Rabu, 22 Januari 2014




Nama : Winda Ulfa
Tempat / Tanggal Lahir : Banda Aceh, 2 November 1994
Tinggi Badan : 169 cm
Lagu Favorit : Wish You Were Here (Avril Lavigne)
Aktor / Aktris Favorit : Reza Rahardian, Nadia Hutagalung, Laura Basuki, dan Laudya Chintya Bella
Penyanyi / Band Favorit : Adele, Beyonce, Michael Bubble, Judika, Bunga Citra Lestari, Geisha, dan Ungu
Hobby : travelling, menari, modeling, melukis, menulis
Makanan / Minuman Favorit : sate, masakan Aceh, masakan Padang, dan jus guava
Zodiak / Shio : Scorpio / Anjing
Prestasi :
- Puteri Indonesia Aceh 2014
- Juara I Peragaan Busana Adat Aceh Pekan Kebudayaan Aceh VI 2013
- Wakil II dan Juara Favorit Inong Duta Wisata Banda Aceh 2011 
- Juara I Duta Wisata Aceh Besar 2012
- Juara I Lomba Lukis tingkat Provinsi Aceh 2011
- Juara Harapan III Duta Wisata Aceh 2012 
- Juara II Lomba Merias Wajah 2012
- Top 5 Duta Mahasiswa 2013
- Paskibraka Aceh 2009


Part I "Hey You!"



1. Ceritakan "all about you"!
Saya merupakan putri Aceh asli, ayah dan ibu saya juga berasal dari Aceh. Walaupun saya anak kedua dari dua bersaudara dan bisa dikatakan anak bungsu, tetapi orang tua saya selalu mengajarkan saya untuk selalu mandiri. Hal ini terbukti dari dukungan yang selalu diberikan oleh orang tua saya ketika mengikuti kegiatan-kegiatan bermanfaat dan tentunya positif. Pendidikan tetap saya prioritaskan, karena dengan pendidikan dapat membuka cakrawala dan wawasan menjadi lebih luas. Berkomunikasi yang baik dengan orang dari berbagai daerah dan budaya, ini lah yang saya pelajari di kampus, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Syiah Kuala. Saya merasa beruntung menjadi salah satu mahasiswi Ilmu Komunikasi, karena saya akan bertemu dengan finalis Puteri Indonesia 2014 yang berasal dari seluru Indonesia, tentunya dengan berbagai macam kebudayaan yang mereka miliki. Ilmu yang telah saya dapatkan di bangku perkuliahan akan sangat berguna nantinya, khususnya pada saat Pemilihan Puteri Indonesia 2014.

2. Hal unik apakah yang kamu miliki?
- Saya suka sekali dengan hewan. Mungkin karena itu saya bisa meniru beberapa suara hewan, seperti suara kucing, anjing, srigala, burung gagak, tikus, kuda, dan masih banyak lagi. Selain itu saya juga bisa melihat ekspresi hewan.
- Saya suka menulis, khususnya menulis puisi. Saya menganggap bahwa dengan menulis puisi dapat menuangkan imajinasi dan membuat perasaan menjadi tenang.
- Saya hobi membuat karikatur, sketsa, dan mendesign sebuah objek adalah salah satu kegemaran saya. “pantang pena di tangan, kertas putih menjadi coretan imajinatif".


3. Ceritakan pengalaman apakah yang paling berkesan dalam hidupmu?
Pengalaman yang akan menjadi pengalaman paling berkesan dalam hidup saya adalah menjadi salah satu finalis Pemilihan Putri Indonesia 2014. Karena perjuangan yang begitu besar dan tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata telah saya tempuh. Saya akan bertemu dengan finalis lainnya dari provinsi yang ada di seluruh Indonesia dan mendapatkan pelajaran dan wawasan baru yang belum saya ketahui sebelumnya. Tentunya ini akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan sampai kapan pun. Saya berharap mendapatkan yang terbaik pada pemilihan nanti, bukan untuk saya, tetapi saya dedikasikan kepada mereka yang telah mendukung dan mendoakan saya.

4. Ceritakan pengalaman apakah yang paling lucu dalam hidupmu?
Malam ketika saya datang ke sebuah hotel karena saya merupakan salah satu panitia pemilihan Duta Wisata Indonesia 2013, dan mereka sedang pembekalan di hotel tersebut. Ketika saya baru sampai dan memasuki pintu, karena kebingungan mencari panitia yang lain, akhirnya saya sempat keserimpet atau dalam bahasa Melayu sering disebut terpelekok hingga sepatu saya terlepas dan lem nya terbuka. Security hotel tersebut tertawa, agar tidak malu saya juga tertawa sambil berjalan menyeret-nyeret sepatu saya yang sudah rusak ha ha ha.


5. Apa arti kompetisi bagimu?
Bagi saya kompetisi adalah berjuang untuk mencapai sebuah tujuan, yaitu menjadi yang terbaik diantara rival-rival saya. Kompetisi yang mengandalkan kualitas serta tidak menghalalkan segala cara adalah kompetisi yang baik dan sehat. “Hasil akan sesuai dengan usaha yang dilakukan”, prinsip inilah yang selalu saya jalankan.

6. Apa kekuatan positif yang menjadi kekuatanmu dan dapat menginspirasi orang lain?
Hal positif yang menjadi kekuatan saya adalah selalu menerima kritik dan saran dari orang lain. Baik atau buruknya kritikan itu, saya anggap sebagai sesuatu yang membangun untuk melakukan sesuatu. Tidak ada manusia yang sempurna, maka dari itu pasti kesalahan sekecil apapun akan ada. Jadi sebagai manusia, harus menerima kritikan dari orang lain, karena orang-orang yang menganggap dirinya yang paling hebat dan tidak bisa menerima kritikan orang adalah orang-orang yang sombong dan merugi di masa yang akan datang.


Part II "Let's Go Around Me!"



7. Seperti apakah kegiatan dan aktivitas sehari-harimu?
Selain menuntut ilmu di bangku perkuliahan, saya juga mengisi hari-hari saya dengan beberapa kegiatan , karena saya memang tidak bisa berdiam diri dirumah , saya senang kegiatan sosial, berorganisasi, dan kegiatan yang dapat mengasah bakat-bakat yang ada pada diri saya. Kegiatan-kegiatan sosial yang saya lakukan adalah menjadi volunteer pada beberapa kegiatan, salah satunya adalah mengajarkan anak-anak putus sekolah. Saya juga suka melibatkan diri pada organisasi-organisasi yang berkonsentrasi pada pemuda, seperti YLC ( Youth Leadership Camp ), AFS ( American Field Service ), Parlemen Muda Indonesia, karena kegiatan-kegiatan seperti ini bertujuan untuk membangun para pemuda Indonesia untuk melakukan perubahan pada negara ini. Saya juga tercatat sebagai salah satu anggota BEM ( Badan Eksekutif Mahasiswa ) di kampus saya, yaitu FISIP Unsyiah. Selain bergabung di organisasi-organisasi, saya juga berkecimpung di dunia modelling. Semua kegiatan yang saya lakukan adalah untuk menjadi seorang yang terus lebih baik kedepannya dengan cara terus belajar dari pengalaman yang saya dapat.

8. Bila kamu diminta mengajak IP Friends jalan-jalan sambil berwisata seharian di tempatmu, kamu akan mengajak IP Friends ke mana saja nih?
Aceh sangat berpotensi dalam hal wisata, kuliner, dan masih banyak lagi. Jadi tidak ada alasan bagi saya untuk tidak mengajak IP Friends jalan-jalan di Aceh. Saya akan mengajak IP Friends ke objek wisata Tsunami, karena ingin IP Friends juga tahu jejak-jejak Tsunami yang melanda Aceh pada 26 Desember 2004. Museum Tsunami, Kapal diatas rumah Lampulo, Kapal PLTD Apung, dan objek wisata Tsunami lainnya. Aceh dikenal dengan daerah pesisir karena memiliki lautan yang membentang luas. IP Friends harus jalan-jalan ke Laut Aceh, salah satunya adalah Lampu’uk, selain menyaksikan indahnya pemandangan, IP Friends juga dapat mencoba permainan banana boat dan mencicipi ikan bakar yang lezat. Setelah jalan-jalan, IP Friends pasti lapar dong , Nah jangan takut, karena saya akan mengajak IP Friends menyantap hidangan lezat di Aceh yang terkenal dengan kulinernya. Kuah sie kameng (gulai kambing) , kuah masam keueng (kuah asam pedas) , sie reuboh (daging rebus khas aceh) , timphan, dan masih banyak lagi santapan kuliner yag melezatkan. Setelah mengunjungi Aceh belum lengkap rasanya kalau tidak membawa oleh-oleh dari Aceh. IP Friends bisa mendapatkan souvenir berupa gantungan kunci, tas, songket, miniatur-miniatur, kipas, kain khas Aceh, accessories, dan masih banyak lagi. Tentunya souvenir tadi sangat khas aceh dan IP Friends tidak akan rugi mengunjungi Aceh.


9. Jika kamu berada dalam sebuah sampan bersama 1 anak kecil, 1 ibu-ibu, dan 1 nenek-nenek, dalam keadaan akan tenggelam, siapakah yang akan kamu tolong dengan segala keterbatasan yang kamu miliki? Sebutkan alasannya!
Saya akan menolong ketiga-tiganya, karena mereka memiliki kesempatan yang sama untuk hidup.

10. Bila kamu melihat seekor kupu-kupu terjebak di sarang laba-laba yang kelaparan, apa yang akan kamu lakukan? Menolong si kupu-kupu atau membiarkannya? Bila kamu membiarkan si kupu-kupu maka dia akan mati dimakan laba-laba. Namun bila kamu menolongnya maka kamu akan membiarkan si laba-laba mati kelaparan. Bagaimana tindakan kamu?
Menurut saya, kupu-kupu dan laba-laba memilki kesempatan hidup yang sama, tetapi ketika sedang berada dalam keadaan tersebut, saya harus memilih membiarkannya. Karena keadaan tersebut termasuk kedalam keseimbangan alam, dan proses rantai makanan pun terjadi.

11. Sebutkan satu benda yang kamu tidak bisa hidup tanpanya?
ILMU, satu kata penuh arti. Saya tidak bisa tanpa ilmu, karena dengan ilmu kita dapat mendapatkan yang kita inginkan. Dari hal terkecil hingga hal terbesar. Tanpa ilmu kita tidak dapat mengetahui apapun. Contoh kecilnya, ketika masih kecil, ibu mengajarkan dan memberi tahu apa saja yang ada disekililing kita, seperti memberitahu bagaimana cara memanggil “mama”, “papa”, dan lain-lain. Tanpa disadari ibu telah memberikan ilmu kepada kita ketika masih kecil. Oleh karena itu, ilmu adalah hal yang penting dalam hidup saya.


Part III "It's Not Only About Me"



12. Kalau kamu boleh memilih, bidang apakah yang paling ingin kamu tekuni dengan serius ke depannya? Sebutkan alasannya!
Ada beberapa bidang yang ingin saya tekuni dengan serius ke depannya, yaitu :
- Saya akan menekuni dunia sosial, karena seperti yang kita tahu bahwa manusia adalah makhluk sosial dan saling bergantung satu sama lain. Oleh karena itu saya ingin melakukan kegiatan sosial yang dapat memberikan manfaat kepada orang-orang yang membutuhkan disekitar saya. Saya sudah punya program yang bernama “ ANSANANTA “ yaitu Anti Kekerasan terhadap Anak dan Wanita. Program yang saya jalankan ini karena melihat tingginya angka kematian yang disebabkan oleh kekerasan terhadap anak dibawah umur dan wanita. Langkah awal menjalankan program ini adalah sosialisasi ke beberapa sekolah di Banda Aceh dan Talk Show di stasiun TV. Dengan adanya program ini dapat menjadi solusi untuk mengurangi angka kematian terhadap anak dan wanita di Aceh, maupun di Indonesia.
- Dunia kewirausahaan, saya akan menekuni dunia ini, karena sesuai dengan cita-cita saya yaitu menjadi seorang entrepreneur yang sukses dan saya bisa membuka lapangan kerja untuk masyarakat Indonesia, agar angka pengangguran menurun.
- Dunia entertaintment, dunia yang juga akan saya tekuni. Di dalam dunia Entertaintment, saya dapat mengeksplore talent yang saya miliki.

13. "Indonesia" hal apa yang akan kamu jawab dan jelaskan bila mendengar kata ini?
Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki berjuta keindahan dan panorama yang membentang luas. Indonesia memiliki banyak pulau, oleh karena itu tidak heran jika di negara ini memiliki kebudayaan yang sangat beragam. Negara ini memiliki hasil alam yang melimpah. Tapi sayang hasil alam negara ini dikelola oleh negara lain, dan tentunya meningkatkan pendapatan negara lain. Sedangkan Indonesia terus di hantui dengan kemiskinan. Seharusnya kemiskinan ini diberantas, bukan orang miskin yang diberantas oleh pejabat-pejabat yang memakan hak negara dengan cara korupsi. Indonesia tidak akan maju jika tidak ada kesadaran dari pribadi masing-masing. Kejujuran yang paling dibutuhkan di Indonesia ini. Jika semua sudah jujur, tidak akan ada lagi kasus korupsi dan Indonesia akan sejahtera.


14. Apa yang ingin kamu sumbangkan bagi Indonesia melalui hal-hal kecil yang sudah kamu rintis saat ini?
Saya ingin menyumbangkan apa yang bisa saya sumbangkan untuk Indonesia tercinta. Salah satunya yang ingin saya sumbangkan adalah ilmu yang saya miliki. Mulai dari mengajarkan anak-anak putus sekolah hingga melakukan kegiatan sosial dengan membagi ilmu yang saya punya pastinya dilingkungan terkecil saya dulu , karena saya yakin ketika saya berhasil dalam lingkup kecil maka dalam lingkup yang besar saya dapat menjalani nya. Dan yang pastinya ilmu adalah hal yang paling penting. Saya berharap negara ini akan memiliki generasi-generasi emas penerus bangsa dari ilmu yang pernah saya bagikan.

15. Apakah kutipan atau kata-kata bijak favoritmu?
- "Pantang pena menyentuh tangan, kertas putih menjadi coretan imajinatif ” - Winda Ulfa
- "Aku bermimpi melukis dan kemudian aku melukis impianku." - Vincent Van Gogh
- “Tujuh hal yang akan menghancurkan kita; kekayaan tanpa kerja, pengetahuan tanpa kerja, bisnis tanpa moralitas, ilmu pengetahuan tanpa kemanusiaan, ibadah tanpa pengorbanan, politik tanpa prinsip.” - Mahatma Gandhi




Terima Kasih kepada Winda atas kesempatan dan kesediaan wawancaranya dengan 
Indonesian Pageants  

Gabung di Facebook IP di facebook.com/indonesianpageants 
dan follow Twitter IP di @indopageants


2 Komentar di Blogger

2 comments:

Unknown mengatakan...

terus berjuang untuk menggapai kesuksesan Inong Winda, berikan yang terbaik untuk Indonesia. Good Luck

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
 
Toggle Footer