Kamis, 08 Desember 2011

Kiki Kartika (Kepulauan Riau-Batam) dinobatkan menjadi Putri Citra Indonesia 2011, setelah menyisihkan 25 finalis lainnya pada acara Malam Final Putri Citra Indonesia 2011 yang diadakan di Poolside Hotel Horizon Bandung, Kamis 1 Desember 2011.


Pemilihan Putri Citra Indonesia ini sudah diadakan oleh Yayasan Argadia (bergerak di bidang kecantikan dan tata rias pengantin tradisional) sejak tahun 1980an, menurut IP malah sempat masuk Top 3 Pemilihan bergengsi untuk wanita saat itu. Namun selepas zaman krisis ekonomi, pemilihan ini kurang terdengar meski tetap konsisten diadakan. Pemilihan ini unik yaitu menganut konsep budaya khas Jawa tapi tetap diikuti oleh berbagai propinsi. Para Finalis satu per satu memperkenalkan diri dan melakukan public speaking did epan umum selama kurang lebih 3 menit, dan berjalan anggun khas wanita jawa tradisional.

2 Finalis asal Jawa Timur secara bergiliran memainkan biola dan menyanyi untuk menghibur pengunjung malam final, mereka menyanyikan lagu khas daerah mereka yaitu "Rek Ayo rek" dan "Surabaya oh Surabaya"

Saatnya pengumuman pemenang, satu per satu ber parade menampilkan keanggunan dan kecantikannya, meski semua bergaya tata busana dan rias ala Jawa tapi mereka memakai kain adat khas masing masing lho, cantiknya Indonesia, wowww.

Sebelum pengumuman, ada prosesinya dulu. 2 kesenian tradisional khas Jawa Barat ditampilkan yaitu Pencak Silat & Sisingaan khas daerah kabupaten Subang. Bikin Finalis makin deg degan aja deh hehehe


Dan akhirnya ditariklah sang juara umum, Kiki Kartika dari Batam-Kepulauan Riau, Kiki langsung ditarik keluar barisan dan dipersilahkan duduk kemudian ditandu di atas Sisingaan sebagai perayaan kemenangannya, Selamat ya Ki..hati2 jatuh wkwkwk

Dan inilah juara juara lainnya (ki-ka)RA Mega Wahyu (Banten-Juara 3), Uswatun Hasanah (Sulawesi Tenggara-Juara 2), Kiki Kartika (Batam-Juara Umum) dan Vina Ariesta (Jambi-Juara 1)

Ada 2 Finalis yang mencuri perhatian IP di ajang ini mereka adalah :

Acha Dyer..is that you ? (Acha adalah Finalis Miss Indonesia 2009 & Putri Pariwisata Fotogenic 2010)Oh bukan , Ini pemenang Putri Citra Fotogenic 2011, Rizky Savina Akbar dari Sulawesi tengah, Mirip banget dengan Acha. Rasanya kita bakal melihat dia di kontes kontes lain selepas dia lulus SMA, tingginya 170 cm lagi.

Ini dia Favorit IP lainnya, Vina Ariesta, wakil Jambi, IP terkesan dengan sederet prestasi dan ke smart an nya dalam berbicara di stage. Bayangkan,s eorang dokter, baru pulang pertukaran mahasiswa kedokteran ke Canada, seorang presenter TV, penyiar radio dan amsih banyak prestasi dan kegiatannya, selain pandai beberapa bahasa asing. dan ternyata..."Saya juga IP Friends lho..saya juga member di FB IP, nggak nyangka bisa ketemu IP disini " Wahh senangnya, IP juga senang bertemu kamu Vina.

Berikut Hasil Lengkap
Pemilihan Putri Citra Indonesia 2011 :


JUARA UMUM :
Kiki Kartika (Batam-Kepulauan Riau)

Juara I
Vina Ariesta (Jambi)
Juara II
Uswatun Hasanah (Sulawesi Tenggara)
Juara III
RA Mega Wahyu (Banten)

Harapan 1
Episcia Puspita (Kalteng)
Harapan 2
Renny Stevana (NTT)
Harapan 3
Febriana (DKI Jakarta 3)

Putri Intlegensia :
Fendra Jelina (DI Yogyakarta)
Putri Keserasian Berbusana :
Veny Eka R (Sulawesi Tenggara 2)
Putri Persahabatan :
Nanda Maya (Sumatera Barat)
Putri Fotogenic :
Rizky Savina Akbar ( Sulwesi Tengah)
Putri Kepribadian :
Kris Ayu M (NTB)
Putri Favorit :
Nur Huriyah (Aceh)

IP says : Jujur IP kaget, terharu, juga excited, akhirnya bisa melihat langsung Pemilihan yang legendaris ini, dari dulu Pemilihan Putri Citra sangat dikenal, dulu malah diselenggarakan sangat besar besaran, seperti misalnya para Finalis pawai keliling kota di Bandar Lampung dengan masing masing menunggang Gajah Lampung!
Kagum saja melihat masih ada pemilihan yang berlangsung kental dengan nilai tradisional dan berjalan dengan tempo lambat, serasa melihat Pemilihan Putri Kraton ! Tapi nilai budaya Indonesia khususnya Jawa masih sangat dilestarikan disini, salut!


Liputan Oleh :
Nursasongko & Ayus Wijaya

Terima kasih kepada Deni Fitriansyah & Teman teman dari kontingen Jambi atas informasinya juga kepada Panitia Final Putri Citra Indonesia 2011.

0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer