Selasa, 19 April 2011

Kita semua sudah mengenal Rikas Harsa sebagai sosok L-Men of The Year 2010 yang sangat ramah dan inspirasional. Tapi apakah kamu tahu apa cita-cita Rikas sewaktu dia masih kecil dan barang apa yang bakal dia beli seandainya dia diberi satu juta dolar? Dalam wawancara ini, kita akan menggali lebih banyak lagi tentang Rikas termasuk persipan Rikas menuju Mister Universe Model 2011 bulan Mei nanti.


1. Ceritakan kepada kami tentang diri Anda dan keluarga Anda, serta seberapa besar peran keluarga Anda terhadap kehidupan Anda.
Saya anak kedua dari tiga bersaudara. Anak tengah dan pria satu-satunya. Buat saya keluarga adalah prioritas yang utama, karena cinta orang tua tidak bisa dibayar dengan apapun. Selama ini mereka selalu memberikan support, kasih sayang, dan edukasi yang terbaik untuk kami semua.

2. Apakah moto hidup Anda?
“Diatas langit selalu ada langit”. Saya kira sehebat-hebatnya/suksesnya seseorang pasti ada lagi yg punya prestasi lebih. Untuk itu, harus mempunyai personal attitude yang low profile dan jangan cepat puas.

3. Siapakah inspirasi terbesar dalam hidup Anda?
Definitely my Father! Sifat tekun dan kerja kerasnya yang saya banyak pelajari dari dia.

4. Apakah pengalaman paling lucu atau unik yang pernah Anda alami dalam hidup Anda?
Saya selalu dianggap sebagai anak kuliahan sampai dengan sekarang apabila berkenalan dengan orang baru. Mungkin wajah saya yang menipu umur. Dan biasanya saya selalu mengaku umur saya 25 tahun and it works! He he!

5. Apakah pekerjaan yang Anda cita-citakan sewaktu Anda masih kecil, dan pekerjaan yang Anda cita-citakan sekarang saat Anda sudah dewasa?
Sewaktu kecil saya bercita-cita bermacam-macam dan selalu berubah-ubah, pernah ingin menjadi arsitek, atlet olah raga, bintang film, dan pembalap. Cita-cita waktu kecil jauh berbeda dengan sekarang, tapi kemungkinan untuk hobi balapan masih ada.

6. Apakah kegiatan favorit Anda di waktu luang Anda?
Menghabiskan waktu dengan motor besar, nonton, ngopi sambil baca majalah, hanging out with friends, dan berkunjung ke pameran atau exhibition apabila ada.

7. Ceritakan kepada kami tentang pengalaman Anda berkaitan dengan 3 bidang olahraga yang Anda lakukan (Karate, Tinju, dan Bulutangkis).
• Saya aktif bermain bulutangkis sewaktu masa SMA. Setiap minggunya saya sering bertanding mewakilkan kompetisi antar sekolah untuk Aquinas College, Senior High School. Saat itu, saya juga terpilih sebagai Captain Badminton Team dan juga mendapat gelar “The Best & Fairest Badminton Player” untuk tahun 1997 dan 1998 berturut-turut.
• Setelah lulus SMA tahun 1998, saya bergabung dan aktif di South Perth Dojo Karate Club. Selama tahun 1999 – 2002 saya aktif mengikuti Kejuaran Karate tingkat Daerah dan Nasional. Saya mendapat banyak pelajaran dan teman dari banyak negara dengan olah raga karate yang satu ini.
• Olah raga tinju juga pernah saya coba, pada tahun 2007 – 2008. Saat ini saya berlatih bersama atlet-atlet Tinju Amatir (PERTINA) untuk persiapan Pra-PON. Ini adalah olah raga yang keras dan memakan stamina dan fisik, dimana lari 3 km terhitung sebagai pemanasan.


8. Apakah definisi Anda tentang “sehat”?
Menurut saya sehat adalah suatu hal yang tidak bisa dibeli. Saya kira untuk memulai hidup sehat hanya awalnya saja yang sulit, dan selanjutnya akan berjalan sebagai satu kebiasaan. Terlepas dari memiliki perut 6 pack sebagai bonus, hidup sehat tentunya banyak sekali manfaatnya.

9. Bila Anda diberi uang satu juta dolar, apa yang akan Anda lakukan dengan yang tersebut?
Beli 1 motor BWM R 1200 GS Type Adventure dan keliling dunia dengan motor tersebut, seperti yang pernah dilakukan Helge Pedersen, asal Norway (1981-1991) dan Jeffrey Polnaja, asal Indonesia (2006 – 2008).

10. Bila Anda diberi kesempatan untuk membawa serta satu barang dari dunia setelah Anda meninggal nanti, barang apa yang akan Anda bawa dan mengapa?
Probably my blackberry! So I can PING and keep in touch with my contacts. He he ...

11. Bila Anda diberi kesempatan melakukan kampanye gaya hidup sehat di suatu tempat, di manapun juga, tempat apa yang akan Anda pilih dan mengapa?
Menurut saya kampanye hidup sehat bisa dilakukan kapan pun dan dimana saja seperti yang saya lakukan sekarang sebagai tanggung jawab Winner L-Men of the Year 2010 dan seterusnya. Banyak pria dan wanita di Indonesia yang masih beranggapan bahwa hidup sehat itu sulit dan hanya perlu dilakukan ketika berumur tua ataupun setelah terserang penyakit kronis.


12. Apa saja persiapan yang Anda lakukan untuk menghadapi Mister Universe Model 2011?
• Mengurus Visa dan dokumen lainnya
• National Costume, Evening Wear, dll
• Jaga badan sebaik mungkin.
• Kesehatan dan menghindari agar tidak kena cidera otot pada saat latihan.
• Support dan Doa dari teman-teman.

13. Menurut Anda siapakah pesaing terberat Anda di ajang Mister Universe Model 2011?
Kalo pesaing terberat saya blum bisa bilang karena blum ketemu satu per satu. Meskipun ada beberapa kontestan yang saya sudah kenal sebelumnya seperti El Savador, Guatemala, France, dan Ireland, mereka adalah teman-teman yang seru dan nyaman untuk diajak ngobrol dan bergaul. Buat saya cenderung lebih dengan pemikiran untuk berkenalan sebanyak mungkin dengan para kontestan Mr Universe Model dibandingkan melihat mereka sebagai pesaing.

14. Apakah Anda memiliki target yang ingin Anda capai di ajang Mister Universe Model 2011, bila iya, apakah target Anda?
Berhubung ini adalah pertama kalinya Indonesia ikut serta di event Mister Universe Model, saya berharap untuk bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Mohon dukungan dan doanya dari teman-teman semua ya.

15. Bila Anda mendapatkan kesempatan untuk berbicara tentang Indonesia di ajang Mister Universe Model 2011, apa yang akan Anda katakan dan mengapa?
Indonesia adalah Negara yang kaya akan budaya dan tempat-tempat pariwisata dari Sabang sampai Merauke setara dengan tingkat International. Selain tempat wisata, aneka ragam kulinari dari setiap provinsi juga menjadi pusat perhatian dan daya tarik wisata dari Negara asing. Saya harap agar belahan Dunia lain bisa berkunjung ke Indonesia dan menjadikannya sebagai pengalaman unik yang tidak terlupakan.
Sebagai pemenang LOTY 2010, saya juga bangga bisa bergabung bersama L-Men yang merupakan produk Indonesia yang dapat mendunia dan menginspirasi hidup sehat para pria di Indonesia kapan saja dan dimana saja.

16. Apakah pesan Anda untuk teman-teman Indonesian Pageants dan seluruh pendukung Anda yang membaca wawancara ini?
Saya senang sekali bahwa saat ini Indonesian Pageants sudah seperti keluarga, sejak dulu mengenal saya pertama kali di kegiatan L-Men of the Year 2010. Sampai dengan hari ini saya selalu mendapat sambutan ramah dan diundang ke acara-acara Gathering Indonesian Pageants di Jakarta dan Bandung. Untuk itu saya mengucapkan banyak terima kasih dan berharap mendapat dukungan dan doa dari kalian semua teman-teman di Indonesian Pageants.
I will do my best for INDONESIA! Cheers!



BIO DATA

Nama Lengkap/Panggilan : Rikas Harsa (Rikas)
Tempat/Tanggal lahir : Jakarta, 7 Juli 1980
Tinggi/Berat badan : 176cm / 68kg
Pendidikan : Bachelor of Commerce, Certified Sports Nutrition
Pekerjaan : Brand Ambassador L-Men 2010, Modelling
Hobby : Motor besar, Travelling, Movies & Kuliner
Prestasi :
• Best Top 40 Operational Manager Suzuki Roda Dua Tingkat Nasional (2006)
• 2 Emas, 2 Perak dan 1 Perunggu - Kejuaran Karate Tingkat Nasional (1999 – 2002)
• 6 Emas, 5 Perak dan 4 Perunggu - Kejuaran Karate Tingkat Daerah (1999 – 2002)
• International Student Councilor at Senior High School – Aquinas College (1998)
• Best dan Fairest Badminton Player 1997 & 1998

Lagu favorit : Billionaire
Penyanyi / Band favorit : U2, Muse, 30 seconds to Mars, Paramore
Film favorit : Saving Private Ryan, The Last Samurai, Transformer
Aktor/Aktris favorit : Tom Cruise, Matt Damon, Bruce Willis
Kebiasaan unik anda : having my daily coffee twice a day



Terima kasih kepada Rikas atas kesediannya untuk melakukan wawancara ini, juga kepada pihak L-Men (terutama Mas Ariel) atas kesempatan yang dibeirkan kepada kami. Untuk informais lebih lanjut soal L-Men kunjungi situs resminya di L-Men.com
0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer