Senin, 22 Juli 2013

Sebenarnya IP sudah ingin menulis artikel tentang malam Grand Final L-Men of the Year 2013 ini sejak 3 minggu yang lalu. Namun karena satu dan lain hal, baru sekaranglah IP dapat menyelesaikan artikel ini. Well, seperti kata pepatah, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali kan. Di artikel ini IP akan menyajikan foto-foto hasil liputan IP dari malam Grand Final seklaigus komentar IP mengenai hasil  L-Men of the Year 2013 ini. Baca semuanya di bawah ini ya!

V for victory!

Final Result

L-Men of the Year 2013 : SUMATERA UTARA - Albern Sultan
1st Runner Up : BALI - Dewa Dwi Temaja
2nd Runner Up : RIAU - Wira Nugraha

Top 6 
DKI JAKARTA - Johan Mario Nussman Wetik
SULAWESI SELATAN - Cakra Bayu Pratama
SULAWESI TENGAH - Diego Andrean

The Best Catwalk : SUMATERA UTARA - Albern Sultan
The Best Body : KALIMANTAN TIMUR - Andry Perdana Wijaya
The Most Photogenic : BANTEN - Christian Ronald Silaban
The Best Health Presenter : RIAU - Wira Nugraha


The decision makers! Maria Selena (Puteri Indonesia 2011), Ali Hammoud (Mister International 2012), Rikas Harsa (LOTY 2010), dan Billy Boen (penulis buku Young On Top)

Dari segi acara, Grand Final L-Men of the Year 2013 ini berlangsung dengan mulus dari awal hingga akhir acara. Namun tidak banyak kejutan atau momen berkesan dari Grand Final tahun ini. Berbeda misalnya dengan Grand Final L-Men of the Year 2010 yang menampilkan sesi catwalk di atas ban berjalan atau Grand Final L-Men of the Year 2011 dengan Opening yang sangat keren (di mana para Grand Finalists saat itu bergelantungan di setting belakang panggung). Bahkan tahun ini pun tidak ada lagi sesi di mana para Grand Finalists tampil topless memamerkan tubuh atletis mereka (sesuatu yang cukup aneh sebenarnya karena bukankah L-Men ini adalah produk nutrisi untuk membantu para pria meraih tubuh yang sehat dan atletis). Tentunya pihak panitia punya pertimbangan tersendiri untuk menghilangkan sesi ini. Namun  di sisi lain, bukankah acara ini juga sebuah pageant, dan suka atau tidak, pageant selalu berhubungan erat dengan faktor fisik. Kesimpulannya, konsep acara tahun ini masih bisa diterima, tetapi IP berharap ada sesuatu yang berbeda di tahun depan untuk membuat acara ini tidak hanya sekedar berlangsung mulus tanpa momen yang istimewa dapat dikenang.

Black carpet yang menyambut para tamu undangan di malam final

20 Grand Finalists tampil di sesi Opening

Sementara dari segi hasil, IP bisa mengatakan bahwa hasil Grand Final L-Men of the Year 2013 sangat memuaskan bagi IP. Betapa tidak, 5 dari 6 Grand Finalists yang lolos ke Top 6 adalah favorit IP di Leaderboard. Dan urutan juara tahun ini pun persis sama sesuai harapan IP. Bisa dibilang, sejak tahun 2010 (dengan Top 3 juaranya yang bisa dibilang salah satu yang terbaik yang pernah ada), inilah hasil Grand Final L-Men of the Year yang paling memuaskan bagi IP. Nah sekarang mari kita mulai membahas mereka yang lolos ke Top 6 ini satu per satu.

20 Grand Finalists menunggu dengan tegang siapakah diantara mereka yang terpilih sebagai 6 yang terbaik

Top 6 : Bali, Sumut, Riau, DKI, Sulteng, Sulsel 

Mari kita mulai membicarakan para Grand Finalists yang sukses lolos ke Top 6 tetapi tidak cukup kuat (atau mungkin beruntung) lolos ke Top 3. Diantara semua Top 6, wakil Sulteng Diego adalah kejutan terbesar malam itu. Terbukti, secara umum, tidak banyak fans yang memasukkan namanya ke daftar unggulan. Tapi ini juga menjadi pengingat kembali bagi kita bahwa kontestan yang tidak terlalu difavoritkan pun bisa saja lolos. Karena pada akhirnya yang paling penting bukanlah pilihan fans atau penonton, melainkan pilihan juri. Berbeda dengan wakil DKI Mario dan Sulsel Cakra yang memang cukup banyak difavoritkan. Secara sentimental, IP memang sangat berharap Mario bisa lolos untuk membuktikan bahwa mereka yang sudah menikah dan memiliki anak pun bisa sukses di pageant dan menjadi inspirasi bagi orang lain. Sementara dari segi objektif,  IP berharap Mario lolos karena dia bagus dari segi fiisk dan punya bakat yang menarik di bidang musik klasik. Sementara Cakra sendiri, selain secara fisik sudah rupawan, dia juga salah satu kontestan yang paling fotogenik dan luwes bergaya di depan kamera. 

Top 6 sesaat sebelum mereka disusutkan menjadi Top 3

Top 3 : Riau, Sumut, Bali

Berlanjut ke Top 3, berikutnya kita akan berbicara tentang 2nd Runner Up tahun ini, Wira yang mewakili Riau. Kuda hitam di kompetisi ini, Wira awalnya tidak banyak dijagokan fans, termasuk oleh IP, sampai IP melihat langsung Wira di karantina. Saat menyusun Leaderboard pun, IP sempat bingung memilih antara Wira atau Cakra untuk ditempatkan di posisi ketiga, namun pilihan IP akhirnya jatuh pada Wira karena, meskipun Cakra lebih fotogenik dan stunning bila disorot kamera, Wira lebih karismatik dalam penampilan sehari-harinya. IP makin yakin dengan pilihan IP setelah di final, Wira menunjukkan kualitas public speaking-nya yang sangat baik (dan membawanya menjadi juara The Best Health Presenter).  Di sisi lain, IP juga sangat senang karena salah satu provinsi yang selama ini tidak terlalu berprestasi di pageant nasional, Riau, bisa mencapai prestasi yang tinggi kali ini.

2nd Runner Up LOTY 2013 Wira Nugraha wakil Riau

Salah satu Grand Finalists yang paling mengesankan IP karena keramahannya selama karantina, Tema dari Bali memang sangat layak menjadi 1st Runner Up tahun ini. beberapa fans mungkin meragukan tema karena public speaking-nya di malam final mungkin tidak sekuat finalis lainnya. Tetapi Tema bisa menutupi kelemahan itu dengan banyak kelebihan lainnya. Dari segi fisik, Tema memang salah satu yang paling oke tahun ini. Ditambah lagi dia mewakili wajah tradisional Indonesia yang selama ini tidak terlalu banyak lagi mendapat kesempatan untuk bersinar karena akhir-akhir ini didominasi oleh wajah Oriental, wajah Kaukasia, atau wajah Timur Tengah. It's about time we go back to our traditional look, right? Dia juga punya postur tubuh yang lebih siap untuk bersaing di ajang internasional (di mana tinggi badan cukup berpengaruh). Semua itu sudah menjadi modal yang kuat bagi Tema, dan bila ditambah dengan kepribadiannya yang sangat humble dan friendly serta penyempurnaan kemampuan public speaking, dia akan menjadi salah satu duta bagi produk L-Men maupun wakil Indonesia di ajang pageant internasional.

1st Runner Up LOTY 2013 Dewa Dwi Temaja wakil Bali

Sesuai judul artikel ini, kemenangan wakil Sumut Albern adalah sesuatu yang sudah bisa ditebak dengan sangat jelas sebelumnya. It's crystal clear! Tanpa mengecilkan kemampuan Grand Finalists lainnya, sejak awal IP sudah yakin bahwa Albern adalah pilihan yang paling tepat dan terbaik. Dari segi fisik, terutama wajah, secara subjektif IP berani mengatakan bahwa Albern adalah yang terbaik tahun ini. He is the most gorgeous contestant facially. Ditambah lagi communication skill-nya juga cukup baik Semua pertimbangan ini lebih dari cukup untuk memilih Albern menjadi juara. Dan Indonesia pastinya bangga bahwa di tahun 2013 ini saat kita menjadi tuan rumah Mister International 2013, kita diwakili oleh wakil yang berkualitas seperti Albern.

 Winner LOTY 2013 Albern Sultan wakil Sumut

Well this it! Akhirnya kita telah mendapatkan juara LOTY terbaru kita yang akan meneruskan langkah Rzal Al Idrus. Good luck untuk Albern dan semoga masa jabatannya sebagai LOTY 2013 akan berlangsung sukses hingga setahun ke depan. Untuk para Grand Finalists lainnya, semoga mereka tetap terus dapat menginspirasi dan memberikan sumbangan kepada masyarakat dengan cara mereka masing-masing.meski mereka bukan penyandang gelar LOTY. Adieu dan sampai jumpa di LOTY 2014!

Final walk dari LOTY 2012 Rizal Al Idrus

Rizal dan Top 2 Grand Finalists

Encore1 Momen perayaan bagi sang juara usai Grand Final berakhir


Liputan Oleh :
Joolz, Irwansyah Syah, dan Gunawan Putra

Terimakasih kepada : 
Pak Mardi, Mas Ariel, Mbak Resty, dan segenap Pihak dari Nutrifood yang membantu kelancaran liputan ini 

Visit Website L-Men
www.l-men.com

Jangan Lupa LIKE Fan Page Indonesian Pageants untuk berita-berita terkini
http://www.facebook.com/indonesianpageants

Follow juga Twitter IP
@indopageants

0 Komentar di Blogger

0 comments:

 
Toggle Footer