Jumat, 03 Februari 2012

Press Release Miss Coffee Indonesia 2012



A. Kopi

Kopi adalah minuman yang tidak mengandung alkohol, baik sebagai obat dalam budaya pengobatan tradisional.Arab, China, India, Indonesia, juga sebagai salah satu komoditi yang sangat diminati untuk diperdagangkan. Belakangan ini minum kopi sudah menjadi “life style”. Kopi tidak lagi hanya sekedar soal kafein, tetapi energi, semangat, sekaligus sebagai asupan tubuh. Kopi dengan kandungan kafein, protein, mineral dan kandungan lain terbukti menjadi minuman kesehatan dalam dosis tertentu. Citarasa dan aroma kopi dapat menjadi topik pembicaraan dan hal yang menyenangkan untuk dibicarakan. I

Indonesia adalah Negara penghasil kopi ke-3 atau kadang ke-4 terbesar didunia. Menurut data setiap tahunnya diperkirakan ada 100 milyar cup kopi diseduh setiap hari. Jika saja kita berasumsi 10% saja orang meminum kopi dari total jumlah penduduk Indonesia, maka estimasi perhitungannya sebagai berikut ; 10 % x 237 juta = 23.7 juta x 7 gram = 165.9 juta gram atau 165.9 ton per hari, jika asumsi seseorang 2 kali dalam sehari meminum kopi maka dibutuhkan kopi sebanyak 2x165.9 ton x 365 hari maka kebutuhan kopi didalam negeri saja berjumlah 121.107 ton / tahun atau 2.018.450 bag. Dapat dipastikan kebutuhan kopi untuk lokal saja sudah mencapai 22% dari hasil total ekspor Indonesia.

Berdasarkan data diatas maka total ekspor Indonesia 8.856.000 bags atau setara dengan531.360.000 kg atau 531.360 ton. Luas area perkebunan kopi di Indonesia berkisar 1.3 juta ha, namun hasil produksi per hektar diprediksi masih berkisar 600 kg / ha / tahun. Hal ini masih tergolong rendah, sehingga kelak dapat mencapai 1.500 kg / ha / tahun.


B. Kopi Luwak dan Ke-Bhinekaan Citarasa dan Aroma Kopi Nusantara

Kopi luwak adalah kopi yang proses pemilihan buah kopi serta pengupasan kulit buah dilakukan hewan luwak. Kopi luwak berasal dari feses luwak yang sudah melalui proses pemilihan oleh luwak dan diproses fermentasikan didalam tubuh luwak. Sementara iturangkaian proses penyangraian adalah hal terakhir untuk mendapatkan secangkir kopi luwak yang sangat enak.

Kopi luwak salah satu andalan dan kebanggan kopi Indonesia yang belakangan ini menjadi topik perbincangan hampir diseluruh dunia. Pasalnya selain sudah menjadi kopi termahal di dunia (Guinness book), sebab citarasa yang unik dan khas, kopi luwak juga dipercaya memberikan khasiat yang lebih manjur dibanding dengan produk kopi lainnya. Selain mengandung antioksidan, mineral, kafein dan terakhir dipublikasikan untuk luluran, masker kecantikan dan segudang khasiat lain. Hal lainnya adalah keharuman yang spesial pada kopi luwak. Sehingga belakangan ini permintaan akan kopi luwak semakin hari semakin banyak. Belakangan ini telah banyak para pelancong dari beberapa Negara seperti Japan, Korea, Singapore, Spanyol dan Negara Eropa lainnya, menjadikan sentra-sentra penghasil kopi luwak menjadi destinasi wisata mereka.

Kebanyakan masyarakat Indonesia belum mengetahui “komoditi emas” dari Tanah Air tercinta, salah satunya adalah komoditi kopi yang tersebar diseluruh Nusantara. Indonesia terbilang Negara yang diberkati. Sebab Indonesia memiliki citarasa dan aroma kopi yang berbeda-beda dari tiap-tiap provinsi. Kondisi ini tidak dimiliki oleh Negara-negara penghasil kopi lainnya. Semisalnya kopi dari dataran tinggi Gayo akan berbeda citarasa dan aroma dengan kopi dari dataran tinggi Danau Toba. Begitu juga Java kopi dari sekitar Bondowoso, akan berbeda dengan kopi arabika dari Tana Toraja dan Manggarai. Keadaan ini yang membuat gerai kopi yang berskala dunia menggunakan sebahagian besar raw materialnya atau biji kopi yang berasal dari Indonesia, sebagai salah satu kiat untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Dengan semakin diketahuinya bahwa ke-bhinekaan citarasa dan aroma kopi tiap-tiap provinsi di Nusantara ini, para pelaku bisnis gerai kopi dapat menjadikan informasi ini sebagai kiat bisnis dalam meraup keuntungan dan para pelanggan. Sehingga kopi-kopi Nusantara menjadi alasan kekuatan di negeri sendiri dan memberikan nilai tambah kepada petani kopi Indonesia. Kelak kopi yang diminum dapat langsung dinikmati dan tidak harus keluar negeri dahulu untuk disangrai dan dikemas, lalu kembali dijual di Indonesia.


C. Pemilihan Miss Coffee Indonesia

Indonesia mempunyai reputasi sebagai salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Sejalan dengan pertumbuhan jumlah peminum kopi dan perkembangan industri kopi baik didalam negeri maupun di dunia, maka Asosiasi Duta Indonesia (ADI) akan menyelenggarakan acara “ Miss Coffee Indonesia 2012” sekaligus sebagai awal acara dalam penyelenggaraan “Miss Coffee International 2012” dimana Indonesia sebagai tuan rumah pertama di dunia.

ADI adalah perkumpulan bersifat nirlaba dan non politik yang menjadi wadah bagi putra-putri Indonesia berprestasi, yang selanjutnya menjadi duta-duta Indonesia disegala bidang. Kehadiran ADI dalam menyelenggarakan acara “Miss Coffee Indonesia 2012” didukung penuh oleh pemerintah, pihak swasta dan para pelaku usaha kopi sebagai wujud nyata untuk mengembangkan dan meningkatkan industri kopi yang berakahir pada peningkatan ekonomi disemua rantai pelaku usaha kopi, sekaligus sebagai ajang dalam mempromosikan dan meningkatkan sektor Agrowisata di Indonesia.

Tujuan Pemilihan Miss Coffee Indonesia 2012

1. Mempromosikan produk-produk kopi unggulan Indonesia (specialty coffee) di luar negeri
2. Mempromosikan Agrowisata serta meningkatkan jumlah tujuan(destinasi) wisata melalui perkebunan-perkebunan kopi yang tersebar di hampir semua provinsi di Indonesia.
3. Mendorong peningkatkan produksi kopi melalui intensifikasi dan ekstensifikasi
4. Meningkatkan perdagangan pada sektor industri kopi sebagai wadah dalam menciptakan ekonomi kreatif
5. Meningkatkan kerjasama antar produsen-produsen kopi di dunia dan para pelaku usaha kopi didalam negeri.
6. Meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para petani kopi di Indonesia
7. Mengkonsumsi kopi-kopi dari Indonesia


D. Venue Miss Coffee Indonesia 2012

Miss Coffee Indonesia akan di ikuti oleh seluruh provinsi yang merupakan produsen kopi atau kota-kota yang merupakan daerah pengkonsumsi kopi cukup besar. Pemilihan Miss Coffee Indonesia berawal dari seleksi di 30 Provinsi dan Kota, yang berlangsung sejak bulan Februari hingga bulan Mei 2012. Tiap-tiap provinsi/kota akan diwakilkanoleh satu orang pemenang, sekaligus menjadi duta provinsi/daerah. Selanjutnya para duta-duta daerah tersebut akan mengikuti masa karantina pada tanggal 30 mei 2012 hingga 6 Juni 2012. Pada tanggal 2 Juni 2012, semua duta-duta daerah akan mengikuti acara Malam budaya atau “Culture Night”, bertempat di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona – Jakarta. Selanjutnya pada tanggal 6 Juni 2012 akan diadakan acara “Grand Final, Miss Coffee Indonesia 2012” yang akan ditetapkan kemudian.

Selanjutnya pemenang acara Grand Final Miss Coffee Indonesia 2012, akan menjadi Miss Coffee Indonesia yang mewakili Indonesia pada parhelatan acara “Miss Coffee International 2012” yang direncanakan akan berlangsung pada bulan Oktober di Bali-Indonesia.


Terima kasih kepada pihak Miss Coffee Indonesia yang telah bersedia membagi press release ini kepada Indonesian Pageants

Untuk informasi lebih lanjut soal Miss Coffee Indonesia kunjungi situs resminya
http://www.misscoffeeindonesia.com/

Jangan Lupa LIKE Fan Page Indonesian Pageants untuk berita-berita terkini
http://www.facebook.com/indonesianpageants
0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer