Rabu, 29 Mei 2013

Interview IP dengan Rico Antonius Paulus, Grand Finalist wakil Sumatera Selatan di L-Men of the Year 2013. Enjoy them all after the jump!



BIODATA  
• Nama : Rico Antonius Paulus
• Nama Panggilan : Rico
• Tempat / Tanggal Lahir : Palembang, 27 April 1988
• Usia : 25 Tahun
• Tinggi Badan : 173 cm
• Pendidikan / Pekerjaan : S1 Ekonomi (Akuntansi) / Supervisor Coffee Shop
• Lagu Favorit : Stand Up (Melee) dan Di Balik Awan (Noah)
• Film Favorit : The Patriot
• Penyanyi / Band Favorit : Franky Rockapella (Musisi yang juga kakak kandung saya, yang menginspirasi saya dalam bermusik. Dia sangat jago dalam menciptakan lagu serta mengaransemen musik, dan sudah ada beberapa lagunya yang digunakan oleh beberapa artis besar musik)
• Aktor / Artis Favorit : Jason Statham
• Moto Hidup : "Jadikan ejekan itu sebagai sumber tenagamu untuk membuat mereka memujiMu"
• Prestasi :
- Gitaris band Bluesafir yang pernah beberapa kali menjadi semifinalis ajang pencarian bakat musik tingkat nasional
- Grand Finalist L-Men of the Year 2013 wakil Sumatera Selatan


1. Ceritakan tentang siapa diri Anda dan apa yang menarik dari Anda! 
Nama saya Rico, musik dan olahraga adalah sebagian jiwa saya. Saya mungkin hanyalah seorang pemuda biasa yang tidak banyak memiliki prestasi khusus, namuna saya merasa bangga karena saya mampu menyelesaikan kuliah S1 Ekonomi dengan biaya saya sendiri, dan di usia 20 tahun saya sudah mampu menjadi tulang punggung keluarga. Kebetulan saat ini ayah saya sudah cukup berumur, dan tidak memungkinkan untuk bekerja lagi, sedangkan ibu saya seorang ibu rumah tangga. Karena itu, setelah lulus SMU saya langsung bekerja di sebuah mall sebagai store keeper. Semua penghasilan yang saya terima saya pergunakan untuk biaya kuliah, biaya sekolah adik saya, dan untuk juga untuk kedua orang tua.

2. Hobi atau kegemaran apakah yang biasa Anda lakukan di waktu luang Anda? 
Kegiatan saya, saat ini adalah sebagai supervisor di sebuah jaringan coffee shop internasional. Selain bekerja, saya juga aktif di organisasi pemuda gereja, dan saya sangat mencintai musik terutama gitar. Dalam seminggu saya juga rutin berlatih di gym untuk mempertahankan dan membentuk tubuh impian saya. Selain gym, olahraga lain yang menjadi kegemaran saya adalah berenang dan basket.

3. Seandainya Anda harus memilih satu judul lagu yang paling menggambarkan hidup Anda, judul lagu apa yang Anda pilih dan mengapa? 
Ada dua judul lagu yang akan saya pilih yaitu “Stand Up” dari Melee dan “Di Balik Awan” dari Noah.

4. Ceritakan tiga (3) impian atau tujuan hidup Anda ke depan! 
- Saya ingin membuat keluarga saya bangga dan bahagia
- Saya ingin menjadi seorang public figure yang menginspirasi
- Saya ingin dapat mempengaruhi keluarga, kerabat, serta teman-teman saya agar mereka mau mulai menjalankan pola hidup sehat


5. Tahun ini L-Men of the Year mengambil tema "The Shoot" yang dapat bermakna luas, menurut Anda, apakah definisi dari The Shoot? 
Menurut saya definisi “The Shoot” adalah fokus terhadap target dan tembak secara jitu, yaitu fokus, yang penuh strategi dan kerja keras utk mewujudkan cita-cita.

6. Siapakah tokoh/sosok yang menjadi inspirasi yang dapat memotivasi Anda untuk terus maju (boleh lebih dari 1)? 
- Yesus Kristus
- Kedua orang tua saya
- Bruce Lee

7. Negara manakah yang ingin Anda kunjungi jika mendapat tiket gratis liburan? Jelaskan mengapa Anda ingin ke sana dan apa yang akan Anda lakukan jika dapat ke sana?
Saya ingin dapat pergi ke China karena negara tersebut sangat menghargai dan menjunjung tinggi budaya tradisionalnya sekaligus juga menjadi negara yang saat ini sangat maju dari segi ekonomi dan pariwisata, sehingga saya berharap bisa mendapatkan inspirasi dan wawasan baru di sana.

8. Apa yang Anda ingin/dapat sumbangkan jika mendapat kesempatan sharing atau mengajarkan keahlian ke masyarakat luas? 
Saya akan menceritakan perjalanan hidup saya, dan bagaimana saya mencapai cita-cita. Saya juga mau menghibur dan membangkitkan kembali semangat juang dari orang-orang yang patah semangat, dengan keahlian saya dalam bermusik, misalnya dengan membuat lagu-lagu yang penuh inspirasi, memberikan semangat, dan harapan.


9. Apakah Anda pernah mengalami kegagalan dari hidup? Bila iya, bisakah diceritakan seperti apa pengalamannya dan pelajaran apa yang Anda petik dari pengalaman itu? 
Saya pernah bergabung sebagai gitaris sebuah band dan saat itu band saya telah sukses memikat sebuah major label. Setelah deal masalah kontrak dan rekaman tercapai, saya memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan saya sebagai supervisor logistik di sebuah mall dan fokus ke bidang musik. Namun ternyata pihak label tersebut setengah hati dalam mempromosikan band saya, berbeda jauh dengan janji manis mereka di awal, dan akhirnya karir band saya pun terhenti. Saya menjadi pengangguran tak jelas, kegiatan band tidak berjalan, dan pekerjaan pun sudah terlanjur saya tinggalkan. Namun dari pengalaman tersebut saya belajar bahwa tidak semua perjalanan hidup semanis yang kita pikirkan. Pasti selalu ada batu yang terjal menghadang. Karena itu, kita harus berpikir lebih cerdas dan bijak dalam memutuskan sesuatu.

10. Ceritakan pengalaman paling lucu yang pernah Anda alami dalam hidup! 
Pernah suatu saat, ketika berhenti di lampu lalu lintas yang menyala merah, di samping motor yang sedang saya kendarai ada seorang gadis cantik yang sedang naik motor juga. Saya yang saat itu sedang membonceng teman saya berinisiatif melakukan aksi angkat ban untuk menarik perhatian gadis itu, tetapi teman saya di belakang yang tidak tahu saya punya inisiatif melakukan aksi angkat ban jatuh tesungkur. Akibatnya semua pengendara di belakang menertawai kami, dan gadis itu malah berkata, “Mau atraksi di sirkus aja!”. Malu sekali saya wktu itu, dan untung teman saya tidak apa-apa, hanya saja dia langsung menjitak kepala saya sambil marah-marah. Ha ha ha ha ha.

11. Pesan apakah yang ingin Anda sampaikan kepada para pembaca wawancara ini? 
"Milikilah cerita hidup yang membanggakan dan menginspirasi yang akan kau ceritakan pada anak cucumu kelak"



Terimakasih kepada : 
Rico Antonius Paulus dan Mas Ariel yang memberikan kesempatan untuk interview ini 

Follow Rico Antonius Paulus di Twitter
@antonius_rico

Visit Website L-Men
www.l-men.com

Jangan Lupa LIKE Fan Page Indonesian Pageants untuk berita-berita terkini
http://www.facebook.com/indonesianpageants

Follow juga Twitter IP
@indopageants
0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer