan saya bersama tim terjun langsung mencari akar penyebab masalah, mencari prioritas solusi, dan intervensi masalah Kesehatan Ibu dan Anak di Kabupaten Brebes, dimana Kabupaten Brebes menempati peringkat pertama AKI (Angka Kematian Ibu) tertinggi di Jawa Tengah tahun 2012. Saya sangat suka tampil di depan umum,maka dari itu saya memilih peminatan promosi kesehatan agar saya dapat menyalurkan hobbi saya tampil di depan umum dan berguna untuk orang lain tentunya. 

2. Hal unik apakah yang kamu miliki?
Saya tidak bisa mengontrol logat Banyumasan saya ketika sedang panik , hal ini selalu menjadi bahan tertawaan teman-teman saya, namun saya sangat bangga dengan bahasa “ngapak” daerah saya, karena menurut saya hal inilah yang menjadi ciri khas saya sehingga lebih mudah mengakrabkan diri dengan lingkungan. Selain itu, saya pecinta makanan pedas, apapun jenis makanannya harus ada sambel atau cabe rawit sebagai pendampingnya. Waktu memakan sushi saya pernah meminta pegawai restaurannya untuk mencarikan cabe rawit karena saya merasa ada yang kurang pas di lidah jika tidak ada rasa pedas-pedasnya.


3. Ceritakan pengalaman apakah yang paling berkesan dalam hidupmu?
Waktu saya dinobatkan sebagai juara 1 Mbekayu Duta Wisata Kabupaten Banyumas tahun 2012, itu merupakan pertama kalinya saya berani ikut perlombaan dan langsung menjadi juara 1 sekaligus menjadi juara intelegensia, banyak yang pesimis karena saya perwakilan pribadi dan berkuliah di semarang (tidak stay di Banyumas) meskipun asli Banyumas. Saat itu pertama kalinya juga saya melihat ibu saya menangis karena bangga.

4. Ceritakan pengalaman apakah yang paling lucu dalam hidupmu?
Ketika saya sedang makan di sebuah lesehan sederhana, waktu itu lesehan tersebut sedang ramai-ramainya karena jam makan malam, saya tidak kebagian tempat duduk alhasil saya dan teman-teman saya sharing tempat duduk dengan rombongan lain. Karena asyik mengobrol dengan teman-teman, saya tidak sadar jika saya meminum minuman orang lain tersebut,bahkan sampai habis. Saya tidak sadar sampai orang tersebut menegur saya sambil menahan tawa. Sungguh saya malu sekali, dan teman-teman sayapun pulang dengan perut kenyang menertawakan kebodohan saya.

5. Apa arti kompetisi bagimu?
Orang hidup tentunya butuh kompetisi untuk memiliki standar pengukuran dengan orang lain, jika kita merasa diri kita sudah baik belum tentu dimata orang lain kita sudah baik. Maka untuk mengukur sejauh mana kemampuan kita diperlukan kompetisi. Di dalam kompetisi kita mendapatkan tantangan untuk melakukan yang terbaik dan menjadi yang terbaik sehingga tanpa kita sadari kita melakukan proses perbaikan diri. Di dalam kompetisi pastinya ada yang menang ada yang kalah, jika menang itu merupakan bonus dari kerja keras yang telah kita lakukan, jika belum menang berarti kita masih kurang membenahi diri sehingga dapat dijadikan koreksi untuk semakin baik kedepannya. Kompetisi merupakan “achievement” dalam hidup saya, sehingga otak dan jiwa kita akan terus hidup tidak mati atau stuck dalam”comfort zone”.

6. Apa kekuatan positif yang menjadi kekuatanmu dan dapat menginspirasi orang lain?
Meskipun saya berasal dari kota kecil saya selalu percaya diri dan terus mengembangkan diri untuk menjadi yang terbaik, karena saya percaya “bintang dimanapun dia berada pasti akan tetap bersinar”, meskipun saya bukan berasal dari kota besar saya yakin saya mampu menyesuaikan diri dengan yang lain, selama ada kesempatan saya tidak pernah menyia-nyiakannya dalam otak saya selalu terpikir bahwa kesempatan tidak datang untuk kedua kalinya. Saya ingin menginspirasi wanita-wanita didaerah khususnya, untuk lebih percaya diri dan berani tampil didepan umum.


Part II "Let's Go Around Me!"



7. Seperti apakah kegiatan dan aktivitas sehari-harimu?
Saat ini saya masih aktif modelling di semarang yakni sebagai modelcatwalk dan photomodel beberapa designer semarang, saya juga sering mendapat tugas dari Dinas Pariwisata Jawa Tengah untuk membantu mempromosikan wisata Jawa Tengah kepada Duta Besar dari mancanegara sampai ke luar kota, saya juga sedang sibuk mempersiapkan Laporan Rencana Kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata), saya juga tengah menyusun tugas akhir saya, dan baru-baru ini saya baru saja menyelesaikan penelitian di kabupaten brebes, selama satu bulan saya bersama tim terjun langsung mencari akar penyebab masalah, mencari prioritas solusi, dan intervensi masalah Kesehatan Ibu dan Anak di Kabupaten Brebes, dimana Kabupaten Brebes menempati peringkat pertama AKI (Angka Kematian Ibu) tertinggi di Jawa Tengah.

8. Bila kamu diminta mengajak IP Friends jalan-jalan sambil berwisata seharian di tempatmu, kamu akan mengajak IP Friends ke mana saja nih?
Dalam satu hari tentunya tidak akan cukup untuk berkeliling Jawa Tengah, jika opsinya hanya sehari tentunya saya akan mengajak IP Friends untuk berkeliling di Banyumas tempat dimana saya berasal, di pagi hari saya akan mengajak IP Friends untuk meghirup sejuknya udara pagi pegunungan di Lokawisata Baturaden sambil menyantap pecel dan mendoan hangat disana. Di Baturaden terdapat fasilitas outbound dan taman bermain, setiap weekend juga terdapat Tarian Lengger Banyumasan dan Musik Calung Banyumasan, disamping itu kalian juga dapat menikmati Pancuran Tiga dan Pancuran Tujuh yang mengandung belerang dan dapat menyembuhkan penyakit kulit dan mencerahkan kulit.
Setelah puas dengan wisata alam saya akan mengajak IP Friends menuju wisata sejarah yakni mengunjungi museum BRI, satu-satunya museum perbankan yang ada di Indonesia melihat koleksi-koleksi mata uang dari tahun ke tahun, untuk menu santap siangnya saya akan mengajak kalian untuk menyantap kupat tahu di daerah Banyumas. Sore harinya saatnya wisata belanja saya akan membawa kalian ke daerah Sokaraja untuk belajar membatik sekaligus berbelanja batik Khas Banyumasan dengan motif-motif yang kembali kepada alam di kampung batik daerah Sokaraja dan belanja souvenir khas banyumas seperti tas batik, wayang gagrak, kaos dablongan, dan sendal bandol. Setelah itu saya akan mengajak kalian untuk belanja oleh-oleh khas Banyumasan masih di daerah Sokaraja ada getuk goreng, nopia, jenang jaket dan kripik tempe yang dapat dijadikan oleh-oleh, lanjut makan malam dengan makanan khas Banyumasan yaitu Soto Sokaraja. Dijamin ketagihan deh.


9. Jika kamu berada dalam sebuah sampan bersama 1 anak kecil, 1 ibu-ibu, dan 1 nenek-nenek, dalam keadaan akan tenggelam, siapakah yang akan kamu tolong dengan segala keterbatasan yang kamu miliki? Sebutkan alasannya!
Saya akan memilih menolong nenek-nenek dengan kekurangannya, jangankan berenang berjalan pun susah. Mengapa saya tidak memilih anak kecil? Karena anak kecil itu pasti akan ditolong oleh ibu-ibu, seorang ibu pasti tidak tega melihat anak kecil tenggelam, dia mempunyai naluri yang mendorongnya untuk menyelamatkan anak kecil tersebut. Dan mengapa tidak memilih menyelamatkan ibu-ibu? Karena ibu-ibu masih lebih muda dan kuat daripada nenek-nenek, ibu-ibu masih mempunyai tenaga untuk menyelamatkan dirinya sendiri bahkan anak kecil di dalam sampan.


10. Bila kamu melihat seekor kupu-kupu terjebak di sarang laba-laba yang kelaparan, apa yang akan kamu lakukan? Menolong si kupu-kupu atau membiarkannya? Bila kamu membiarkan si kupu-kupu maka dia akan mati dimakan laba-laba. Namun bila kamu menolongnya maka kamu akan membiarkan si laba-laba mati kelaparan. Bagaimana tindakan kamu?  
Saya akan menolong kupu-kupu karena saya tidak tega membiarkan sesuatu terbunuh dihadapan saya, berbeda cerita jika hal tersebut tidak terjadi di depan mata saya atau di belakang saya atau karena rantai makanan.

11. Sebutkan satu benda yang kamu tidak bisa hidup tanpanya?
Handphone, saya sangat suka browsing, hidup saya terasa hampa bahkan ketika paket internet saya habis he he he ...


Part III "It's Not Only About Me"




12. Kalau kamu boleh memilih, bidang apakah yang paling ingin kamu tekuni dengan serius ke depannya? Sebutkan alasannya!
Ada beberapa bidang yang ingin saya tekuni dengan serius ke depannya, yaitu :
- Dunia entertainment sebagai model dan aktris, bekerja menurut hobi dan minat tentunya akan lebih fun dan menikmati sehingga akan terhindar dari stress kerja, passion saya didunia modeling dan seni peran maka dari itu akan mempermudah saya jika saya menjadikan minat dan bakat saya sebagai profesi.
- Dunia kesehatan sebagai Promotor Kesehatan, saya suka berinteraksi dengan orang lain selain itu basic saya adalah tenaga kesehatan, sehingga akan sangat menyenangkan apabila saya dapat menerapkan ilmu yang saya dapatkan kepada masyarakat luas. Apalagi bisa memberikan dampak positif terhadap tindakan-tindakan preventif kesehatan.
- Dunia kewirausahaan sebagai pemilik butik sekaligus designer, mempunyai sebuah usaha terkait dengan hobi yang saya miliki adalah impian saya sejak kecil, saya ingin dapat membuat sebuah trend fashion baru yang dapat disukai banyak orang. Apalagi dapat merancangnya sendiri . Selain itu saya memang hobi hunting baju-baju lucu dan unik untuk saya kenakan sehari-hari,saya ingin suatu saat nanti saya dapat hunting baju dan menjualnya untuk orang lain. Saya suka menjadi trendsetter.

13. "Indonesia" hal apa yang akan kamu jawab dan jelaskan bila mendengar kata ini?
"Indonesia" sebuah keanekaragaman suku, budaya, dan bahasa yang bersatu dalam satu kesatuan. Sebuah Negara dengan keramah tamahan yang tiada tara,dan sebagai wanita Indonesia saya bangga tetap bisa memegang nilai-nilai adat ketimurannya, yang menjadikan wanita Indonesia berbeda dengan wanita Negara manapun. Tetap mempertahankan “unggah-ungguh/ tata krama” dan menjadikannya ciri khas dari wanita-wanita Indonesia.

14. Apa yang ingin kamu sumbangkan bagi Indonesia melalui hal-hal kecil yang sudah kamu rintis saat ini?
Saya ingin membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Indonesia dengan menurunkan AKI (Angka Kematian Ibu) dalam menyambut MDG’s 2015 yaitu sejumlah 102/100.000 kelahiran hidup, saya baru saja menyelesaikan penelitian di Kabupaten Brebes, selama satu bulan saya bersama tim terjun langsung mencari akar penyebab masalah, mencari prioritas solusi, dan intervensi masalah Kesehatan Ibu dan Anak di Kabupaten Brebes, dimana Kabupaten Brebes menempati peringkat pertama AKI (Angka Kematian Ibu) tertinggi di Jawa Tengah, dilihat dalam grafik laporan sebelum dan sesudah di lakukan intervensi terdapat penurunan yang cukup signifikan di Desa Pagejugan Kecamatan Brebes khususnya. Saya juga ingin menginspirasi wanita Indonesia untuk lebih peduli terhadap lingkungan, mereka calon-calon ibu pendidik generasi penerus bangsa, sudah saatnya mereka dididik agar dapat meularkan ilmunya kepada anak-anaknya kelak, yakni dengan cara melakukan green action dalam kehidupan sehari, seperti yang sudah saya lakukan yaitu dengan membawa reusable bag ketika berbelanja untuk menghemat penggunaan tas plastik, membawa tumbler untuk menghemat penggunaan botol plastik,memilih menggunakan kendaraan umum dan berjalan kaki jika jaraknya dekat, dan menggunakan peralatan kamar mandi dan dapur yang hemat air seperti penggunaan rainy shower, dual flush kloset dan kran sensor. Because a small green action could bring big environmental impact for Indonesia. 

15. Apakah kutipan atau kata-kata bijak favoritmu?
- A good head and a good heart are always a formidable combination - Nelson Mandela. Perpaduan antara kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan emosional merupakan kombinasi yang luar biasa bagi seorang pemimpin sejati. Keseimbangan antara akal dan hati mencerminkan kematangan dan kestabilan seorang pemimpin di masa ini.
- “Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu” - Andrea Hirata.



Terima Kasih kepada Ami atas kesempatan dan kesediaan wawancaranya dengan 
Indonesian Pageants  

Gabung di Facebook IP di facebook.com/indonesianpageants 
dan follow Twitter IP di @indopageants

0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer