Senin, 13 Mei 2013

Interview IP dengan Christian Ronald Silaban, Grand Finalist wakil Banten di L-Men of the Year 2013. Enjoy them all after the jump!


BIODATA
• Nama : Christian Ronald Silaban
• Nama Panggilan : Chris / Tian / Ronald
• Tempat / Tanggal Lahir : Jakarta, 10 Januari 1989
• Usia : 24 Tahun
• Tinggi Badan : 173 cm
• Pendidikan / Pekerjaan : S1 Hukum (Internasional) / Marketer Properti dan Wirausaha Kontraktor
• Lagu Favorit : Moves Like Jagger (Maroon 5)
• Film Favorit : Fast and Furious, Transporter, Iron Man
• Penyanyi / Band Favorit : Peterpan dan Maroon 5
• Aktor / Artis Favorit : Robert Pattinson dan Robert Downey Jr
• Moto Hidup : "Jika kita mau, pasti kita dapat meraih apapun dalam kehidupan ini"
• Prestasi :
- Anggota OSIS SMA Tarakanita Gading Serpong, Tangerang
- Anggota Paskibra SMA Tarakanita Gading Serpong, Tangerang
- Peserta Moot Court Competition 2006 di Universitas Padjajaran Bandung (Human Rights)
- Juara 7 UNTAR fitness model tahun 2008
- 10 besar lulusan terbaik Fakultas Hukum Universitas Trisakti, Jakarta (IPK 3,71)
- Juara 1 kompetisi futsal antar gereja tahun 2012
- Top 10 audisi Bandung L-Men of the Year 2008
- Top 35 audisi Bandung L-Men of the Year 2012
 - Top 35 audisi Jakarta L-Men of the Year 2012
- Grand Finalist L-Men of the Year 2013 wakil Banten


1. Ceritakan tentang siapa diri Anda dan apa yang menarik dari Anda! 
 Nama saya Christian Ronald Silaban. Saya adalah anak pertama dari 2 bersaudara. Hal yang menarik dari saya adalah unik, pekerja keras, disiplin, pantang menyerah, ramah, gigih untuk meraih cita-cita, dan mau menerima kritik dari orang lain. Sejak usia 5 tahun, saya sudah suka berolahraga seperti bulutangkis, tenis, renang, taekwondo, dan jogging bersama ayah. Sampai sekarang saya masih rutin berolahraga setiap pagi hari sebelum berangkat bekerja dan berenang pada sore/malam hari saat pulang kerja. Saya lulusan fakultas hukum Universitas Trisakti, Jakarta dan mengambil program kekhususan Hukum Internasional. Saya berhasil lulus dalam jangka waktu 3,5 tahun serta menjadi 10 Besar lulusan terbaik dengan IPK 3,71 saat yudisium tahun 2010.
Saat ini saya menjalankan 2 pekerjaan, sebagai pelaksana kontraktor pada usaha yang dijalankan keluarga saya dan sebagai marketer properti di daerah Tangerang. Walaupun tidak berhubungan dengan ilmu yang saya pelajari di bangku kuliah, namun saya menjalankan semuanya dengan sepenuh hati dan sungguh, karena semua ilmu pasti berguna di semua lini kehidupan kita.
Saya juga sesorang yang senang berorganisasi dan aktif mengikuti berbagai kegiatan. Beberapa kegiatan yang pernah saya ikuti diantaranya adalah :
- Berlatih taekwondo sewaktu SMP
- Berlatih sebagai pemain junior PERSITA Tangerang
- Menjadi anggota OSIS (seksi olahraga dan kerohanian) di SMA Tarakanita Gading Serpong, Tangerang
- Anggota tim futsal SMA Tarakanita Gading Serpong, Tangerang
- Anggota paskibra SMA Tarakanita Gading Serpong, Tangerang
- Anggota peradilan semu Fakultas Hukum Universitas Trisakti, Jakarta
- Mengikuti Moot Court competition tahun 2006 di Universitas Padjajaran Bandung dengan tema: "Human Rights"

2. Hobi atau kegemaran apakah yang biasa Anda lakukan di waktu luang Anda? 
Hobi yang saya lakukan di waktu luang yaitu jogging, renang, gym, muaythai, taekwondo, bernyanyi, bermain gitar, memasak, dan membaca buku. Tema buku yang biasanya menarik bagi saya adalah biografi, psikologi dan pengembangan diri, sejarah dan kejadian-kejadian internasional.

3. Seandainya Anda harus memilih satu judul lagu yang paling menggambarkan hidup Anda, judul lagu apa yang Anda pilih dan mengapa? 
Saya memilih lagu “Jangan Menyerah" dari d'Masiv, sebuah lagu dengan judul yang singkat dan padat namun memiliki arti mendalam yang melingkupi semua bidang kehidupan manusia. Dalam lagu tersebut diingatkan agar kita selalu bersyukur tentang apapun yang kita miliki dan tidak menyerah terhadap berbagai cobaan hidup dan kegagalan yang datang kepada kita. Selain bersyukur dan pantang menyerah, kita harus tetap mengembangkan potensi diri kita dan memperbaiki kekurangan-kekurangan diri kita, sehingga kita dapat selalu berkembang positif dari waktu ke waktu, bukan hanya pengembangan fisik semata tapi meliputi pengembangan karakter dan kepribadian juga.

4. Ceritakan tiga (3) impian atau tujuan hidup Anda ke depan! 
Tujuan/impian hidup saya adalah :
- Membahagiakan keluarga saya
- Dapat berkarir di bidang entertainment (model, artis, atau penyanyi)
- Menjadi pengusaha yang sukses di bidang kontraktor dan perdagangan


5. Tahun ini L-Men of the Year mengambil tema "The Shoot" yang dapat bermakna luas, menurut Anda, apakah definisi dari The Shoot? 
Arti “The Shoot” secara umum berarti sebuah tembakan yang tepat terarah mengenai sasaran. Menurut saya sendiri, “The Shoot” digambarkan sebagai peluru/busur panah yang digunakan dalam mecapai cita-cita, harapan, maupun mimpi dalam seluruh aspek kehidupan kita. Dalam mencapai tujuan/goal tersebut, kita memerlukan kerja keras, latihan, semangat, fokus dan perjuangan agar peluru/busur panah dapat mencapai sasaran yang kita inginkan. Contohnya seorang mahasiswa yang ingin menyelesaikan program studinya harus belajar,mengulang dan menganalisa, berjuang, fokus dan hadir di setiap jam kuliah di kampusnya. Dengan begitu mahasiswa tersebut dapat lulus tepat waktu dan mendapat nilai terbaik.

6. Siapakah tokoh/sosok yang menjadi inspirasi yang dapat memotivasi Anda untuk terus maju (boleh lebih dari 1)?
- David Beckham karena dia sosok yang selalu konsisten menjaga tubuh, masih terus berolahraga sampai saat ini, ramah, dan rendah hati.
- Christiano Ronaldo karena dia sosok pekerja keras, mau berlatih dengan porsi lebih banyak daripada rekan setimnya, fokus, dan terus mengeksplorasi potensinya.

7. Negara manakah yang ingin Anda kunjungi jika mendapat tiket gratis liburan? Jelaskan mengapa Anda ingin ke sana dan apa yang akan Anda lakukan jika dapat ke sana? 
Negara yang ingin saya kunjungi adalah Swiss, karena negara ini memiliki pemandangan luar biasa indahnya serta pegunungan yang berlapiskan salju. Disana saya dapat melakukan jogging sambil menikmati udara segar dan keindahan alamnya. Tidak lupa juga, saya dapat menyantap cokelat lezat khas negara Swiss =)

8. Apa yang Anda ingin/dapat sumbangkan jika mendapat kesempatan sharing atau mengajarkan keahlian ke masyarakat luas? 
Yang ingin saya sumbangkan adalah :
- Wawasan, pengetahuan serta pengalaman saya bagaimana menjalankan gaya hidup sehat, menurunkan berat badan, dan motivasi untuk mereka saat mengalami kegagalan
- Pengembangan diri dalam bidang marketing, berkomunikasi dengan orang-orang, serta strategi memasarkan suatu produk
- Pengetahuan tentang bagaimana memulai usaha dan menjadi wirausahawan


9. Apakah Anda pernah mengalami kegagalan dari hidup? Bila iya, bisakah diceritakan seperti apa pengalamannya dan pelajaran apa yang Anda petik dari pengalaman itu? 
Kegagalan yang saya alami dalam hidup yaitu saat saya gagal lolos menjadi Grand Finalist LOTY pada tahun 2008 dan 2012. Saat tahun 2008 saya masuk 10 Besar di tingkat audisi dan tinggal selangkah lagi untuk menjadi juara audisi dan lolos sebagai Grand Finalist. Saya mencoba ikut lagi tahun 2012 dan masih belum berhasil, bahkan saya hanya lolos sampai 35 Besar tingkat audisi saja. Dari kegagalan tersebut saya mulai menganalisa tentang apa kekurangan saya dan hal-hal lain yang harus diperbaiki, baik secara fisik maupun karakter dan kepribadian. Saya mulai fokus dari hari ke hari, menjalankan diet yang benar, membaca buku buku tentang fitness beserta nutrisi, membaca buku pengembangan diri, dan memperbaiki pola latihan. Perasaan untuk menyerah dan jenuh sempat menghampiri saya, namun saya dapat mengalahkannya dan alhasil saya masuk menjadi Grand Finalist LOTY 2013. Pengalaman ini mengajarkan saya satu hal yang sangat penting yaitu "Cobaan sesungguhnya adalah diri kita sendiri".

10. Ceritakan pengalaman paling lucu yang pernah Anda alami dalam hidup! 
Pengalaman paling lucu yang pernah saya alami yaitu saat saya masuh duduk di bangku SD, saya pernah mengompol saat sedang menjalankan aktivitas pramuka di sekolah. Kejadiannya berawal saat semua anggota pramuka termasuk saya berdoa. Sebenarnya dari awal kegiatan doa saya sudah ingin buang air kecil tetapi saya tahan. Karena doanya panjang sekali, akhirnya saya tidak kuat lagi dan mengompol. Saat doa selesai, celana saya sudah basah dan seluruh teman saya melihat dan menertawakan saya.

11. Pesan apakah yang ingin Anda sampaikan kepada para pembaca wawancara ini?
 "Jangan pernah berhenti berdoa, berharap, berjuang, fokus atas apapun cita-citamu, berani melawan diri sendiri, maka semua perjuanganmu tak akan sia sia"


Terimakasih kepada : 
Christian Ronald Silaban dan Mas Ariel yang memberikan kesempatan untuk interview ini 

Follow Christian Ronald di Twitter
@chronalds

Visit Website L-Men
www.l-men.com

Jangan Lupa LIKE Fan Page Indonesian Pageants untuk berita-berita terkini
http://www.facebook.com/indonesianpageants

Follow juga Twitter IP
@indopageants
0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer