Sabtu, 29 Desember 2012

Wawancara IP dengan Cezia Pesurnay, wakil Papua di ajang Puteri Indonesia 2012/2013. Enjoy the interview after the jump!


Biodata

Nama : Cezia Greatia Pesurnay
Tempat / Tanggal Lahir : Ambon / 30 November 1991
Tinggi : 170 cm
Prestasi:
- 5 besar Puteri Pariwisata Kabupaten Mimika 2008
- Runner Up I Puteri Mimika 2012
- Puteri Indonesia Papua 2012


1. Ceritakan tentang siapa diri Anda termasuk pendidikan dan kegiatan terakhir anda sehari-hari. 
Saya adalah mahasiswi semester akhir Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang sedang berjuang untuk mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi :)

2 Dapatkah Anda menceritakan sesuatu yang begitu menarik atau unik tentang Anda? 
Keunikan saya adalah kulit hitam dan rambut keriting yang merupakan kecantikan khas Papua :)

3 Mengapa Anda ingin mengikuti Puteri Indonesia? Apa tujuan Anda?
Pemilihan seperti Puteri Indonesia ini bagi saya sangat bagus sekali, karena bisa menambah wawasan dan pengalaman yang baru dan bermanfaat, ditambah lagi dengan bertambahnya teman-teman baru yang tidak hanya cantik tetapi juga pintar, bertalenta, dan berkepribadian baik. Sejak dulu saya suka menonton ajang pemilihan seperti Puteri Indonesia ini, dan sudah punya keinginan untuk mengikutinya sejak lama cuma baru tercapai sekarang dan Puji Tuhan, bisa lolos sampai ke "Jakarta".

4 Sebutkan diri anda dalam 5 kata. 
Simple, friendly, cheerful, independent, dan talkative

5 Siapa Alumni Puteri Indonesia favorit Anda? Kenapa memilih dia? 
Semuanya. Karena bagi saya, masing-masing alumni Puteri Indonesia adalah cantik, pintar, dan mempunyai kelebihannya masing-masing.


6 Pengalaman positif apa yang pernah Anda alami dan bisa dibagi kepada kita untuk menjadi inspirasi? 
Dahulu, saat sedang menonton ajang pemilihan seperti Puteri Indonesia, saya suka iseng ngomong: "besok-besok saya yang akan jadi salah satu finalisnya", dan sekarang Puji Tuhan benar-benar terjadi. Dari Dari hal kecil ini saya belajar bahwa "ucapan adalah doa", apa yang kita ucap, impikan, dan yakini, semua itu pasti jadi nyata asalkan kita mau ora et labora (berdoa dan bekerja; berusaha).

7 Apakah kutipan atau kata-kata bijak favorit Anda? 
"Just do your best and let Jesus do the rest!"

8 Sebutkan 3 tempat wisata yang paling Anda rekomendasikan dari provinsi Anda, jelaskan apa keunikannya. 
- Danau Sentani, Kabupaten Jayapura. Selain pemandangan yang indah, terdapat juga kuliner khas Papua di Danau Sentani ini. Saran saya, jika ingin berkunjung dan mendapatkan nilai plus, datanglah sebelum diselenggarakannya Festival Danau Sentani yang telah menjadi agenda tahunan sejak 2008 lalu. Festival Danau Sentani biasanya diadakan di pertengahan tahun, dan di Festival ini pengunjung akan menikmati beberapa atraksi, seperti atraksi adat, tarian, musik, dan juga kuliner khas Papua.
- Goa Jepang, Kabupaten Biak Numfor. Goa ini adalah peninggalan sejarah perang dunia kedua yang menyimpan kenangan pada zaman itu. Ada peralatan-peralatan perang prajurit Jepang seperti senjata api beserta pelurunya, rudal, granat, bahkan tengkorak pun dapat ditemui disini. Ada juga monumen perang dunia kedua yang lokasinya tidak jauh dari Goa Jepang ini. Dan karena masih di kabupaten Biak Numfor, berwisata bahari lah ke kepulauan Padaido, dan nikmatilah pantai beserta pemandangannya yang indah.
- Pulau Ahe, Nabire. Pulau ini memiliki pemandangan alam dan pemandangan bawah laut yang sangatlah indah dan sayang untuk tidak dinikmati. Ada juga atraksi seni budaya yang ditampilkan oleh warga setempat untuk para pengunjung.
Penasaran? Mari silahkan dikunjungi semuanya. :)


9 Apa oleh-oleh dan souvenir yang Anda sarankan jika ada orang berkunjung ke propinsi Anda? (boleh lebih dari 1) 
Berkunjung ke Papua belum lengkap kalau tidak membawa oleh-leh seperti Tas Noken, yang sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya ,  ukiran-ukiran atau kerajinan khas suku-suku Papua, kain batik Papua, serta pernak-pernik atau aksesoris khas Papua.
Jangan lupa santap: "Papeda bersama ikan kuah kuning", tambahannya biasanya ada ikan bakar/ikan asap bersama sambalnya. Ikan bakar/ikan asap juga bisa dijadikan oleh-oleh, asalkan jangan disatukan dengan sambalnya. sagu pun bisa dibawa, yang penting sudah tahu cara mengolahnya. :Olahan lain dari sagu seperti kue sagu/bagea/sagu bakar, bisa juga dijadikan oleh-oleh. Soal minuman; kalau Bali punya arak Bali, Papua punya Bobo/Saguer/Sageru atau ada juga Sopi. Ya, masing-masing daerah di Indonesia Timur mempunyai sebutannya masing-masing untuk minuman khas ini. Tapi, tidak disarankan untuk dibawah umur ya! He he he :)

10 In your opinion, what makes a woman, a woman? 
When she loves herself, trusts God, and believes in herself.

11 Jika anda terpilih sebagai Puteri Indonesia dan akan mewakili Indonesia ke Miss Universe, apa yang ingin Anda ubah dan kembangkan dari diri Anda? 
Saya sadar bahwa kadang-kadang saya masih suka tidak yakin sama diri saya sendiri dan suka cepat gugup, dan saya sadar juga bahwa hal ini sungguh tidak menguntungkan dan haruslah saya ubah. Pengembangan akan pengetahuan, skill/talent, dan bahasa pun harus terus diasah agar lebih maksimal nantinya saat mewakili Indonesia di ajang Miss Universe.

12 Apa hal yang membuat Anda senang, ceria, bahagia, penuh motivasi, walau dalam suasana penat rutinitas sekalipun? 
Sebenarnya kalau sedang penat dengan segala rutinitas, saya biasanya memilih untuk jalan-jalan mencari hiburan bersama teman-teman atau menikmati alam. Tapi, cukup dengan mendengarkan musik dan kesadaran bahwa semuanya merupakan tanggung jawab yang harus diselesaikan dengan baik, sudah cukup untuk membuat saya tetap bersemangat walaupun dalam suasana penat rutinitas sekalipun.

13 Mana yang Anda pilih? Ambisi atau motivasi? Berikan alasannya 
Motivasi. Bagi saya, motivasi itu yang mendorong saya untuk mengejar apa yang saya ingin capai, tanpa motivasi, tujuan saya takkan terarah dengan sempurna.



Terima Kasih kepada Cezia atas kesempatan dan kesediaan wawancaranya dengan Indonesian Pageants

Gabung di Facebook IP di facebook.com/indonesianpageants
dan follow Twitter IP di @indopageants



0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer