Rabu, 03 November 2010




Hi semua? apa kabar? Saya Zukhriatul Hafizah, Puteri Lingkungan Hidup Indonesia 2010 mau berbagi cerita sedikit selama saya di China mengikuti Miss International 2010,yang masih berlangsung hingga 7 November 2010. Langsung saja ya.


Saya sekamar sama Miss Filipina yg cantik, baik hati n ramah, Krista Kleiner. Disini suhunya 10 derajat celcius tapi kadang naik turun, jadi kadang dingin, kadang enggak. Hari pertama ada swimsuit photo session, mengunjungi Shanghai Expo dan mengunjungi School for Handicapped Children dan diakhiri dengan kegiatan sponsor berupa “Party for Miss Paris” (acara sponsor dimalam hari).


Hari kedua lumayan capek nih pindahan dari Shanghai ke Chengdu..capee abisss nunggu dibandara, berdiri, ngobrol, ngantuk ampe minum kopii ... perjalanan 2 jam lebih. Berangkat dari Shanghai jam 10 pagi sampai Chengdu jam 6 sore. Kelamaan transit di bandara.


Tapi surprise!! Semuanya terbayar gara2 waktu sampai di Sichuan Tennis International Hotel disambut puluhan mungkin 80an media massa tv, radio, cetak yg disiarkan di Cina dan Jepang. Yang bikin senang, Indonesia yg pertama yang disambut, wah, saya melambai-lambai tangan ketika turun dari bis, melintasi red carpet, terus duduk paling depan hehehe ... aih senangnyaaa.Pokoknya Indonesia selalu yg pertama deh. Di setiap foto saya berusaha paling depan. Senang banget disambut disitu meriah sekali, masyarakat Chengdu baiknya mintaa ampun, Jadi kayak artis atau selebritis nih hehehe. Sempatkan foto bareng Chairman ICA dan Miss International 2009, Anna Gabby? Pastinya!


Hari ketiga ada red carpet pake national costume..wah banyak banget masyarakat yg datang ke hotel dan media massa disiarkan TV Cina secara live di CCTV 5. Saya diwawancarai mengenai natcos Gorontalo ini. Pas dired carpet saya juga sempat ditanya mengenai peran Puteri Indonesia Lingkungan Hidup, “as Miss Environment what would you say to the people in Chengdu?” Lalu saya jawab pakai Bahasa Inggris, “I want to ask all people in chengdu to start and more concern about environmental issue because global warming has become worst day by day, global warming is not only the problem of a country but also all countries in the world.”


Terus, pada tepuk tangan sblumnya ditransalate dulu pake bahasa Mandarin. Jadi lucunya disini lamanya kalo komunikasi, translatornya banyak banget. Trus saya bilang "wo ainimen tajia" atau i love u all hehehe,untung menyempatkan diri belajar bahasa Mandarin sedikit-sedikit di Indonesia. Terus saya langsung curi kesempatan membawakan tarian Gorontalo dan semuanya tepuk tangan hehehe...ah senengnya, Ya, kita memang harus pinter nyari timing, kalau nggak mau kelibas tuan rumah Cina, Japan, yang selalu diwawancara sm media disana, juga Miss dari Macau dan Hongkong, dll yg bisa bahasa Mandarin. Karena ternyata reporternya juga ga bisa bahasa Inggris ... jadi lucunya aku paling gaya2 narsis n senyum aja, selalu bilang ni haoo (halo) and xie xie..wo aini Chengdu hehehe. Seneng aja ada yang tau tentang Indonesia.


Terus waktu saya jelasin natcos di red carpet, saya hubungkan juga dengan lingkungan, karena di suntingnya ada ayam n pisang yg merupakan makhluk hidup yg harus dijaga n dilsetarikan. trus sunting naga itu dipengaruhi sama budaya cina juga itu semua mereka terjemahkan deh ke Bahasa Mandarin.Saya disini ber bahasa Inggris trus..karena tidak ada interpreter Indonesia disini....rata2 kontestan lain hanya tau Indonesia itu Bali dan masih pada bingung dimana, makanya saya merasa senang bisa bercerita tentang Indonesia. Saya bercerita tentang komodo, kebaya, dan Filmn Eat, Pray Love yg syuting di Bali. Trus Saya bilang di Indonesia juga banyak keturunan Cina ... Chinese descendant.


Chairman ICA bilang aku so beautiful, wahh senang sekali! Terus dia tanya"Indonesia, you are so beautiful. Do you know Dewi Soekarno? She is my best friend and she’s from Indonesia” Waktu saya bilang tahu, dia langsung bicara lagi “I said that please send my best regards to her.., she's my best friend." Pokoknya beliau sudah notice Indonesia Setidaknya tidak hanya China yg tuan rumah dan Japan yg diwawancara terus terusan. Merdekalah pokoknya hehehhe!!!!


Dihari keempat, saya senenggg banget dibawa keliling ke Ancient Town disambut meriah bgt...masyarakat China tumpah ruahh, China betul2 the largest population bgt deh..so massive...Saya dan temen2 yg lain ga henti2nya lambai-lambaikan tangan, trus disambut sama mrching band, ada pertunjukn kerajinan anyaman, dll...banyak wartawan bgt. Terus kita semua dibawa parade keliling kota naik mobil BMW, dll yg capnya bisa dibuka .. .pokoknya mobilnya beda2.


Senangnya lagi Indonesia selalu didepan dan dikasih kesempatan duluan kalau ada apa2.. saya selalu foto deket Miss International dan chairmannya..trus pada suka bgt sama bju biru pink Lenny Agustin aku. Berkat gaun itu, semua pada perhatian ke akuuuu, Indonesiaa you look so beautiful, sexy, and love ur outfit..wkwkkw.. walaupun banyak yg belum tau where's Indonesia tapi trusss usaha supaya indonesia dilirik, setidaknya banyak yang notice kalo Indonesia itu ada dan menarik ...



Bahan Teks : Fiza (Edit: Nur & Ayus) & Website PI Foto : Fiza & berbagai sumber

Terima kasih kepada YPI (yayasan Puteri Indonesia) & Fiza
www.puteri-indonesia.com
1 Komentar di Blogger

1 comments:

Yoghi Martino Yulian mengatakan...

wah ga nyangka ternyata sambutan di sana cukup positif! manfaatkan moment ini fiza!

 
Toggle Footer