Jumat, 13 November 2009


DUNIA DEA !!

Ngobrol, Ketawa, Curhat bareng Ayu Diandrasari (1st RU Puteri Indonesia 2009)yang akrab dipanggil Dea. Dea adalah wakil Indonesia ke ajang Miss International 2009 di China.

Hi Ciin ... eh Hei Dea ... pa kabar ?

Hi juga Ciin ... hihihi baik baik yuk ngobrol yukk (dengan ramah Dea menyambut IP Team untuk duduk melepas lelah selesai acara Press Confrence dan Fitting persiapannya menuju Miss Internasional 2009) Ayo ayo mulai dari mana nih ?


Ceritain dong, awal mulanya semua ini terjadi ... sebelumnya sudah sering ikut lomba-lomba?

Awalnya saya pernah mendapat gelar Runner Up 2 Teruni Denpasar, setelah itu Tahun 2007 saya terpilih sebagai Juara 1 Duta Bahasa Propinsi Bali dan Juara 2 Duta Bahasa Indonesia tingkat Nasional, ketika duduk di bangsku sekolah sih pernah juga beberapa kali menjadi Juara Lomba baca puisi dan menulis cerpen ... kebetulan saya suka sastra.

Saya sendiri mulai mendalami modelling sejak SMA dan gabung di John Robert Powers, hingga akhirnya menjadi Puteri Indonesia Bali 2008 dan meraih gelar 1st RU di Puteri Indonesia 2008 sekaligus Puteri Kepulauan Bali & Nusa Tenggara. Jadi deh saya harus pindah ke Jakarta dan cuti dulu dari kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Bali untuk menjalani tugas sebagai Puteri Indonesia, apalagi saya juga disiapkan untuk mengikuti Miss International 2009.


Pengalaman apa saja yang didapat waktu menjadi Puteri Indonesia ?

Banyak! Antara lain mendampingi para petenis top putri dunia di ajang Bali Commonwealth Tennis Championship 2008,saya mendapat kehormatan mendampingi mereka di aktifitas-aktifitas outdoor luar lapangan seperti cooking class, melepas penyu ke laut, melukis di keramik, fashion show sekaligus memperkenalkan Bali dan Indonesia lebih jauh, juga kunjungan-kunjungan sosial seperti ke acara khitanan masal, memperingati hari pangan,dan banyak lagi acara sosial lainnya.


Kalau nggak salah nih cinn…eh sorry hehe ... 1st RU Puteri Indonesia kan juga Puteri Indonesia Lingkungan Hidup, nah kegiatan yang berkaitan dengan Lingkungan Hidup yang kamu hadiri apa saja ?

Wah banyak banget! Yang pasti saya menghadiri berbagai kegiatan bertema lingkungan. Mulai dari yang ringan ringan seperti mendampingi Bapak Presiden SBy dalam acara tanam pohon di Gedung MPR/DPR, menabur benih ikan bersama KIWANI dan ibu Dewi Motik. Kalau yang lain dalam kunjungan ke Nusa Tenggara Timur dan daerah Tangerang saya mengajak masyarakat untuk mampu mengelola sampah, daripada menumpuk, membusuk dan merusak lingkungan ? Lalu waktu kunjungan ke Bandung, bulan Desember 2008 & Mei 2009 ikut kampanye gerakan bersepeda, hebat lho, masyarakat sekarang sudah mulai peduli mengurangi emisi gas karbon.

Oh ya selain itu juga pernah mendapat kehormatans ebagai konsultan untuk pengunjung stand Waspada Online di acara Sumut Expo 2009 di Jakarta, saya sebagai pemerhati lingkungan hidup akan memberikan kon-sultasi tentang pelestarian lingkungan yang higenis dan nyaman. Seru!


"Yang pasti sebagai duta, nggak cuma kasih ceramah atau sekedar jadi ikon untuk menjaga lingkungan. Tapi kita dituntut untuk bisa terjun langsung, nggak cuma bicara atau sekedar teori aja, selain itu semuanya membutuhkan proses. "Semuanya emang butuh waktu bagi kita semua untuk care terhadap lingkungan, namun sama halnya seperti anak kecil yang diajari gosok gigi, awalnya emang akan susah, namun hal itu lama-lama akan jadi kebiasaan selanjutnya bisa jadi hal yang dibutuhkan."

"Saya rasa pemecahan permasalahan lingkungan yang ada sekarang bisa dituntaskan dari hal yang kecil dulu. Seperti dimulai dari lingkungan tempat kita tinggal. Setiap orang harus memiliki kesadaran lingkungan di dirinya masing-masing sebelum mengatasi permasalahan yang lebih besar," ujarnya. Woww ... Good advice Dea!!


Speaking soal pribadi nih ... cerita dong Dea itu siapa ?

Dea itu adalah mahasiswi Fakultas Kedokteran Udayana, Bali hahahaha (biar suka bercanda begini Dea masuk ke Fakultas Kedokteran lewat PMDK lho!). Yang pasti saya lahir di Denpasar, Bali tanggal 4 Agustus 1988 dari pasangan Putu Linarta dan Ida Ayu Gde Candra Suryani.

Soal lainnya, hmmm nilai sendiri saja deh (yang pasti hasil pengamatan IP sejak karantina PI 2008, pertemuan di Bandung dan di acara Konferensi Pers & Fitting menuju Miss International 2009, Dea adalah sosok yang humoris, apa adanya, murah senyum, IP Team sampai beberapa kali terpingkal pingkal mendengar gurauan dari Dea, sampai sampai kita menjulukinya, Miss Lenong! Ha ha ha).

Ehm saya tambahin ya? Tinggi dan berat saya 173 cm dan 54 kg, ukuran sepatu 40, hihihi ... hobby? Membaca, menari Bali & traveling! Oh ya aku juga bukan orang penakut, kalau menghadapi darah atau periksa mayat, hayo aja deh……calon dokter masa takut? hehehehe


Menjelang ke Miss International 2009, bagaimana nih ?

Persiapan intensif sih mulai 3 bulan terakhir,bersama YPI (Yayasan Puteri Indonesia) mulai dari baju baju karya desainer seperti Anne Avantie, Raden Sirait, Intan Avantie, Allure, Afif Syakur, Accent, Hian Tjen & aksesoris dari Anne K Adijuwono. Melakukan foto session, pendalaman tentang global issue dan pendalaman mengenai kesenian dan budaya Indonesia, pendalaman terhadap busana khas Indonesia, kerajinan tangan khas Indonesia. Selain itu juga memperdalam public speaking,table manner,etika bersama Team New Image by Rima Melati, Perawatan kecantikan & Fitness bersama Mustika Ratu di Taman Sari Royal Heritage Spa. Saya juga melatih kembali kemampuan tari Bali saya, memperdalam Bahasa Inggris bareng native speaker di ILP English Course, belajar Bahasa Cina dan kebetulan saya juga pernah memperdalam Bahasa Jerman, lumayan, mudah–mudahan kemampuan Bahasa Inggris, China, dan Jerman bisa menunjang disana.

“Tantangan terberatnya bagaimana mempertahankan kepercayaan diri dan membuat citra Indonesia benar-benar bisa memukau mereka dan dewan juri. Kan di sana nanti akan ada 68 wanita cantik dengan kecerdasan dan pengetahuan mengenai budayanya masing-masing, jadi kita harus tetap yakin bahwa kita bisa menang dan menunjukkan Indonesia yang ramah dan kaya raya dengan budayanya itu,” ujar Dea.


Ok, ada pesan pesan buat para IP (Indonesian Pageants) Friends ?

Dukung saya ya, Ayu Diandra Sari di ajang Miss International 2009 di China nanti, baik berupa kritik, saran maupun doa ataupun voting internet. Makasih banget atas perhatian dan dukungannya selama ini.Semoga Saya bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia!!

Terima Kasih sebesar besarnya untuk YPI (Yayasan Puteri Indonesia) atas semua akses dan kesempatan bertemu Ayu Diandrasari.

Foto : YPI, Fabio Lorenzo, Nursasongko & Search from IP Chat Forum.

Sumber : Berbagai surat kabar, web dan interview dengan Ayu Diandrasari
0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer