Selasa, 13 Maret 2012

Halo teman-teman IP, pasti kaget ya kenapa isi blog IP tumben tentang Fashion? Soalnya kali ini IP mau sedikit membahas hasil karya dari Anne Avantie, salah satu maestro Kebaya di negeri ini. Kebetulan pada Indonesia Fashion Week (IFW) 2012 yang berlangsung beberapa minggu yang lalu, salah satu teman IP hadir dan bisa melihat show beliau yang berjudul "Indonesia Sehati". Acara yang merupakan penutup rangkaian IFW 2012 ini merupakan kolaborasi Anne Avantie bersama Guruh Soekarno Putra dan Garin Nugroho.

Seperti yang kita tahu, beliau juga sudah beberapa kali bekerja sama menangani National Costume Indonesia di Miss Universe ataupun Pageants International lainnya. Jadi menurut IP, cukup layak untuk kita bahas di sini.

Kebaya sendiri merupakan salah satu dari sekian banyak baju tradisional Indonesia, yang sudah menjadi aset berharga yang harus dilestarikan. Melalui tangan dingin Anne Avantie, kebaya diolah menjadi lebih modern dan mempunyai nilai seni yang tinggi, dengan tidak melepaskan diri dari pakem Kebaya itu sendiri.



Salah satunya adalah Kebaya yang dipakai Laura Muljadi ini, dengan kreativitasnya Kebaya dimodifikasi dan diberikan sentuhan ala Han Bok, baju tradisional Korea. Siluet rok lebar dan mengembang khas Han Bok dipakai di sini. Kombinasi unik budaya dua negara yang melebur dalam sebuah karya.






Masih dengan sentuhan siluet rok yang mengembang, namun kali ini ditambah garis pinggang yang dinaikan, dan topi (bawah). Menjadikannya sebuah Kebaya yang berbeda dari yang lain. Lalu kata siapa Kebaya hanya bisa dipadukan dengan sanggul? Di sini bisa kita lihat Kebaya yang dikenakan Kimmy Jayanti (atas) masih dapat terlihat anggun bahkan seksi dengan potongan rambut pendek.








Untuk palet warnanya kali ini Anne Avantie cenderung bermain menggunakan warna-warna seperti merah, kuning, emas, hitam, dan beberapa warna hijau pastel. Kemampuan Anne dalam menabrakan warna tapi tidak mengurangi citarasa Kebaya memang patut diacungi jempol. Kombinasi warna yang mungkin menurut kita aneh, mampu ditampilkan dengan cantik di tangan beliau.










Sebagai penutup "Indonesia Sehati", ada Artika Sari Devi yang ditemani seorang penari pria menarikan tarian yang cukup dapat membius penonton yang hadir di Plenary Hall Jakarta Convention Centre. Karena selain cantik Puteri Indonesia 2004 ini terlihat lemah gemulai menarinya.









Dari sini bisa kita ambil kesimpulan, budaya bangsa Indonesia ini sangat banyak dan dapat diolah menjadi sebuah karya seni yang luar biasa. Salah satunya Kebaya. Kebaya bukan lagi baju tradisional yang kolot, kuno, dan tidak bisa dipakai anak muda. Melalui Anne Avantie kita bisa melihat Kebaya yang modern, cantik, dan dapat dipakai oleh semua wanita Indonesia.
Sebagai generasi muda, kita juga mempunyai tanggung jawab untuk terus melestarikan budaya bangsa sendiri, jangan hanya berhenti di Anne Avantie saja. Tidak hanya dalam bidang Fashion, tapi apa pun yang bisa membuat bangsa Indonesia ini bangga dan sejajar dengan bangsa-bangsa lainnya di dunia. Salam!

Text : Niki Hutomo
Foto : Pitra Kurniawan

Jangan Lupa LIKE Fan Page Indonesian Pageants
untuk berita-berita terkini
http://www.facebook.com/indonesianpageants

0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer