Minggu, 16 Februari 2014

Tahun 2014 ini mungkin bisa dibilang sebagai salah satu edisi Miss Indonesia terbaik yang pernah ada, baik dari segi pelaksanaan karantina hingga kualitas kontestan. Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, kali ini ada lebih banyak pilihan yang dapat memenuhi kriteria untuk menjadi wakil kita di ajang internasional Miss World. Untuk Leaderboard ini sendiri, IP memutuskan untuk memilih nama-nama yang menurut IP paling memnuhi kriteria yang selama ini dicari oleh juri-juri di ajang Miss Indonesia, dan kontestan favorit IP untuk Miss Indonesia 2014 ini adalah :


The Leaderboard
1. Riau
2. Maluku Utara
3. Nusa Tenggara Barat
4. Kalimantan Utara
5. DKI Jakarta
6. Jawa Timur
7. Jawa Barat
8. Bali
9. Lampung
10. Nusa Tenggara Timur
11. Sulawesi Barat
12. Papua Barat
13. Kalimantan Barat
14. Sulawesi Tengah
15. Banten

Untuk Leaderboard kali ini, kriteria pertama yang IP gunakan adalah diversitas. IP memang sengaja memilih deretan nama dengan pesona kecantikan yang unik dan khas, karena tahun ini memang kontestan Miss Indonesia sangat beragam dan menurut prediksi IP, dewan juri pun akan memilih wakil yang cukup beragam nantinya. Untuk itulah mulai dari kontestan dengan warna kulit terang seperti Kalimantan Barat, kulit sawo matang seperti Lampung, dan kulit gelap seperti Papua Barat ada di dalam daftar ini. Ada juga finalis dengan paras komersil seperti Sulawesi Tengah dan paras eksotik seperti Banten. Juga ada paras khas "Timur Tengah" seperti Kalimantan Utara paras dan paras khas "Timur Jauh" seperti DKI Jakarta.

Namun tentu saja IP memilih mereka bukan hanya sekedar memenuhi tuntutan diversitas belaka, tetapi juga mempertimbangkan faktor lainnya, misalnya prestasi. Salah satunya adalah Sulawesi Barat yang sebelumnya pernah menjuarai Miss UPH. Bukan rahasia lagi di kalangan pageant bahwa juara Miss UPH terkenal dengan kecerdasan dan kehebatan communication skill mereka. Bahkan di tahun 2011 juara Miss Indonesia juga merupakan mantan Miss UPH pula. Selain itu prestasi cemerlang yang dimiliki wakil Kalimantan Barat dan Papua Barat juga mencuri perhatian IP.

Kesiapan untuk berkompetsi di tingkat internasional juga menjadi perhatian IP. Bila diperhatikan, rata-rata juara Miss Indoensia pernah menetap dan merasakan pergaulan di luar negeri. Hal ini mungkin salah satu faktor yang membuat mereka tidak "kaget" lagi ketika bertemu, bersosialisasi, dan berkompetisi dengan wakil ratusan negara di ajang Miss World. Tahun ini ada beberapa nama yang juga pernah mengenyam pendidikan di luar negeri yaitu Riau, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Papua Barat.

Berikutnya IP juga menjaidkan tinggi badan dan proporsi tubuh sebagai salah satu patokan IP dalam Leaderboard ini. Beberapa kontestan dengan tinggi dan berat badan yang proporsional dan siap dibentuk untuk pageant internasional menurut IP adalah Banten, Bali, NTB, NTT, Riau, DKI Jakarta, dan Maluku Utara. Semua nama tersebut memiliki tinggi di atas 170 cm dengan berat badan proporsional.

Faktor terakhir yang menjadi perhatian IP adalah kelebihan unik dari setiap kontestan. kelebihan ini misalnya saja Jawa Barat dengan prestasinya di bidang olahraga, Bali yang sangat karismatik, NTB yang pernah merasakan penglaman menjaid panitia Miss World, DKI Jakarta dengan kefasihannya melenggang di atas catwalk, serta Riau dan Kalimantan Utara yang punya wajah dengan cita rasa internasional.

Berdasarkan semua kriteria itulah IP akhirnya memilih Riau di puncak Leaderboard IP kali ini. Pilihan IP ini didasarkan alasan bahwa dia punya postur tubuh yang cukup proporsional untuk pageant internasional, memiliki wajah dengan citarasa internasional, fasih berbahasa Inggris, berprestasi di bdiang akademik, dan juga tidak asing lagi dengan pergaulan internasional. bersaing ketat di pucuk Leaderboard kali ini adalah Maluku Utara dan NTB yang semakin mendekati hari-hari akhir kaarntina semakin bersinar dan mencuri perhatian IP pula. 

Tinggal 1 hari menuju final Miss Indonesia 2014. Siapakah yang akan melanjutkan jejak Vania Larissa sebagai Miss Indonesia berikutnya? Just wait and see ... 


Join Facebook IP di facebook.com/indonesianpageants

Follow Twitter IP di @indopageants

Next
This is the most recent post.
Posting Lama
2 Komentar di Blogger
 
Toggle Footer