Senin, 21 Januari 2013

Wawancara IP dengan Aubry Widdy Asteria, wakil DKI Jakarta 5 di ajang Puteri Indonesia 2012/2013. Enjoy the interview after the jump! 
 

Biodata

Nama : Aubry Widdy Asteria (Aubry)
Tempat / Tanggal Lahir : Jakarta  / 3 Oktober 1990
Tinggi : 171,5 cm
Prestasi:
- Meraih predikat excellent pada Bachelor Thesis di Universiteit van Amsterdam dengan tema "contagion and interdependence of ASEAN stock market during the financial crises 1997 and 2008"
- Finalis Gadis Sampul 2007
- Juara 2 Flash Modeling Competition by Adjie Notonegoro
- Juara 3 National Computer Competition
- Puteri Indonesia DKI Jakarta 5 2012



1 Ceritakan tentang siapa diri Anda termasuk pendidikan dan kegiatan terakhir Anda sehari-hari.
Nama saya Aubry Widdy Asteria. Saya merupakan anak bungsu dari 2 bersaudara. Ayah saya merupakan keturunan Indo Belanda sedangkan Ibu saya berdarah Yogja Sunda. Dari kecil saya sangat dekat dengan keluarga saya dimana saya selalu diajarkan untuk terbuka, saling berbagi, namun tetap disiplin dan juga selalu bekerja keras untuk mencapai prestasi dalam dunia pendidikan. Pada tahun 1996 saya memulai pendidikan tingkat dasar di St.Belarminus yang kemudian saya lanjutkan di SMP dan SMA Santa Theresia. Ketertarikan saya dibidang ekonomi membuat saya memutuskan untuk melajutkan pendidikan di Universitas Indonesia jurusan ekonomi dengan program international double degree selama empat tahun (dua tahun di Universitas Indonesia dan dua tahun kemudian di Universiteit Van Amsterdam). Alhamdulillah dengan kerja keras dan dukungan dari orang-orang sekitar, saya mampu menyelesaikan pendidikan tepat waktu dengan gelar Sarjana Ekonomi dan Bachelor of Science in Economics and Finance. Sepulangnya saya dari Amsterdam bulan September 2012 silam, saya membantu orang tua menjalankan bisnis keluarga di bidang Oil and Gas yang saya selingi dengan kegiatan fashion show dan pemotretan untuk majalah. Selanjutnya, saya merencanakan untuk melanjutkan pendidikan saya ke jenjang S2 dalam bidang Oil Accounting.

2 Dapatkah Anda menceritakan sesuatu yang begitu menarik atau unik tentang Anda?
Dari kecil, apa yang saya lakukan selalu bertujuan untuk membuat orangtua saya bangga. Teman-teman saya selalu melihat saya sebagai seseorang yang sangat dekat dengan keluarga dan orangtua. Karena menurut saya mereka adalah belahan jiwa saya.

3. Mengapa Anda ingin mengikuti Puteri Indonesia? Apa tujuan Anda?
Menjadi Puteri Indonesia merupakan salah satu cita-cita saya semenjak kecil. Sewaktu saya melihat Alya Rohali dinobatkan sebagai Puteri Indonesia pada tahun 1996, saya melihat sosok wanita Indonesia yang pintar, lembut dan kecantikan Indonesia yang terpancar pada sosok beliau. Selain itu, saya ingin menjadi salah satu wanita Indonesia yang juga bisa menjadi inspirasi bagi kaum wanita lainnya. Saya percaya bahwa kecantikan fisik bukanlah yang utama, namun yang terpenting adalah bagaimana seorang wanita dapat memancarkan kecantikannya melalui perilaku dan pengetahuan yang bisa dia bagikan kepada orang banyak.


4. Sebutkan diri Anda dalam 5 kata.
Saya Adalah Teman Lama Kalian.
Karena saya tidak canggung untuk berbaur dengan kalian. Karena saya tidak risih untuk memulai percakapan dengan kalian dan karena saya tidak segan untuk membantu kalian. Kalaupun kalian melihat saya sebagai orang baru, namun kalian tetap bisa merasakan saya sebagai teman lama kalian.

5 Siapa Alumni Puteri Indonesia favorit Anda? Kenapa memilih dia?
Alya Rohali, Karena sewaktu saya berumur 6 tahun, beliau memberikan saya inspirasi terhadap pandangan wanita Indonesia yang tidak hanya harus cantik saja, namun juga harus memiliki pengetahuan yang luas dan juga berperilaku yang baik. Dimana hal itu dibuktikan dengan keberhasilannya menyelesaikan pendidikan hingga tingkat S2 dengan 2 spesialisasi yaitu Magister Hukum dan Magister Kenotariatan. Dengan melihat sosok beliau, saya sangat terinspirasi untuk tetap meneruskan pendidikan ke jenjang selanjutnya dan terus berkarya dan memberi inspirasi bagi wanita Indonesia.

6 Pengalaman positif apa yang pernah Anda alami dan bisa dibagi kepada kita untuk menjadi inspirasi?
Salah satu pengalaman positif yang banyak mempengaruhi hidup saya adalah ketika saya mendapat kesempatan untuk melanjutkan tahun ke 3 dan 4 kuliah saya di negeri kincir angin, Belanda. Hidup jauh dari keluarga membuat saya belajar untuk lebih mandiri dan disiplin. Di kelas internasional di Amsterdam, saya banyak bertemu dengan mahasiswa-mahasiswi lain dari mancanegara, hal tersebut membuat saya belajar banyak hal baru dan juga membuat saya mengenal budaya-budaya lain. Kuliah di negeri orang tidak semudah pemikiran saya sebelumnya, saya harus belajar lebih keras agar bisa lulus dengan nilai yang memuaskan. Tidak sedikit kesulitan dan kegagalan yang saya alami di sana yang membuat saya hampir putus asa. Salah satunya adalah saat saya menghadapi kegagalan lulus ujian di salah satu mata kuliah yang saya ambil. Ketika saya menerima kegagalan tersebut, tentu saja ada perasaan kecewa, namun hal ini tidak berlarut lama, dan justru memacu saya untuk belajar lebih keras sehingga saya dapat lulus di ujian berikutnya dengan nilai yang memuaskan. Dari hal tersebut saya bisa belajar bahwa hidup ini bukan terorientasi pada hasil saja, tetapi tentang apa yang Anda percayai dan Anda lihat dari hasil tersebut. Jangan biarkan kegagalan membuat Anda mengejar sesuatu dengan orientasi yang sempit dan merubah kepercayaan Anda. Jadikanlah kegagalan Anda sebagai peluang untuk dapat melihat sesuatu yang jauh lebih besar di masa nanti dan melihat bahwa kegagalan adalah adalah bukti bahwa kita telah berusaha melakukan sesuatu dan sebagai cambuk bagi kita agar mempercepat dan memperbaiki langkah kita untuk mencapai kesuksesan.

7 Apakah kutipan atau kata-kata bijak favorit Anda?
All for one, one for all. 
In my opinion, all entire universes have been provided by god to be used, to be consumed, to be learned, to be understood by me, by you, by all of us as a single individual. Now it depends on, in this case, me whether I can be useful as well for the others, for my friends, for my family, for my nation, or even for the world itself.


8 Sebutkan 3 tempat wisata yang paling Anda rekomendasikan dari provinsi Anda, jelaskan apa keunikannya.
1. Tugu Proklamasi merupakan suatu tugu dimana di tempat tersebut awal mula Indonesia berdiri dan berjalan menjadi suatu Negara. Tugu yang mengingatkan kita bagaimana seluruh pahlawan berjuang, hingga sampai 2 sosok pahlawan bangsa berdiri disana, membacakan proklamasi kemerdekaan Indonesia.
2. Monumen Nasional, monumen untuk mengenang perlawanan dan perjuangan para pejuang merebut kemerdekaan dari kolonial Belanda. Disamping itu, di monas kita bisa melihat megahnya istana negara, menikmati pemandangan kota Jakarta dari puncak monumen, bahkan melihat sekawanan rusa yang berasal dari Istana Bogor, serta melakukan aktifitas lainnya di monumen tersebut.
3. Taman Mini Indonesia Indah juga merupakan tempat wisata yang saya rekomendasikan karena TMII merupakan miniatur dari negeri Indonesia. Mulai dari rumah adat tradisional, berbagai museum hingga berbagai sarana rekreasi dapat dijumpai di TMII.

9 Apa oleh-oleh dan souvenir yang Anda sarankan jika ada orang berkunjung ke propinsi Anda? 
Menurut saya semua hal yang berhubungan dengan ondel-ondel, monas, dan keong emas sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas DKI Jakarta. Oleh-olehnya bisa dalam bentuk gantungan kunci, miniature, tempelan kulkas, dan masih banyak lagi. Semntara untuk kulinernya, saya menyarankan untuk membeli roti buaya, kue biji ketapang dan bir Ppetok. Berbentuk buaya, roti buaya memberikan keunikan sendiri sebagai oleh-oleh khas Jakarta, dimana orang betawi percaya buaya melambangkan kesetiaan kepada pasanganya. Kue biji ketapang adalah kue legendaris Betawi yang sangat renyah dan manis. Sementara bir pletok, walau memakai nama bir, sebenarnya tidak mengandung alkohol dan merupakan minuman khas yang sangat dikenal dikalangan etnis Betawi. Selain kesegarannya, khasiat kesehatan minuman ini saya rekomendasikan sebagai oleh-oleh khas Jakarta.

10 In your opinion, what makes a woman, a woman?
I believe God has given every woman in the world extraordinary gift in the forms of caring and support. In my opinion, a real woman is the one who can be independent but she still puts her family as a priority; a woman who can be a wife, a partner as well as a mother.


11 Jika Anda terpilih sebagai Puteri Indonesia dan akan mewakili Indonesia ke Miss Universe, apa yang ingin Anda ubah dan kembangkan dari diri Anda?
Tidak ada yang saya ingin ubah dari diri saya, karena saya bersyukur dengan apa yang Allah berikan kepada saya. Namun yang pasti saya akan terus belajar dan menerima setiap masukan untuk bisa menjadi yang terbaik untuk mewakili Indonesia di mata internasional.

12 Apa hal yang membuat Anda senang, ceria, bahagia, penuh motivasi, walau dalam suasana penat rutinitas sekalipun?
Keluarga. Bagi saya keluarga adalah elemen terpenting dalam hidup saya. Mereka selalu ada ketika saya membutuhkan sesuatu, selalu mendorong saya ketika saya sedang jatuh, serta selalu mengingatkan saya untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Keluarga juga selalu memberikan saya kenyamanan, keceriaan, dukungan maupun “kesegaran” ketika saya mengalami kepenatan/kejenuhan.

13 Anda pilih ambisi atau motivasi? Berikan alasannya.
Saya memilih motivasi, karena ambisi yang besar tanpa motivasi hanya menghasilkan suatu keinginan tanpa ada usaha yang berarti untuk meraih keinginan tersebut. Namun motivasi yang besar sudah pasti menentukan ada suatu ambisi untuk bekerja keras menggapai suatu cita-cita tertentu.


Terima Kasih kepada Aubry atas kesempatan dan kesediaan wawancaranya dengan Indonesian Pageants

Gabung di Facebook IP di facebook.com/indonesianpageants
dan follow Twitter IP di @indopageants
0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer