Minggu, 01 Juli 2012

Wawancara IP dengan Octaviany Wulansari, wakil Indonesia di Miss Deaf World 2012. Enjoy the full story after the jump!


Bio Data

Nama : Octaviany Wulansari
Tempat / Tanggal Lahir : Surakarta, 19 Oktober 1992
Tinggi : 172 cm
Hobby : Jalan-jalan, belajar, dan mengajar bahasa isyarat
Makanan favorit : nasi pecel, bakso, roti dan kebab
Minuman favorit : es jeruk, es teh, dan juice buah
Quote : "Saya yakin saya bisa"
Prestasi : 
- Juara 2 Model busana Muslim di Solo tahun 2006
- Juara 1 Dance Modern dengan team di Solo tahun 2005
- Juara 1 Model Pesta Solo tahun 2011
- Juara 1 Model Pesta Jawa Tengah 2011



1. Ceritakan kepada kami tentang diri Anda dan keluarga Anda, serta seberapa besar peran keluarga Anda terhadap kehidupan Anda.
Saya adalah anak sulung dari 3 bersaudara, semuanya perempuan. Ayah saya, Bambang Sumpeno bekerja sebagai wiraswasta pembuat takaran dan timbangan. Sementara ibu saya, Heni adalah seorang ibu rumah tangga. Meski hanya seorang ibu rumah tangga, beliau berperan sangat besar dalam membantu saya dan adik-adik saya dalam menempuh pendidikan. Meskipun saya a̲̅∂a̲̅ keterbatasan pendengaran tapi alhamdulillah orang tua dan keluarga besar sangat mendukung saya untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik. Itu;ah yang membantu saya menjadi lebih percaya diri dan belajar dengan semangat.

2. Apakah moto hidup Anda?
"Saya yakin saya bisa"

3. Siapakah inspirasi terbesar dalam hidup Anda?
Yang menginspirasi saya adalah anak-anak dengan disabilitas pendengaran yang belajar bahasa isyarat bersama-sama dengan saya. Saya ingin komunitas seperti kami lebih percaya diri dan bisa diterima orang normal dalam pergaulan sosial.



4. Apakah pengalaman paling lucu atau unik yang pernah Anda alami dalam hidup Anda? 
Pengalaman saya yang lucu dan unik sangat banyak. Tapi yang paling berkesan saat melakukan sosialisasi bahasa isyarat di acara car free day di Solo setiap minggu. Dimana biasanya kami diajarkan bahasa isyarat oleh orang normal, namun sekarang yang terjadi adalah sebaliknya. Dalam mengajar bahasa isyarat kepada orang normal yang ingin tahu bahasa isyarat sering terjadi salah komunikasi. Tapi setelah sama-sama mengerti maksudnya, kami jadi tertawa bersama. Pengalaman unik lainnya adalah saat saya dikenalkan dengan komunitas red batik Solo. Komunitas ini sanggup membuat 1 atau 2 kain batik menjadi busana yang unik dan inspiratif tanpa dijahit.terlebih dahulu. Luar biasa menarik.

5. Apakah kegiatan favorit Anda di waktu luang Anda?
Kegiatan favorit saya di waktu luang adalah belajar make up, memperdalam bahasa isyarat, dan mencari berbagai informasi di internet dan facebook.

6. Apakah cita-cita terbesar yang ingin Anda capai dalam hidup Anda?
Cita-cita terbesar saya adalah menjadi guru khusus anak-anak dengan disabilitas pendengaran dengan bahasa isyarat dan menjadi model dengan disabilitas pendengaran terbaik di Indonesia.



7. Ceritakan kepada kami bagaimana awalnya sehingga Anda terpilih menjadi wakil Indonesia di ajang Miss Deaf World 2012 ini.
Pertama kali saya tertarik dengan dunia fashion adalah sewaktu Sekolah Dasar (SD) kelas 5, tapi saat initu saya masih bingung karena tidak tahu caranya. Sampai akhirnya SMP kelas 3 alhamdulillah saya mendapat kesempatan ikut latihan model. Dan berlanjut SMA kelas 1 mulai ikut acara dan lomba-lomba yang berhubungan dengan dunia fashion. Dan alhamdulillah itu terus berlanjut sampai sekarang menjadi saya dipercaya sebagai Miss Deaf Indonesia 2012.


8. Apa saja persiapan yang Anda lakukan untuk menghadapi Miss Deaf World 2012?
Persiapan yang telah saya lakukan adalah belajar akan bahasa isyarat internatioal, belajar menarikan Tarian Enggang dari Kalimantan Timur, belajar cara berbusana dan membawakan pakaian adat dari Padang, belajar make up, dan belajar catwalk.


9. Apakah Anda memiliki target yang ingin Anda capai di ajang Miss Deaf World 2012, bila iya, apakah target Anda?
Saya ingin dalam Miss Deaf World tahun ini saya dapat menjadi juara 1 agar bisa memberi semangat kepada teman-teman saya di Indonesia dan membawa nama harum Indonesia.



10. Bila Anda mendapatkan kesempatan untuk menceritakan tentang Indonesia di ajang Miss Deaf World 2012, apa yang akan Anda katakan dan mengapa?
Saya akan bercerita tentang Indonesia sebagai sebuah negara yang sangat kaya akan suku dan kebudayaan. Karena itu saya ingin dunia tahu bahwa Indonesia mempunyai banyak tempat wisata yang bagus dan penduduknya ramah tamah.

11. Menurut Anda apakah manfaat positif yang dapat diambil dari adanya ajang pemilihan untuk penyandang disabilitas seperti Miss Deaf World ini?
Menurut saya ajang seperti Miss Deaf World ini berpengaruh positif untuk memberikan motivasi kepada teman-teman penyandang disabilitas agar mereka lebih percaya diri.

12. Apakah pesan Anda untuk teman-teman Indonesian Pageants dan seluruh pendukung Anda yang membaca wawancara ini?
Saya berharap kepada teman-teman yang seperti saya agar tidak patah semangat, tetap belajar dan tidak mudah putus asa meskipun mempunyai keterbatasan fisik. Dan saya juga ingin agar orang-orang normal bisa belajar bahasa isyarat sehingga tidak ada lagi kesalahan komunikasi diantara kita.


Terimakasih kepada :
Octaviany Wulansari, Dian Inggrawati, dan Mas Haris dari Yayasan Putri Tunarungu Indonesia atas kesediannya dan bantuannya dalam melakukan interview liputan ini

Jangan Lupa LIKE Fan Page Indonesian Pageants
untuk berita-berita terkini
http://www.facebook.com/indonesianpageants

Follow juga Twitter IP
@indopageants
0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer